Tips Dasar Surfing yang Harus Lo Pelajari Sebelum Beraksi

Melihat peselancar menari-nari di atas papan surfingnya dan menaklukan ombak yang ganas rasanya memang sangat menyenangkan. Namun, olahraga air extreme yang satu ini, tidak semudah seperti yang terlihat oleh mata pada umumnya.

Lo bisa mencari instruktur surfing yang mendampingi selama latihan agar bisa mendapatkan teknik khusus dan keamanan yang cukup terjamin selama berlatih. Terlepas dari itu, pastinya lo butuh sedikit belajar tips dasarnya agar lo bisa langsung mempelajari berbagai teknik khusus yang diberikan oleh instruktur surfing lo.

Tips Dasar Surfing yang Harus Lo Pelajari Sebelum Beraksi

Berselancar atau surfing adalah salah satu jenis olahraga air extreme yang bisa dibilang sangat populer di seluruh dunia, bahkan menjadi hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan jika berkunjung ke daerah pesisir pantai. Kalau lo tertarik dan ingin mencoba surfing, maka belajar tips dasar bermain surfing akan benar-benar memberi sensasi tersendiri dalam hidup lo, bro. Berikut beberapa tips dasar surfing yang harus diperhatikan.

Harus Bisa Berenang

Tips Dasar Surfing yang Harus Lo Pelajari Sebelum Beraksi

Jangan harap bisa mahir berselancar tanpa bisa berenang, bro! Karena sebagian besar aktivitas olahraga extreme ini berkaitan dengan teknik berenang. Bagi yang tidak bisa berenang, sebaiknya kuasai dulu teknik-teknik dasar berenang, mulai dari mengambang hingga gaya bebas. Sebelum mencoba mengayuh papan selancar ke lautan bebas, ada baiknya untuk mencobanya di pantai yang sekiranya aman dengan ketinggian ombak yang relatif kecil hingga sedang.

Memakai Rash Guard

Tips Dasar Surfing yang Harus Lo Pelajari Sebelum Beraksi

Mungkin terdengar sepele, tapi nyatanya pakaian khusus ini sangat berpengaruh terhadap permainan surfing lo, bro. Yap, dengan menggunakan rash guard otomatis lo akan menjadi lebih nyaman saat berselancar di tengah derasnya ombak lautan lepas.

Pakaian khusus surfing ini dibuat dari material sejenis karet yang ringan sehingga fleksibel dan nyaman ketika digunakan. Bahan yang tidak menyerap air membuat rash guard juga mudah kering, jadi lo nggak akan kedinginan walau berselancar dalam waktu yang cukup lama sekali pun.

Lakukan Pemanasan

Tips Dasar Surfing yang Harus Lo Pelajari Sebelum Beraksi

Sebelum mulai berselancar, lakukan peregangan otot terlebih dahulu. Hal ini akan membuat otot tubuh menjadi rileks sehingga otot tidak kram ketika berenang atau berselancar, terutama otot pada bagian kaki dan tangan.

Latihan Mendayung

Tips Dasar Surfing yang Harus Lo Pelajari Sebelum Beraksi

Setelah melakukan pemanasan dan telah menguasai gaya bebas, kini saatnya lo untuk latihan mendayung di atas papan. Biasanya, para peselancar pemula dianjurkan untuk mencobanya di pinggir pantai sebelum mulai berselancar di tengah lautan. Cobalah untuk menerapkan sikap telungkup di atas papan. Jangan lupa kaitkan leash agar lo tetap dekat dengan papan surfing.

Jika sudah mendapatkan posisi yang nyaman, lo bisa mulai menggunakan kedua tangan untuk melakukan gerakan mendayung. Gerakkan tangan di dalam air dengan kuat sambil menutup jari rapat-rapat. Jangan terburu-buru mendayung karena lo bisa melakukannya dengan gerakan yang lebih santai.

Kuasai Teknik Duck Diving

Tips Dasar Surfing yang Harus Lo Pelajari Sebelum Beraksi

Teknik ini merupakan teknik untuk memungkinkan lo melewati ombak ketika mengayuh keluar. Teknik ini bertujuan untuk menghindari kehilangan stamina karena terus menerus dihantam ombak. Fokus adalah satu-satunya kunci untuk dapat menguasai gerakan ini dengan cepat. Yang terpenting, posisikan tubuh di atas papan senyaman mungkin dan fokus.

Latihan Berdiri di Atas Papan

Tips Dasar Surfing yang Harus Lo Pelajari Sebelum Beraksi

Seimbangkan tubuh lo di atas papan selancar. Lalu, mulailah dengan perlahan memindahkan tangan dari posisi mendayung menuju ke bawah dada dalam keadaan tetap berbaring. Pastikan jari-jari tangan dalam posisi menempel pada papan. Lalu, angkat lengan perlahan-lahan sambil mendorong tubuh ke atas.

Saat posisi ini, kaki harus digerakkan dengan cepat agar kaki tetap menapak dan tubuh dapat berdiri tanpa terjatuh. Ingat, jangan berdiri terlalu tegak karena lo bisa terbalik digulung ombak. Condongkan tubuh sedikit ke depan agar pusat gravitasi mengalami sedikit penurunan.

Riding the Waves

Poin dari berselancar adalah seberapa hebat peselancar dalam menguasai ombaknya. Kenali karakteristik ombak terlebih dahulu sebelum hendak mengendarainya.  Jika ombak memiliki gelombang miring, dianjurkan untuk menerapkan teknik mengayuh guna tetap berada di depan ombak. Namun, bila ombak yang datang terbilang extreme, peselancar harus mengikuti dropline palung datar gelombang.

Etika Umum Berselancar

Berselancar juga ada etikanya, bro. peraturan ini dibuat untuk menunjang keselamatan lo saat berselancar. Ada beberapa peraturan yang harus dipatuhi para peselancar, salah satunya adalah sikap peselancar saat mendayung ke arah ombak yang datang. Dalam situasi tersebut, hanya peselancar yang berada di dekat puncak ombak yang diperbolehkan mendekati ombak.

Itu dia beberapa tips dasar surfing bagi para peselancar pemula. Semoga tips ini bermanfaat buat lo yang berniat menjajal olahraga air extreme yang satu ini. Selamat mencoba dan tetap utamakan keselamatan ya, bro!

 

Referensi : https://review.bukalapak.com/travel/tips-berselancar-untuk-pemula-109610
Tips Beginner Extreme solo traveling

3 COMMENTS

SHARE
Agung Sutrisno
Surfing adalah salah satu jenis olahraga air extreme, wajib menguasai tehnik2 dasar bila mau belajar.
Hilman rusdiyanto
Niceinfo
Yuniarto ( Tato )
Wajib di lakuin