Dari Sejarah Sampai Fungsi Sistem Navigasi GPS yang Harus Lo Paham

Saat berpetualang penting banget yang namanya alat navigasi. Jangankan untuk petunjuk jalan di alam lepas, sekadar cari alamat pun alat navigasi selalu jadi andalan. Karena zaman sudah berkembang, di era sekarang alat navigasi sudah ditanam ke ponsel pintar melalui aplikasi.

Dari Sejarah Sampai Fungsi Sistem Navigasi GPS yang Harus Lo Paham

Tahu nggak sih kalau sistem navigasi ada berbagai jenis? Pertama ada GPS (Global Positioning System) dan GPS mobil. Nah alat ini fungsinya sama untuk menentukan posisi, luasan, mencari titik koordinat dan penunjuk arah jalan. 

Kemudian ada GPS Tracker atau jenis alat navigasi yang dilengkapi sistem komunikasi dua arah. Jadi fungsinya bisa mengirim dan menerima informasi sehingga bisa ditentukan koordinat lokasi. Yang menggunakan alat navigasi jenis ini biasanya taksi dan penyewaan mobil.

Lalu ada juga GPS Fishfinder atau GPS Sounder. kalau yang ini dilengkapi dengan transduser yang bisa dipakai buat menentukan kedalaman air. Alat ini juga dilengkapi sensor yang bisa melacak keberadaan lokasi ikan. Buat lo yang hobi mancing, perlu banget alat ini! 

Ada lagi yang namanya GPS Geodetic. Kalau alat ini mirip-mirip dengan GPS navigasi. CUma kemampuannya lebih detail. Konon katanya bisa sampai satuan milimeter. Alat ini biasa digunakan untuk mendapatkan data dengan ketelitian tinggi. Biasanya alat ini digunakan di industri tambang hingga pemetaan. 

Kemudian yang paling familiar yakni Kompas. Kompas alat navigasi untuk menentukan arah kapal berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang menyelaraskan secara bebas dengan medan magnet bumi secara akurat. Buat keperluan outdoor, kompas juga perlu banget supaya nggak tersesat selama jalur pendakian.

Asal Usul GPS

Dari Sejarah Sampai Fungsi Sistem Navigasi GPS yang Harus Lo Paham

Departemen Pertahanan AS pertama kali menciptakan sistem GPS pada tahun 1970-an menggunakan 24 satelit, namun tidak beroperasi sepenuhnya sampai tahun 1990-an. Meskipun alat itu merupakan proyek yang dioperasikan oleh militer AS, tapi GPS bebas digunakan siapapun

Di tahun 1974, satelit GPS pertama diluncurkan di Amerika, disusul oleh beberapa satelit di tahun-tahun berikutnya. Semua satelit yang diluncurkan ke angkasa membentuk konstelasi yang menjangkau segala penjuru. Kemudian 1994, ilmuwan mengumumkan sistem GPS bisa beroperasi sepenuhnya.

GPS ditemukan berkat ilmuwan MIT, Ivan Getting. Getting punya konsep dan gagasan tentang pemanfaatan sinyal radio yang dipancarkan satelit Sputnik. Sehingga dia mengusulkan rancangan sistem GPS, pemerintah Amerika bersedia menggelontorkan dana besar untuk membangun sistem GPS. Lalu tahun 1999, perusahaan ponsel Benefon meluncurkan ponsel pertama yang dilengkapi layanan GPS komersil, ponsel tersebut dijuluki Benefon Esc. Oh iya, GPS ada yang berbayar dan tidak ya. 

Kemampuan GPS dalam menentukan lokasi banyak diaplikasikan dalam berbagai hal, mulai dari software navigasi, olahraga, ride sharing, hingga bermain game dengan augmented reality.

Cara Kerja GPS

Dari Sejarah Sampai Fungsi Sistem Navigasi GPS yang Harus Lo Paham

Sistem GPS terdiri dari tiga bagian, yakni satelit di angkasa, stasiun pengendali di bumi, dan receiver alias perangkat penerima sinyal satelit yang berada di tangan pengguna. Contohnya smartphone atau arloji pintar. Satelit-satelit GPS mengorbit bumi sebanyak dua kali dalam sehari. Pada momen ini mereka memancarkan sinyal unik dan parameter orbit untuk ditangkap oleh receiver di bumi. 

Alat receiver nantinya akan menghitung jarak dengan satelit GPS dengan mengukur waktu yang dibutuhkan untuk menerima sinyal dari masing-masing satelit. Informasi jarak ini kemudian bisa dipakai untuk menentukan posisi receiver di bumi melalui teknik trilateration, yakni mencari titik persilangan di antara radius jarak tiga satelit GPS terdekat, seperti terlihat dalam gambar di samping. 

Satelit-satelit GPS berada dalam konstelasi yang mencakup seluruh permukaan bumi. Karena itu, di lokasi manapun di planet ini, receiver selalu bisa “melihat” dan mendapat sinyal dari setidaknya 4 satelit GPS di langit. Usai mendapatkan informasi lokasi, receiver pun bisa menghitung berbagai hal seperti kecepatan, arah (bearing), jarak ke tujuan, dan lain-lain. 

GPS biasanya bisa melacak posisi receiver dengan akurat hingga radius 10 meter atau kurang. Tetapi, ada beberapa faktor yang mempengaruhi akurasinya seperti lingkungan dengan gedung-gedung tinggi atau pepohonan bisa menghalangi penerimaan sinyal satelit. Sinyal satelit juga kesulitan menembus bangunan sehingga GPS lebih sukar mengunci posisi saat receiver berada dalam situasi indoor ketimbang outdoor.

 

Source: https://lifestyle.kontan.co.id/news/satu-fungsi-navigasi-beragam-manfaat
In Depth Beginner Extreme solo traveling

13 COMMENTS

SHARE
ditra nugraha
makasih infonya
Rio Fernandez Tamba
Keren, sekarang udh ada GPS yang gak ribet
dephy
aplikasi yang sangat berguna bagi semua orang didunia
Yumna Aditya Prakoso
mantap gan
Yuniarto ( Tato )
Nice juga nih
Hilman rusdiyanto
Mantaabbb
Agus Sungkawa
Jadi lebih tahu Fungai GPS dan asal usulnya
Ricko Pratama Putra
Nice Info
Muhammad arifudin
Asal pakai aja
Cecep Jajang
Info yang sangat bagus min