Buat Sahur Sama Berbuka, Lo Bisa Konsumsi Makanan Sehat Ini

Saat bulan puasa datang rasanya perut ingin melahap makanan apa aja yang terlihat menggiurkan. Minuman dingin yang menyegarkan pun nggak boleh ketinggalan untuk menemani hidangan pemadam kelaparan. Bener apa betul, bro?

Buat Sahur Sama Berbuka, Lo Bisa Konsumsi Makanan Sehat Ini

Bulan Ramadan menjadi momen yang ditunggu oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya umat Muslim. Berbagai tradisi budaya yang khas dengan bulan yang penuh kebahagiaan ini selalu hadir, menjadikan hari-hari bulan Ramadan terasa lebih istimewa dari bulan-bulan sebelumnya.

Saat sedang berpuasa, tubuh lo wajib banget menerima asupan gizi dan nutrisi yang baik agar dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan optimal. Gizi dan nutrisi dari hidangan saat sahur dan berbuka puasa juga sangat berpengaruh pada daya tahan dan kesehatan tubuh lo, bro. Berikut ini beberapa  rekomendasi makanan yang bisa lo konsumsi, agar puasa dan aktivitas lo tetap berjalan lancar.

Nasi Merah

Buat Sahur Sama Berbuka, Lo Bisa Konsumsi Makanan Sehat Ini

Makanan yang satu ini pastinya sudah sangat familiar di kalangan pecinta makanan sehat. Nasi merah biasanya dikonsumsi oleh sebagian orang untuk program diet yang alami dan juga sehat. Dilansir dari laman brilio, beras merah tidak dihasilkan melalui proses penggilingan. Oleh sebab itu, beras merah kaya akan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh, baik itu mineral, serat, dan berbagai vitamin lainnya.

Beras merah juga akan membuat lo merasa kenyang lebih lama, karena mengandung serat tinggi. Selain itu, beras merah juga memberikan suplai energi bertahap sesuai kebutuhan, sehingga asupan kalori dapat terbakar secara efisien dan tidak menumpuk menjadi lemak dalam tubuh, bro.

Pisang

Buat Sahur Sama Berbuka, Lo Bisa Konsumsi Makanan Sehat Ini

Buah yang satu ini memang kerap disebut-sebut sebagai hidangan yang mengandung karbohidrat kompleks. Selain itu, buah pisang juga memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi, dan mengandung banyak serat. Buah yang memiliki rasa manis yang khas ini juga memiliki banyak kandungan vitamin, seperti vitamin C, B6, kalsium, dan juga kalium.

Jenis vitamin B6 yang terkandung di dalam buah pisang memiliki peranan yang cukup penting dalam meningkatkan fungsi sistem saraf serta dapat memperkuat daya tahan tubuh dalam memperkuat sistem imun saat berpuasa, bro. Kandungan karbohidrat di dalam pisang menjadi salah satu alasan bagi Anda untuk mengonsumsi jenis buah yang satu ini saat sahur ataupun berbuka puasa.

Telur

Buat Sahur Sama Berbuka, Lo Bisa Konsumsi Makanan Sehat Ini

Makanan yang satu ini sangat mudah didapatkan di Indonesia dan kaya akan kandungan protein di dalamnya. Protein memang sangat dibutuhkan oleh tubuh lo untuk sistem metabolisme, bro. Selain itu, telur juga mengandung mineral, lemak sehat, vitamin serta antioksidan sehingga memberikan nutrisi otak dan bermanfaat untuk kesehatan mata. Konsumsi telur sangat disarankan saat santap sahur karena mengandung protein murni tanpa lemak.

Udang

Buat Sahur Sama Berbuka, Lo Bisa Konsumsi Makanan Sehat Ini

Hasil laut yang satu ini sangat ekonomis dan dapat dengan mudah ditemukan di pasar tradisional maupun pasar swalayan. Sumber protein laut ini tentunya sangat rendah lemak sehingga jika dikonsumsi akan sangat baik untuk kesehatan tubuh lo, bro. Selain itu, udang juga sangat kaya akan berbagai nutrisi lainnya seperti vitamin B12, selenium, omega-3 dan juga lemak yang akan menjadi sumber energi lo selama berpuasa, bro.

Selain beberapa makanan di atas, perbanyak juga sayur dan buah-buahan dalam menu sahur dan berbuka lo, bro. Agar tubuh mendapat cairan lebih dan terhindar dari dehidrasi selama beraktivitas saat berpuasa. Hindari terlalu banyak konsumsi makanan pedas agar terhindar dari berbagai penyakit saluran pencernaan yang bisa mengganggu ibadah puasa dan kesehatan tubuh lo, bro. Tetap semangat saat berpuasa dan menjalani aktivitas!

 

Referensi : https://www.brilio.net/creator/4-kandungan-beras-merah-ini-bermanfaat-untuk-membantu-program-diet-5dd419.html#
https://bidanku.com/30-makanan-yang-baik-ketika-puasa-yang-wajib-anda-konsumsi
Trending Beginner Extreme solo traveling

15 COMMENTS

SHARE
agung
tq info ya
SRI YAYA ASTUTI
menu sederhana tapi sehat
Yumna Aditya Prakoso
makasih gan
Yuniarto ( Tato )
Pisang pling favorite
ditra nugraha
makasih infonya
Panjul nikilos
Kita jaga diri kita mulai dari dalam
Agung Sutrisno
Agar tubuh mendapat cairan lebih dan terhindar dari dehidrasi selama beraktivitas saat berpuasa perbanyak konsumsi sayur dan buah saat sahur
Dewandaru Krisna Wisnu
Kurma juga baik untuk tubuh
Agus Sungkawa
Nasih merah sdh jarang di temui
Firgiawan
Uhhh madeppp