Mendirikan Tenda yang Aman dan Nyaman Ternyata Ada Tips Pentingnya, Bro!

Melakukan pendakian dan camping untuk bermalam sambil menikmati suasana sejuk pegunungan pasti menjadi hal yang istimewa ya, bro. Salah satu hal penting yang dilakukan ketika berkemah adalah mendirikan tenda untuk beristirahat. Perhatikan tips penting supaya tenda aman dan nyaman, bro!

Mendirikan Tenda yang Aman dan Nyaman Ternyata Ada Tips Pentingnya, Bro!

Mendirikan tenda memang kadang susah-susah gampang untuk dilakukan ya, bro. Tentu lo harus mendirikan tenda yang kokoh supaya tahan dari angin kencang. Nah, supaya tenda tetap aman dan nyaman untuk digunakan harus ada hal-hal penting yang diperhatikan.

Untuk para pemula yang masih newbie dalam mendirikan tenda, beberapa tips ini wajib banget lo ikuti demi keamanan dan kenyamanan, bro!

Memilih Jenis Tenda

Mendirikan Tenda yang Aman dan Nyaman Ternyata Ada Tips Pentingnya, Bro!

Yang paling penting sebelum pergi hiking atau camping adalah memilih terlebih dulu jenis tenda yang akan dibawa. Sebaiknya lo memilih tenda portable, mudah dipasang dan dibongkar, dan juga memiliki total massa yang nggak terlalu berat (tenda ultralight). Jadi nggak perlu pakai yang terlalu ribet untuk dipasang ya, bro!

Menentukan Lahan Mendirikan Tenda

Mendirikan Tenda yang Aman dan Nyaman Ternyata Ada Tips Pentingnya, Bro!

Nah, setelah tiba di camping ground atau camp site, yang harus dilakukan adalah mencari lahan datar untuk mendirikan tenda. Kalau lokasinya dipenuhi rumput, pilih lahan datar yang beralaskan rumput tersebut ya, bro. Hindari juga lahan yang miring dan mudah longsor, karena takut membahayakan nantinya.

Dan kalau memungkinkan, lo juga bisa mencari lahan yang berada di bawah pepohonan supaya bisa berlindung dari panasnya sinar matahari dan derasnya hujan. Istirahat di dalam tenda pun akan lebih nyaman, bro!

Perhatikan Arah Angin

Mendirikan Tenda yang Aman dan Nyaman Ternyata Ada Tips Pentingnya, Bro!

Sambil menentukan lahan yang pas untuk mendirikan tenda, jangan lupa juga untuk memperhatikan arah datangnya angin ya, bro. Jangan mengarahkan pintu tenda dengan arah datangnya angin, nanti bisa-bisa angin masuk ke dalam tenda. Nggak mau kan makin kedinginan?

Memasang Pasak dengan Benar

Dalam mendirikan tenda, pastikan juga pasak sudah terpasang semua di sekeliling tenda dengan baik dan benar. Tentunya hal ini akan membuat tenda bakal tetap aman dari angin kencang.

Selain itu, yang juga perlu diperhatikan adalah saat menarik atau memasang pasak pada flysheet/lapisan luar tenda. Pastikan flysheet nggak menempel dengan lapisan dalam tenda ya, bro. Ini menjadi upaya supaya lapisan dalam tenda nggak lembap saat malam hari atau jika hujun turun.

Manfaatkan Flysheet untuk Dapur

Mendirikan tenda di bawah pepohonan juga bakal membantu lo saat akan memanfaatkan flysheet untuk mendirikan dapur. Batang pohon di sekitar tenda bisa dimanfaatkan untuk mengikat ujung-ujung flysheet sehingga terdapat ruang untuk memasak atau meletakkan barang-barang lainnya.

Membuat Parit di Sekeliling Tenda

Satu hal ini bisa dilakukan kalau lo menempati lahan yang berupa tanah biasa, karena untuk menghindari tergenangnya air hujan di sekitaran tenda. Lebih baik untuk membuat parit sekitar 10-15 cm di sekeliling tenda untuk menghindari hal tersebut ya, bro.

Berbeda dengan lahan yang beralaskan rumput, tentu masih terbilang aman kalau nggak membuat parit di sekitar tenda. Karena rumput dapat membantu penyerapan air pada saat hujan.

Jangan Mendirikan Tenda di Jalur Pendakian

Ketika melakukan hiking dan mencapai camp site, akan ada sedikit kemungkinan untuk mencari lahan kosong yang masih tersedia. Nah, kalau lahan yang bagus sudah keburu dipakai orang lain, jangan sampai lo mendirikan tenda di jalur pendakian ya, bro. Sudah pasti akan sangat mengganggu pendaki lain yang melewati jalur tersebut. Cobalah untuk mencari lahan kosong yang masih berada di sekitar camp site.

Memanfaatkan Aluminium Foil sebagai Alas Tenda

Ternyata benda satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk menghangatkan tubuh, bro. Selain menggunakan matras sebagai alas tenda, lo bisa memanfaatkan aluminium foil sebagai alas tambahan guna menambah suhu di dalam tenda supaya lebih hangat.

Nah, tips tadi sangat penting diperhatikan kalau lo mau tidur nyaman di dalam tenda yang aman, bro. Dan yang terpenting, persiapkan semua perlengkapan tenda dan jangan sampai ada yang tertinggal ya, bro!



Source: idntimes.com
Tips Beginner Extreme solo traveling

13 COMMENTS

SHARE
Hengky  kik
Terima kasih tips nya ,sangat bermanfaat
Kristian Mustafa
Info yg bagus buat masang tenda.
agung
tq info ya
dephy
Melakukan pendakian dan camping untuk bermalam sambil menikmati suasana sejuk pegunungan pasti menjadi hal yang istimewa
SRI YAYA ASTUTI
kenyamanan itu adalah hal yang penting banget
Agung Sutrisno
Supaya tenda tetap aman dan nyaman untuk digunakan harus ada hal-hal penting yang diperhatikan salah satunya memilih tempat, bahan tenda, dan lahan tempat mendirikan
ditra nugraha
nice tips bro
Yuniarto ( Tato )
Wajib di perhatikam bnget
Hilman rusdiyanto
Infobagus
Rio Fernandez Tamba
Infonya bagus nih