Gampang-gampang Susah, Begini Cara Milih Handlebar yang Tepat Buat Bersepeda

Handlebar atau setang merupakan item penting dalam komponen sepeda. Tidak ada setang, maka sepeda sulit dikendalikan. 

Gampang-gampang Susah, Begini Cara Milih Handlebar yang Tepat Buat Bersepeda

Pengguna sepeda harus paham betul tipe handlebar mana yang paling cocok buat diaplikasikan ke sepeda kesayangannya. Bukan apa-apa, setang sepeda juga jadi salah satu indikator kenyamanan saat mengayuh. 

Perlu dicatat ya bro, dalam memilih handlebar ini juga harus diperhatikan ukurannya. Misalnya, panjang atau lebar handlebar harus menyesuaikan dengan tinggi badan dan lebar bahu. Tujuannya supaya genggaman pada setang terasa lebih nyaman dan nggak gampak pegal ketika menggowes sepeda.

Pilih Material Karbon atau Alloy

Gampang-gampang Susah, Begini Cara Milih Handlebar yang Tepat Buat Bersepeda

Image source: road.cc

Handlebar atau setang dengan material karbon sudah pasti lebih ringan, tapi harganya lebih mahal. Kalau bahan aluminium atau alloy jauh lebih tangguh dan selisih beratnya tidak terlalu signifikan. 

Kebanyakan nggak sampai 100 gram. Nah karena tangguh dan kuat, banyak pembalap profesional yang lebih menyukai setang bermaterial alloy. Kalau bahan karbon minusnya yakni lebih mudah patah apabila terjatuh. 

Pilih Ukuran

Gampang-gampang Susah, Begini Cara Milih Handlebar yang Tepat Buat Bersepeda

Image source: cyclingweekly.com

Jarang banget nih yang tahu kalau ukuran handlebar ata setang yang paling ideal itu harus menyesuaikan lebar bahu. So, kalau lo mulai pilih-pilih setang di toko sepeda, pastiin panjangnya bikin lo nyaman. 

Bisa juga lo ukur lebar bahu dari ujung sendi ke ujung sendi. Dari situ lo bisa tahu tergolong ukurang setang yang panjangnya seberapa, misalnya 38 cm, 40 cm, 42 cm, atau 44 cm.

Terus gimana kalau ukurannya ganjil? Beberapa merek ada juga kok yang menjual setang ukuran panjang yang ganjil. Tapi kalau lo nggak menemukan opsi yang pas, lo bisa pilih yang paling nyaman, misalnya lebih lebar 1 cm atau susut 1 cm. Misalnya lebar bahu 41 cm di atas, maka lo bisa memilih 40 cm, efeknya bisa lebih narrow dan aero. Atau bisa memilih 42 cm, efeknya lebih lebar sedikit dan lebih nyaman bernapas (dada lebih terbuka). 

Hati-hati dengan Tulisan Ukuran

Gampang-gampang Susah, Begini Cara Milih Handlebar yang Tepat Buat Bersepeda

Image source: road.cc

Setelah lo mengukur secara mandiri ukuran handlebar, harus tetap hati-hati dalam membeli ya. Beberapa merek setang menggunakan cara ukur yang berbeda dalam menuliskan ukurannya. 

Agak bingung ya? Jadi gampangnya begini bro. Misalnya lo mau beli ukuran 40 cm, maka yang harus lo cari adalah handlebar ukuran 40 cm center-to-center alias c-to-c. Kadang, ada merek yang menuliskan '40 cm' tapi mereka menghitungnya end-to-end. Itu berarti, 40 cm-nya adalah ujung ke ujung, dan itu setara dengan 38 cm center-to-center.

Supaya nggak salah beli, pastikan mengukur lebar handlebar dengan meteran sebelum membayar. Hitung lebar center-to-center, karena itu yang menyesuaikan dengan lebar bahu.

Pastikan Reach dan Drop Nyaman

Gampang-gampang Susah, Begini Cara Milih Handlebar yang Tepat Buat Bersepeda

Image source: cyclingweekly.com

Indikator penting lagi dalam memilih handlebar yakni memastikan setang memiliki lekukan drop yang ideal. Tiap merek bisa punya filosofi desain yang berbeda. Ukuran yang harus diperhatikan antara lain untuk Reach dan Drop. Apa maksudnya?

Jadi, reach itu panjang ujung depan lekukan bila dibandingkan dengan 'batangan utama'. Semakin jauh ke depan, maka jangkauan tangan ikut lebih jauh ke depan saat memegang tuas lever. Pastikan reach-nya ideal, sehingga badan tak terlalu menjulur ke depan atau membungkuk.

Drop adalah jarak antara titik terbawah lekukan bila dibandingkan dengan 'batangan utama' di atas. Semakin jauh jaraknya, semakin membungkuk pula posisi badan kita saat posisi aero (pegang bawah). Sekali lagi, hati-hati dalam membeli.

Tiga Model Lekukan

Gampang-gampang Susah, Begini Cara Milih Handlebar yang Tepat Buat Bersepeda

Image source: cyclingweekly.com

Melihat beberapa poin di atas membuktikan kalau memilih handlebar untuk kenyamanan bersepeda itu nggak mudah. Nah poin berikutnya yang harus lo ketahui juga model lekukan setang. Pada prinsipnya, ada tiga macam model antara lain Classic (Traditional), Compact, dan Ergo (Anatomic). Ini khusus setang model dropbar ya.

Classic termasuk model paling disuka pembalap profesional. Reach-nya agak jauh, melengkung tajam di depan, lalu pegangan bawahnya lurus sejajar jalan. Para pembalap sanggup berjam-jam memegang bagian bawah, jadi ini bentuk yang nyaman buat mereka.

Compact merupakan model paling umum dan paling ideal untuk pengguna sepeda kasual. Lengkungannya progresif, dengan reach dan drop yang relatif pendek. Sehingga ada perbedaan signifikan antara pegang atas dengan pegang bawah.

Nah kalau Ergo disebut-sebut memiliki bentuk yang lebih unik. Lengkungan handlebarnya tidak mulus tetapi agak menekuk tajam dalam tiga bagian. Posisi tangan saat di bawah dipaksa berada 'di tengah-tengah' antara bagian lebih vertikal di depan dengan bagian horisontal di belakang.

 

Source: https://www.mainsepeda.com/r/1271/tips-memilih-lebar-handlebar-yang-ideal
Tips Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
Hengky  kik
info yang menarik , makasih sudah sharing
Kristian Mustafa
Dampaknya akan terasa dipunggung dari keliru memilih ini.
DEVI TRI HANDOKO
bagian dari sepeda yang sangat penting dalam suatu kenyamanan bersepeda
Yuniarto ( Tato )
Yg penting ukuranya dulu
Hilman rusdiyanto
Infobagus
Agus Sungkawa
Nice information
Yumna Aditya Prakoso
nice tips gan
Agung Sutrisno
Perlu diperhatikan dalam memilih handlebar panjang atau lebar harus menyesuaikan dengan tinggi badan serta lebar bahu.
Muhammad arifudin
Baru tau gue
Leplepi
Ukuran emang penting