Bila Sudah Boleh Liburan, Berwisata ke Kota Bawah Tanah Seru Juga Sih, Bro

Pernah nonton film dengan tema peperangan? Biasanya dalam film-film tersebut para prajurit membuat ruang bawah tanah untuk tempat persembunyian dari pihak musuh. Tapi kalau ruang bawah tanah ini berubah menjadi kota, apa lo mau coba mendatanginya?

Bila Sudah Boleh Liburan, Berwisata ke Kota Bawah Tanah Seru Juga Sih, Bro

Apa yang ada di pikiran lo ketika mendengar kota bawah tanah, bro? Mungkin yang terbayang adalah suasana yang gelap dan sumpek. Ternyata kota bawah tanah ini dulunya berfungsi sebagai tempat persembunyian, lalu berkembang menjadi tempat menyimpan makanan, jalan melarikan diri, mengangkut barang dari satu tempat ke tempat lain, hingga akhirnya memiliki fungsi layaknya perkotaan.

Nah, ternyata beberapa Negara ini memiliki kota bawah tanah dengan bangunan menakjubkan lho, bro. Di mana sajakah itu? Simak penjelasannya ya, bro!

Shanghai Tunnels, Portland

Bila Sudah Boleh Liburan, Berwisata ke Kota Bawah Tanah Seru Juga Sih, Bro

Image source: afar.com

Kota dengan populasi terbesar di Amerika Serikat ini ternyata memiliki kota bawah tanah yang dikenal sebagai Shanghai Tunnels atau Portland Underground. Dulunya jaringan bawah tanah ini menghubungkan Kota Tua Portland, atau yang dikenal dengan Chinatown, ke daerah pusat kota.

Tapi sayangnya banyak dari ruang di bawah tanah ini yang sudah ditutup semenjak adanya proyek pekerjaan umum, tetapi masih ada beberapa di antaranya yang masih terbuka dan bisa lo jelajahi. Nggak hanya melihat sisa-sisa bangunan kota bawah tanah saja, disini juga terdapat banyak bar dan hotel di pusat kota yang bisa dikunjungi, bro.

Derinkuyu, Turki

Bila Sudah Boleh Liburan, Berwisata ke Kota Bawah Tanah Seru Juga Sih, Bro

Image source: IG kapadokya_urgupp

Negara ini nggak hanya memiliki satu kota bawah tanah saja, tetapi setidaknya ada 36 kota bawah tanah dengan kedalaman sekitar 85 meter. Derinkuyu yang terletak di kota Cappadocia ini merupakan salah satu kota bawah tanah yang terdalam.

Ditemukan pada tahun 1963 dan dibuka untuk umum pada tahun 1965, di kota bawah tanah ini memang tampak seperti kota pada umumnya. Karena disana terdapat rumah, tempat ibadah, kilang anggur, dan diperkirakan kota ini dapat dihuni oleh 20 ribu orang, bro! Ini sih luas banget pasti kotanya ya, bro!

Moose Jaw, Kanada

Bila Sudah Boleh Liburan, Berwisata ke Kota Bawah Tanah Seru Juga Sih, Bro

Image source: wyantgroup.com

Ternyata di Kanada juga terdapat kota bawah tanah lho, bro. Dikenal sebagai kota Moose Jaw, kota ini terbentuk bermula saat pemerintahan Kanada memberlakukan pajak pada imigran Tiongkok pada abad ke-20. Karena merasa takut dan nggak mampu membayar pajak, akhirnya para imigran ilegal tersebut terpaksa tinggal di bawah tanah.

Pada akhirnya labirin bawah tanah ini difungsikan untuk mengangkut minuman keras ke Amerika Serikat melalui Kanada. Wah, penuh cerita sejarah banget nih di Moose Jaw!

Dixia Cheng, Beijing

Bila Sudah Boleh Liburan, Berwisata ke Kota Bawah Tanah Seru Juga Sih, Bro

Image source: plugon.us

Pada tahun 1970-an, kota bawah tanah ini dibangun sebagai tempat perlindungan selama invasi, pemboman, dan serangan nuklir. Di Dixia Cheng ini terdapat sekitar 100 pintu masuk tersembunyi dan juga fasilitas lengkap seperti sekolah, rumah sakit, dan ruang tidur untuk warga yang memerlukan tempat perlindungan.

Dixia Cheng baru dibuka untuk umum pada tahun 2000, tapi nggak semua bisa dikunjungi melainkan hanya sebagian kecil aja, bro. Kemudian pada tahun 2008 Dixia Cheng direnovasi dan oleh karena itu harus ditutup untuk pengunjung sampai waktu yang belum ditentukan. Harus coba datang ketika sudah dibuka lagi nih, bro!

Nah, beberapa kota bawah tanah tadi mungkin bisa menjadi daftar wisata yang menarik buat lo kunjungi. Walaupun terlihat misterius dan penuh dengan cerita sejarah, lo tertarik datang kesana nggak bro?

 

Source: idntimes.com
Urban Places Beginner Extreme solo traveling

12 COMMENTS

SHARE
Agung Sutrisno
Awalnya kota bawah tanah berfungsi sebagai tempat persembunyian
Hilman rusdiyanto
Mantabbb
Adam Gilang Fadhillah
Bisa dicoba nih, nambah referensi ahahah
dephy
bukti sejarah yang masih ada
SRI YAYA ASTUTI
tempat persembunyian yang sangat aman
Rio Fernandez Tamba
Mantab nih info nya
Kristian Mustafa
Wow keren kota bawah tanahnya.
Yuniarto ( Tato )
Bagus juga
Agus Sungkawa
menjadi daftar wisata yang menarik buat d kunjungi
Yuniarto ( Tato )
Bagus nice