Bernostalgia Ria Sambil Berolahraga. Masih Ingat Roller Skate Bro?

Sempat populer di era tahun 90-an lewat atraksi yang indah di video klip musik ataupun film-film, olahraga roller skate yang mengandalkan sepatu roda ini seperti kehilangan angin segar di sepanjang dekade 2000-an. Namun kini, namanya mulai mencuat kembali seiring banyaknya komunitas yang tersebar di segala penjuru kota-kota besar seluruh Indonesia.

Bernostalgia Ria Sambil Berolahraga. Masih Ingat Roller Skate Bro?

Sepatu roda atau skating merupakan salah satu cabang olahraga luar ruangan yang cukup unik dan menarik, bahkan olahraga extreme klasik ini digandrungi oleh semua kalangan usia lho, bro. Bagaimana tidak, olahraga ini memiliki beberapa trik yang tak kalah serunya untuk bisa didalami dan lo kulik setiap detailnya.

Komunitasnya pun nggak kalah menarik dan pastinya akan selalu menginspirasi orang-orang untuk mencoba olahraga sepatu roda ini. Buat lo para pecinta skating ataupun yang baru saja ingin mencoba olahraga yang menantang ini, silahkan simak info mengenai sepatu roda dan salah satu komunitasnya yang sangat inspiratif di Indonesia.

Sejarah Roller Skate

Bernostalgia Ria Sambil Berolahraga. Masih Ingat Roller Skate Bro?

Image source: martinrecords.com

Awal mula ditemukannya roller skate atau sepatu roda tidak lepas dari kisah Joseph Marlin. Pria yang sehari-harinya bekerja sebagai teknisi dan pembuat berbagai macam peralatan musim dingin ini mungkin tak akan pernah menyangka bahwa peralatan ice skating yang ditambahi roda kecil miliknya itu akan menjadi salah satu maha karya cipta yang sangat luar biasa.

Sejak saat itu penggunaan roller skate semakin menjamur. Sensasi yang ditawarkan dari sepatu roda ini memang memiliki sisi positif yang dianggap menguntungkan banyak orang. Selain efisiensi tenaga, dari sisi efisiensi waktu pun terasa lebih cepat ketimbang berjalan kaki seperti pada umumnya.

Hingga pada tahun 1819, M Petitbled mematenkan ide inline skates atau sepatu roda dengan roda yang berbaris lurus. Sepatu roda jenis ini mempunyai tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Solusi pun hadir dari James Plimpton yang mengenalkan roller skate, yaitu sepatu roda dengan empat roda inti. Sepatu jenis ini mudah dikendarai, selain karena masing-masing rodanya yang ditempatkan proporsional pada alas sepatunya, sepatu roda jenis ini juga dilengkapi dengan bantalan karet, sehingga pemain roller skate dapat melakukan gerakan membelok dengan cukup tajam hanya dengan mencondongkan tubuhnya ke kiri atau kanan.

Komunitas Rad Supersonic

Bernostalgia Ria Sambil Berolahraga. Masih Ingat Roller Skate Bro?

Image source: instagram.com/radsupersonic/

Komunitas roller skate yang satu ini didirikan atas dasar kerinduan dengan kerinduan dengan olahraga yang satu ini. Dilansir dari cnnindonesia.com, komunitas ini didirikan oleh seorang make up artist yang rindu akan sensasi menyusuri aspal dengan sepatu roda, yaitu Marina Tasha.

Perempuan yang akrab disapa Acha ini pada awalnya memodifikasi sepatu sneakers kesayangannya untuk dipasangkan roda pada alasnya. Sejak saat itu, ia terus menggeluti hobinya sampai ia bertemu Om Dece yang menjadi guru untuk mengulik teknik dalam bermain roller skate. Satu per satu temannya menyusul untuk berguru kepada pria yang juga gemar mengoleksi berbagai roller skate ini, dari situlah mereka membentuk komunitas roller skate dengan nama Rad Supersonic.

Hingga kini komunitas pecinta roller skate itu masih aktif membagikan aktivitas berselancar ria di aspal lewat akun youtube 'rad supersonic' dan instagramnya @radsupersonic.

Jadi bagaimana dengan seputar informasi mengenai roller skate dan komunitas Rad supersonic yang sangat menarik di atas? Semoga bisa memicu rasa antusias lo untuk mencoba olahraga extreme yang satu ini ya. Tetap semangat serta utamakan keamanan dan keselamatan saat mencoba ya, bro!

 

Referensi : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200207171333-273-472674/infografis-fakta-menarik-roller-skates
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200205210108-269-472067/belajar-sepatu-roda-bareng-komunitas-rad-supersonic
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

4 COMMENTS

SHARE
Hilman rusdiyanto
Mantabbb
Yuniarto ( Tato )
Inget banget dulu
Agus Sungkawa
Berjayabd masanya,inget filem olga dan spatu roda heheh
Agung Sutrisno
Keinget jaman SMP, nabung buat beli dan rela bangun pagi pagi demi mendapatkan jalanan aspal yang mulus dan masih sepi untuk latihan sepatu roda.