Perhatikan Hal Ini Saat Lo Akan Memilih Tenda Dome!

Saat berkemah atau berniat akan bermalam di gunung, tenda menjadi peralatan yang tentunya jadi prioritas paripurna di dalam daftar barang yang akan lo bawa. Ukuran dan spesifikasinya pun disesuaikan dengan jumlah anggota yang akan bergabung dalam berpetualang di alam bebas.

Perhatikan Hal Ini Saat Lo Akan Memilih Tenda Dome!

Yup, tenda kemah atau dome mengambil peranan yang sangat penting untuk kenyamanan lo saat berkemah di pantai atau pegunungan. Pasalnya tenda sangat dibutuhkan sebagai tempat tidur sekaligus tempat berlindung dari dinginnya angin di malam hari.

Tenda yang dipilih otomatis harus berkualitas agar tetap kokoh diterjang dinginnya cuaca malam atau bahkan badai yang mungkin saja terjadi saat berkemah. Selain cermati bahan dan jahitan tenda, lo harus memperhatikan beberapa aspek ini untuk memilih tenda yang nyaman saat berkemah.

Sesuaikan Ukuran Tenda dengan Kebutuhan

Perhatikan Hal Ini Saat Lo Akan Memilih Tenda Dome!

Tenda dome berukuran kecil selain ringan, juga tidak terlalu memerlukan tempat datar yang luas. Tetapi tenda yang kecil juga tidak nyaman jika dihuni oleh jumlah orang yang banyak. Oleh karena itu, lo harus menyesuaikan ukuran tenda dengan personel kelompok lo saat berpetualang di alam bebas.

Bagi sebagian orang tenda rendah terasa kurang nyaman saat beraktivitas di dalam tenda, namun jenis ini akan lebih aman dari terpaan angin badai di pegunungan. Ada juga tenda dengan ukuran yang relatif kecil, Tenda jenis ini akan mempermudah mencari tempat datar untuk berkemah atau mendirikan tenda, bahkan jika lahan berkemah terbatas, lo bisa menyempil di antara tenda-tenda lain yang sudah didirikan.

Yang paling penting adalah sesuaikan kapasitas tenda dengan personel yang ada di dalam tenda tersebut. Hal ini berguna untuk menjaga suhu udara saat di dalam tenda. Misalnya, ketika lo pergi dengan jumlah personel dua orang, gunakanlah tenda yang berkapasitas dua hingga tiga orang, begitupun seterusnya menyesuaikan dengan kondisi yang ada.

Hal ini dimaksudkan untuk bertujuan membuat suhu di dalam tenda akan terasa lebih hangat, terutama saat malam hari tiba dan suhu udara sedang dingin-dinginnya. Tenda yang diisi dengan personel yang berlebihan juga akan terasa tidak nyaman, karena terbatasnya ruang akan membuat kualitas tidur lo jauh dari kata nyaman. Tenda berkapasitas besar juga akan terasa lebih berat ketimbang tenda dengan kapasitas yang relatif lebih kecil. Maka dari itu, sesuaikan kapasitas tenda ya, bro.

Pilih Tenda Berlapis Ganda untuk di Gunung

Perhatikan Hal Ini Saat Lo Akan Memilih Tenda Dome!

Jika lo akan berpetualang mendaki gunung dan berniat akan menginap di sana, maka disarankan untuk membawa tenda dengan lapisan ganda, atau double layer. Tenda jenis ini sangat cocok untuk menghadapi terpaan kencang angin gunung dan lebih hangat saat di tempati. Tenda double layer sesuai namanya, mempunyai dua lapisan, yaitu lapisan dalam dan lapisan luar. Lapisan luar akan menghalangi air ketika hujan dan menjadi tempat pengembunan, sehingga lapisan dalam aman dari pengembunan, tapi masih berpeluang terkena tetesan air, jika pemasangannya belum sesuai. Diperlukan pemasangan flysheet yang kencang untuk menghindari tetesan air tersebut. Berat maupun pengemasan biasanya sedikit lebih berat dari yang single layer. Biasanya memiliki vestibule atau ruang ekstra di depan di antara inner dan flysheet. Sehingga lo bisa masak ketika di luar hujan atau bisa dijadikan tempat menaruh sebagian barang, seperti alas kaki.

Pilih Tenda Single Layer untuk Berpetualang di Pantai

Perhatikan Hal Ini Saat Lo Akan Memilih Tenda Dome!

Jika lo ingin pergi ke daerah dengan suhu yang tidak terlalu dingin, bisa menggunakan tenda single layer. Tenda jenis ini sangat cocok untuk digunakan pada daerah pantai atau daerah dengan suhu yang tidak terlalu dingin. Tenda single layer sangat ringan dan mudah untuk di packing. Namun. tidak direkomendasikan untuk digunakan ketika musim hujan, walaupun lapisannya anti air, namun bisa terjadi pengembunan di dalam tenda yang mengakibatkan hujan lokal di dalam tenda.

Wah bagaimana bro? Sudah tahu kan, cara memilih tenda dome yang baik dan berkualitas? Kalau lo punya pendapat lain silahkan tulis di kolom komentar ya, bro. Semoga situasi segera kondusif dan lo bisa berpetualang lagi seperti sedia kala. 

 

Referensi : https://phinemo.com/tips-memilih-tenda-gunung/
Tips Beginner Extreme solo traveling
SHARE
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!