Tips Biar Aman dan Nyaman Saat Lo Nyetir Mobil di Luar Negeri

Jalan-jalan ke luar negeri sudah pasti bakal menyenangkan dan memberikan pengalaman baru. Untuk sebagian orang banyak yang menggunakan jasa tour and travel ketika liburan supaya lebih praktis ketika menyambangi berbagai destinasi wisata menarik. Tapi, bagaimana kalau lebih memilih menyetir mobil sendiri untuk mengunjungi berbagai destinasi wisata tersebut?

Tips Biar Aman dan Nyaman Saat Lo Nyetir Mobil  di Luar Negeri

Ketika lo menggunakan jasa tour and travel, sudah pasti perjalanan wisata di daerah yang akan dikunjungi akan lebih mudah karena disediakan kendaraan untuk bersama rombongan. Nah, buat lo yang mau liburan ke luar negeri tanpa menggunakan jasa tersebut, pasti memilih naik kendaraan umum atau menyewa mobil buat menjelajahi destinasi wisata tersebut.

Bagi yang mau menyewa mobil untuk dikendarai sendiri, lo harus mengetahui kondisi jalan raya di Negara tersebut. Karena belum tentu kondisinya sama seperti di Negara sendiri. Sebaiknya lo ketahui tips penting berikut ini supaya aman selalu, bro!

Mantapkan Kemampuan Menyetir

Tips Biar Aman dan Nyaman Saat Lo Nyetir Mobil  di Luar Negeri

Sebelum berkeliling di Negara orang, lo harus memilih kendaraan sesuai dengan musim dan cuaca yang sedang berlangsung. Sebaiknya sih pilih kendaraan mobil karena lebih cocok di segala cuaca, dan bisa digunakan bersama teman ataupun keluarga.

Kalau lo sudah jago menyetir baik yang manual maupun matic, maka seharusnya lo sudah siap untuk menyetir sendiri. Karena hampir seluruh tempat penyewaan mobil di luar negeri menyewakan mobil matic. Persiapkan diri ya, bro!

Memiliki SIM Internasional

Tips Biar Aman dan Nyaman Saat Lo Nyetir Mobil  di Luar Negeri

Image source: visitrhodes.com

Mau berkendara dimanapun itu pasti harus memiliki SIM dong, bro. Apalagi kalau berkendaranya di luar negeri, lo harus persiapkan surat-surat penting termasuk SIM Internasional. Walaupun ada beberapa Negara yang nggak mewajibkan itu, tapi lo bisa tetap menyiapkannya buat jaga-jaga supaya aman.

Ternyata proses pembuatannya juga nggak susah, bro. Tinggal membawa SIM asli dan fotokopinya, KTP asli dan fotokopinya, paspor, foto 4x6 tiga lembar berlatar belakang warna biru, dan juga materai 6000. Semua persyaratan itu lalu dibawa ke kantor Korlantas Polri Jakarta ya, bro. SIM Internasional pun bisa didapat deh!

Setir Mobil Kiri atau Kanan

Tips Biar Aman dan Nyaman Saat Lo Nyetir Mobil  di Luar Negeri

Setiap Negara memiliki kondisi jalan raya yang berbeda, termasuk penggunaan mobil dengan posisi setir yang berbeda juga. Sebaiknya lo cari tahu dulu mengenai Negara yang akan dikunjungi, apakah mobil disana menggunakan setir kiri atau kanan.

Nggak perlu khawatir, karena sebenarnya posisi setir kiri pun nggak ada bedanya. Hanya saja mobil akan berada di lajur sebelah kanan, jadi lo butuh membiasakan 1-2 hari berada di lajur yang berbeda dari Negara sendiri, bro.

Riset Tempat Penyewaan Mobil

Tips Biar Aman dan Nyaman Saat Lo Nyetir Mobil  di Luar Negeri

Untuk menyewa mobil, pastikan mencari tahu terlebih dulu mengenai informasi lengkapnya. Mulai dari jenis mobil, budget, sampai lokasi penyewaannya harus lo pahami.

Karena kalau nggak melakukan riset lebih dulu, bisa-bisa lo malah mendapatkan mobil yang nggak sesuai keinginan dan bahkan melebihi budget yang dimiliki. Apalagi kalau musim liburan, pasti bakal susah-susah gampang untuk mencari penyewaan mobil.

Asuransi Perjalanan

Berlibur di luar negeri tentu nggak ada yang mau hal buruk terjadi. Untuk itu, lo bisa gunakan asuransi perjalanan untuk menanggung jika terjadi hal yang nggak diinginkan.

Mendapatkannya ternyata juga nggak sulit, bro. Bisa membelinya di Negara tujuan atau Negara asal, bahkan penyewaan mobil juga ada yang sudah menyediakan jasa asuransi perjalanan, bro.

Siapkan Kartu kredit

Kebanyakan tempat penyewaan mobil hanya menerima pembayaran melalui kartu kredit saja. Maka dari itu, lo harus menyiapkan kartu kredit yang masih aktif, bro.

Jangan lupa untuk memastikan nama SIM dan kartu kredit yang digunakan sama ya, bro. Limit kartu kredit juga harus diketahui supaya tetap bisa digunakan untuk keperluan lain. Kalau bisa sih yang nggak ada limitnya ya, bro.

Itulah tips penting menyetir mobil yang perlu lo ketahui ketika traveling di luar negeri, bro. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati dalam berkendara dan taati aturan yang ada ya, bro!

 

Source: idntimes.com
Tips Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
Kristian Mustafa
Dan Jangan lupa untuk tidak kebut-kebutan.
agung
tq info ya
Darmawati
Mantappp
nugraha
mending bayar driver aman
dephy
Jalan-jalan ke luar negeri sudah pasti bakal menyenangkan dan memberikan pengalaman baru
Agung Sutrisno
Menyetir mobil sendiri untuk mengunjungi berbagai destinasi wisata pasti akan berasa bebas dan seru, akan tetapi tetap patuhi peraturan
Hilman rusdiyanto
Mantabbb
SRI YAYA ASTUTI
Untuk sebagian orang banyak yang menggunakan jasa tour and travel ketika liburan supaya lebih praktis ketika menyambangi berbagai destinasi wisata menarik
Hengky  kik
terima kasih infonya , sangat membantu
Yumna Aditya Prakoso
nice tips gan