Sama-sama Seru dan Bikin Tegang, Lo Pilih Rafting atau Kayaking?

Dua olahraga extreme watersport ini seru banget. Bedanya cuma jumlah pemainnya aja. Kalau rafting sudah pasti berkelompok. Tapi kalau kayak bisa tunggal atau tandem. 

Sama-sama Seru dan Bikin Tegang, Lo Pilih Rafting atau Kayaking?

Di Indonesia, lo nggak bakal kesulitan cari spot menantang buat melakukan aktivitas keduanya. Bumi Pertiwi ini bisa dibilang surganya olahraga air. Kalau lo mau menikmati laut di Tanah Air dengan cara yang berbeda, lo bisa melakukan kayaking. Di danau juga bisa bro. Sambil santai menikmati rindangnya pepohonan.

Tapi kalau mau yang lebih menantang, lo bisa jajal yang namanya rafting atau arung jeram. Olahraga ini butuh kekompakan tim. Sesekali terpelanting ke sungai karena melawan derasnya arus. Tapi nggak jadi masalah, karena di situlah esensi serunya raftingnya. 

Rafting atau Arung Jeram

Sama-sama Seru dan Bikin Tegang, Lo Pilih Rafting atau Kayaking?

Rafting olahraga air yang menggunakan perahu karet untuk menaklukan arus deras sungai. Biasanya satu perahu karet bisa diisi paling banyak berjumlah sepuluh orang. Tapi idealnya satu perahu karet diisi oleh sembilan orang. Formasinya, empat orang mengisi sisi kiri dan kanan perahu, sementara satu orang duduk di paling belakang. 

Lantas bagaimana keamanannya? Arung jeram cenderung lebih aman, karena berkelompok. Jadi ketika ada masalah rekan satu tim di perahu bisa turun tangan langsung untuk membantu. Termasuk banyak peralatan yang dibawa, sehingga para pelaku olahraga rafting lebih tenang. Meski dalam petualangannya kadang perahu karet harus terbalik saat arus sungai mulai turun terjal atau menghantam bebatuan.

Selain itu, memperkenalkan olahraga rafting kepada anak juga bisa. Paling tepat, anak bisa merasakan arung jeram di spot yang memiliki aliran arus tenang. Hal ini akan menjadi pengalaman berarti buat si anak. Setelah beranjak dewasa nanti, baru bisa menyesuaikan antara keberanian dengan tantangan arus di sungai. 

Perahu Kayak

Sama-sama Seru dan Bikin Tegang, Lo Pilih Rafting atau Kayaking?

Kayaking lebih ke olahraga tunggal atau tandem biasanya. Lo harus mengendalikan perahu kecil dengan satu dayung. Perahunya menyerupai sampan, si pendayung kemudian menghadap ke depan, dengan posisi kedua kaki ditekuk.

Kayaking lebih berisiko dibanding arung jeram atau rafting. Apalagi kalau lo melakukan solo rafting alias sendirian. Karena kalau ada kecelakaan yang tidak diinginkan tidak ada orang lagi.

Nah, kalau kayaking spotnya bisa di laut dan danau. Tapi kalau lo suka tantangan, kayaking di aliran sungai yang cukup deras seperti rafting juga bisa banget. Terpenting bermain rafting di aliran sungai deras yakni lo harus bisa mengendalikan perahu kayak dengan satu dayung yang lo bawa.

Gayung itu selain untuk menjaga speed perahu, tai juga bisa menahan laju perahu agar tidak terbawa arah arus ke kanan atau kiri. Termasuk untuk menghindari bebatuan di depan. Nggak cuma itu, pendayung juga harus bisa membaca arah jalur di tengah derasnya arus.

Jangan sampai perahu yang lo tumpangi terhantam bebatuan terus menerus. Dan, satu lagi lo harus punya keterampilan untuk membalikan perahu kayak secara mandiri ketika terpelanting yang menyebabkan perahu terbalik. 

Itu makanya, untuk kayaking ini berisiko banget. Apalagi buat yang masih pemula. Disarankan tahan dulu deh untuk main kayaking di sungai yang deras.  So, dari penjelasan di atas, lo pilih rafting atau kayaking? Tapi sabar dulu ya guys, tahan dulu rencana bertulangnya.

 

Source: https://www.tarasportrafting.com/blog/rafting-vs-kayaking-which-better
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
agung
tq info ya
SRI YAYA ASTUTI
MEMANG SERU DAN BUAT TEGANG
Yuniarto ( Tato )
Arung jeram yg Rame
Agung Sutrisno
Indonesia terkenal dengan sungai dan banyak air, jadi panatas kalo disebut surganya olaha raga air
Hilman rusdiyanto
Mantabbbb
Agus Sungkawa
Sama2 seru nih jenis olahraga di air..Rafting biar bnyakan dlm satu team mainnya
Firgiawan
Tantangan Kekompakan Dan Keseimbangan Diuji