Buat Newbie atau yang Lupa, Begini Caranya Bikin Visa Kalau Mau Liburan ke Luar Negeri

Bepergian ke luar negeri memang membutuhkan dokumen segala macam untuk dipersiapkan. Bahkan perlu waktu yang nggak sebentar untuk membuat dokumen seperti paspor dan visa. Kalau pembuatan paspor mungkin bisa lebih cepat jadi, sedangkan visa butuh waktu cukup lama. Bingung bagaimana membuat visa untuk pergi ke negara tujuan? Begini nih prosesnya!

Buat Newbie atau yang Lupa, Begini Caranya Bikin Visa Kalau Mau Liburan ke Luar Negeri

Mau liburan ke luar negeri memang nggak semudah pergi ke luar kota yang tinggal berangkat kapanpun lo mau, bro. Banyak dokumen yang juga harus disiapkan sebelum menginjakkan kaki di negara tersebut.

Selain paspor, yang wajib disiapkan sebelum bepergian ke luar negeri adalah visa. Tentu saja untuk negara yang nggak memberikan kebebasan visa, seperti Jepang dan Amerika Serikat.

Nah, fungsi visa sendiri mirip seperti surat izin yang akan memperbolehkan atau tidaknya pengunjung ke suatu negara tujuan. Biar nggak bingung, begini nih cara membuat visa yang harus lo ketahui!

Mendaftar dan Reservasi Jadwal Wawancara/Verifikasi Dokumen

Buat Newbie atau yang Lupa, Begini Caranya Bikin Visa Kalau Mau Liburan ke Luar Negeri

Langkah pertama yang harus dilakukan nggak ribet kok, bro. Dengan bantuan teknologi online, lo bisa dengan mudah untuk membuka website kedubes negara tujuan. Sembari update info dan juga mengunduh dokumen yang dibutuhkan.

Setelah itu, lo akan diarahkan ke website organisasi yang selanjutnya akan ditunjuk untuk mengisi data diri dan reservasi jadwal verifikasi. Lalu, akan ada pemberitahuan melalui email tentang kapan dan dimana waktu verifikasi atau wawancara tersebut akan dilakukan.

Untuk beberapa negara, lo akan diminta untuk melakukan pembayaran terlebih dahulu sebelum memilih jadwal verifikasi atau wawancara, misalnya seperti Amerika Serikat. Setelah melakukan pembayaran, lo tinggal memasukan nomor slip pembayaran tersebut.

Oh ya bro, nggak semua negara mengharuskan proses wawancara, tetapi proses verifikasi yang wajib ada.

Siapkan Dokumen

Buat Newbie atau yang Lupa, Begini Caranya Bikin Visa Kalau Mau Liburan ke Luar Negeri

Nah, kalau sudah mendaftarkan diri, sembari menunggu hari verifikasi atau wawancara tentu lo harus menyiapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan. Dokumen-dokumen yang dibutuhkan seperti:

  • Paspor, dan fotokopi yang masih aktif
  • KTP, dan fotokopi
  • Formulir Permohonan, diakses melalui website kedubes negara tujuan
  • Foto, dengan format negara tujuan
  • Bukti pembayaran visa, untuk yang melakukan pembayaran di awal
  • Surat Keterangan Sponsor, berisi rekomendasi atau undangan dari pihak negara tujuan
  • Surat Keterangan Kerja atau Belajar, khusus buat yang berkunjung dengan tujuan tersebut
  • Dokumen keuangan, dan fotokopi
  • Jadwal perjalanan dan tiket pesawat, tergantung negara tujuan
  • Surat Keterangan Kesehatan, tergantung negara tujuan

Menyerahkan Dokumen dan Wawancara 

Buat Newbie atau yang Lupa, Begini Caranya Bikin Visa Kalau Mau Liburan ke Luar Negeri

Jika semua dokumen sudah siap, tinggal membawa dokumen tersebut ke lokasi verifikasi yang diminta. Biasanya lokasi verifikasi tersebut di kantor Kedutaan Besar negara yang dituju, bro.

Kalau dokumen yang dilampirkan sudah lengkap, selanjutnya harus segera melakukan pembayaran. Tapi kalau sudah melakukan pembayaran di awal pendaftaran, nggak perlu lagi untuk membayar ya, bro.

Proses Pengambilan

Buat Newbie atau yang Lupa, Begini Caranya Bikin Visa Kalau Mau Liburan ke Luar Negeri

Tentu saja pengambilan visa nggak bisa langsung sehari jadi nih, bro. Lo akan diminta untuk menunggu paling cepat 4 hari kerja, itupun kalau jumlah pemohon nggak banyak. Nantinya lo akan menerima update mengenai perkembangan proses melalui sms atau email.

Buat jenis visa yang ditempel di paspor, selama proses ini paspor asli tentu nggak bisa dibawa pulang. Jadi selama proses pengajuan visa, lo nggak bisa melakukan perjalanan ke negara manapun walau ke negara bebas visa sekalipun.

Nah, sekarang nggak perlu bingung lagi mengenai proses pembuatan visa. Semoga informasi ini bisa membantu ya, bro!

 

Source: idntimes.com
indonesia.go.id
Tips Beginner Extreme solo traveling

6 COMMENTS

SHARE
agung
tq info ya
dephy
informasi yang sangat memabantu bagi kita yang newbie
Hilman rusdiyanto
Niceinfo
Rio Fernandez Tamba
Keren nih infonya
ditra nugraha
thanks infonya yg penting ini
Masni
Siip infonya