Biar Seru Berseluncur, Begini Bro Cara Pilih Part Skateboard

Skena skateboarding di Indonesia, terutama di Jakarta makin menjamur. Para pelakunya tak lagi malu-malu unjuk gigi di ruang publik. Mulai dari arena di jalanan hingga skatepark resmi yang dibuat Pemerintah Daerah (Pemda) maupun swasta.

Biar Seru Berseluncur, Begini Bro Cara Pilih Part Skateboard

Bisa dibilang, infrastruktur yang menunjang untuk bermain skateboard saat ini sudah banyak banget. Ada Green Skatepark, Puink Skatepark, Kalijodo Skatepark, Twilo Skatepark, Pondok Pinang Skatepark, sampai Skatepark kolong Flyover Pasar Rebo.

Nah buat lo yang baru mau mulai bisa banget kok. Tapi lo harus tau dulu bagaimana memilih papan skateboard dan partnya supaya aksi seluncuran lo makin seru. 

Tipe Papan Seluncur

Biar Seru Berseluncur, Begini Bro Cara Pilih Part Skateboard

Image source: etsy.com

Menurut Stevanus Anton (owner Solitude Skateboards), ada tiga jenis papan yang kerap dipakai untuk skateboarding. Pertama, ada papan popsicle. Papan ini biasa dipakai para street skateboarder, bisa juga dipakai untuk skatepark. Papan ini yang biasa digunakan buat melakukan trik-trik basic seperti ollie (melompat) atau flip trick. Umumnya papan ini memiliki ujung berbentuk bulan dengan ukuran 7,5 sampai 8,5 inci.

Ada juga papan park atau bowl. Arena bowl ini biasanya skatepark berbentuk seperti mangkuk. Papan ini juga dipakai buat ramps, serta vert ramps. Nah untuk arena skatepark ini juga biasanya pakai papan yang ukurannya lebih besar misalnya antara 8,25 hingga 9 inci.

Jadi ini mengutamakan kenyamanan lebar papan dengan telapak kaki yang cenderung sama. Papan ini jarang digunakan untuk bermain street seperti flip trick.

Ada juga longboard. Nah, kalau papan ini  kerap kali dipakai di jalanan beraspal. FYI ya bro, kalau longboard ini nggak bisa dipakai untuk melakukan trik seperti flip trick, atau bahkan trik basic seperti ollie.  

Jadi papan ini cenderung digunakan untuk cruising atau saat menyusuri jalanan. Paling seru kalau longboard dipakai di jalan menurun. Lo bisa rasain sensasi meluncur di atas papan yang seru.

So, intinya kalau lo mau main skateboard untuk trik, lo bisa pilih papan yang ukurannya lebih pendek. Papan yang lebih lebar biasanya lebih stabil sehingga pemakai lebih mudah menggunakannya meluncur di jalan miring atau rata.

Tentukan Truck dan Roda Papan Skateboard

Biar Seru Berseluncur, Begini Bro Cara Pilih Part Skateboard

Image source: aliexpress.com

Papan skateboard juga memiliki penyangga antara papan dan roda. Bagian itu disebut 'truck' yang memiliki suspensi sebagai bantalan untuk membelok. Semakin keras suspensi maka papan akan lebih stabil. 

Jadi truck adalah logam penyangga berbentuk T yang dipasang di bawah skateboard. Bisa dikatakan truck merupakan komponen terpenting, karena bagian inilah yang mengaitkan antara papan, nuts, dan roda. 

Lo harus perhatikan pemilihan truck dengan ukuran papan skateboard. Papan dengan lebar truck pendek lebih sulit dikendarai. Tapi, kalau terlalu panjang membuat papan sulit berbelok.

Setidaknya ada empat bagian truck yang perlu lo ketahui juga nih bro, di antaranya, axle, hanger, kingpin, bushing. Dijelasin satu-satu ya bro. Kalau axle itu pin panjang yang membentang di hanger, yang mana di bagian inilah wheels akan dipasang. Lalu hanger adalah potongan logam berbentuk segitiga yang merupakan bagian terbesar pada trucks dan berfungsi untuk menopang poros axle.

Kalau kingpin itu baut besar yang dipasang di dalam bushing. Fungsinya menahan semua bagian pada trucks. Ada juga hollow kingpin, bobotnya lebih ringan tetapi tetap kuat dan aman. Makanya lebih digemari pemain skateboard. Terakhir, bushing adalah karet uretane lunak yang menyerupai cincin dan dipasang mengelilingi kingpin supaya papan dapat berbelok serta berputar dengan lancar.

Selain itu bro, biar papan skateboard nyaman dipakai, lo mesti lihat dari sisi ketinggiannya. Truck tinggi cocok dipasangkan dengan roda besar, sementara truck rendah lebih stabil saat meluncur. Umumnya, papan jenis street memiliki ukuran roda antara 49 mm dan 54 mm. Kalau untuk main di skatepark, roda yang dipakai bisa lebih besar, begitu juga pada longboards yang memakai roda 65 mm hingga 70 mm. Jadi semakin besar roda, semakin cepat pula skateboard meluncur. 

Roda yang empuk juga mempengaruhi laju papan. Roda yang empuk biasanya lebih menapak di permukaan, sedangkan roda yang keras lebih cepat melaju.

 

Source: https://lifestyle.kompas.com/read/2017/06/05/100437720/yang.perlu.diketahui.saat.memilih.papan.skateboard?page=all
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

8 COMMENTS

SHARE
agung
tq info ya
ditra nugraha
makasih informasinya
Yuniarto ( Tato )
Seru juga Nih
Hilman rusdiyanto
Infobagus
Rio Fernandez Tamba
Makasih infonya , tpi gak mau keseleo lagi wkwkkw
SURIANTO
Seru banget
Yeni Kurniasih
Info yg bermanfaat
Agus Sungkawa
Jadi tahu komponen terpenting part skateboard