Inget Ya Bro, ke Candi Juga ada Etika dan Tata Krama

Sedari kecil pasti kita sudah diajarkan orang tua mengenai etika dan tata krama. Kemanapun perginya pasti harus selalu menjaga tata krama dan sopan santun, termasuk mengunjungi candi. Ada etika dan tata krama yang wajib dilakukan sebelum lo mengunjungi candi, simak pembahasan berikut ini bro!

Inget Ya Bro, ke Candi Juga ada Etika dan Tata Krama

Selain kekayaan alam dan budaya yang menakjubkan, Indonesia juga memiliki banyak bangunan bersejarah dari peninggalan masa lampau. Salah satu bangunan bersejarah yang bisa dijumpai di Indonesia adalah bangunan candi.

Bangunan keagamaan yang menjadi tempat ibadah ini berasal dari peradaban Hindu-Budha. Konon bangunan ini dulunya digunakan sebagai tempat pemujaan dewa-dewi ataupun memuliakan Budha.

Dengan begitu, bangunan candi juga dianggap sebagai bangunan yang memiliki unsur spiritualitas dan dianggap suci. Makanya ketika mengunjungi candi juga harus memperhatikan etika dan tata krama yang dilakukan. Sebelum mengunjungi candi, sebaiknya lo ketahui dulu bagaimana etika dan tata krama yang wajib dilakukan ini!

Dilarang Keras Melakukan Vandalisme

Inget Ya Bro, ke Candi Juga ada Etika dan Tata Krama

Kalau mencoret-coret dinding kamar sendiri mungkin hal tersebut masih dianggap bebas dilakukan dan biasa-biasa saja ya, bro. Beda dengan bangunan bersejarah ini, mencoret-coret atau mengukir sepenggal nama di candi demi pembuktian cinta lo kepada si dia tentu bukan hal yang romantis sama sekali.

Tindakan vandalisme seperti ini jangan sampai dilakukan karena selain merusak estetika bangunan, bisa-bisa kena hukuman juga. Kalau bertemu orang yang akan melakukan tindakan ini, langsung ditegur saja ya, bro. Jaga selalu situs bersejarah ini, bro!

Jangan Sembarangan Ngambil Foto 

Inget Ya Bro, ke Candi Juga ada Etika dan Tata Krama

Mengunjungi bangunan bersejarah yang indah seperti candi ini, memang nggak lengkap kalau belum mengambil foto yang paling menarik. Bangunan yang memiliki arsitektur bebatuan kuno ini tentu sangat indah untuk diambil gambarnya. Apalagi kalau bangunan megah tersebut dijadikan latar belakang ketika sedang berfoto, sudah pasti hasilnya bagus.

Tapi, jangan sampai berpose yang macam-macam ya, bro. Jangan berpose melompat-lompat atau bahkan sampai memanjat stupa ketika sedang berfoto. Tentu perbuatan itu bisa saja merusak candi, nanti perbaikannya bisa memakan biaya dan waktu yang lama, lho. Wah, berpose yang sewajarnya saja ya, bro!

Patuhi Aturan dan Adat Istiadat Setempat

Inget Ya Bro, ke Candi Juga ada Etika dan Tata Krama

Beberapa tempat yang dianggap suci pasti memiliki aturan dan norma-norma yang berlaku untuk dipatuhi para pengunjungnya. Begitu pula dengan candi, sebaiknya bersikap yang sopan santun ketika berkunjung ke semua bangunan bersejarah ya, bro.

Jangan berlari-lari, menjaga intonasi nada dan suara, menjaga ucapan, atau hal mendasar seperti nggak membuang sampah sembarangan. Hal ini memang terkadang masih banyak yang sulit untuk mematuhi, jadi harus saling mengingatkan satu sama lain ya, bro!

Menghormati Warga yang Lagi Beribadah

Inget Ya Bro, ke Candi Juga ada Etika dan Tata Krama

Sampai sekarang, candi masih digunakan sebagai tempat ibadah bagi beberapa kepercayaan, seperti Candi Borobudur dan Prambanan. Nah, kalau mendatangi candi tersebut ketika sedang perayaan keagamaan sebaiknya hormati mereka yang sedang beribadah. Usahakan mengambil posisi yang agak jauh supaya nggak membuat keributan yang bisa mengganggu proses ibadah. Saling toleransi itu indah banget kok, bro.

Berpakaian yang Tepat

Inget Ya Bro, ke Candi Juga ada Etika dan Tata Krama

Biasanya beberapa tempat ibadah yang ada di Indonesia mengharuskan siapapun yang memasuki tempat tersebut untuk berpakaian yang sopan dan tertutup. Sama halnya dengan candi, biasanya untuk memasuki kawasan bangunan ini akan diberikan kain khas tertentu yang harus digunakan melingkar di pinggang.

Etika dan tata krama yang harus dilakukan tersebut, tentu wajib banget untuk dilakukan ketika mengunjungi berbagai candi-candi indah yang ada di Indonesia. Nggak ada salahnya untuk saling mengingatkan orang lain ya, bro!

 


Source: idntimes.com
Urban Places Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
agung
tq info ya
Kristian Mustafa
Hampir disetiap tempat punya tata krama masing-masing.
SRI YAYA ASTUTI
dimanapun kita berada memang harus menjaga tata krama dan sopan santun
arief
yup benar baget, di tempat manapun pasti ada aturanya semua kembali kediri pribadi masing2
wildan
keren infonya mantappp
Yumna Aditya Prakoso
siyap gan
Yuniarto ( Tato )
Wajib tahu nig
ditra nugraha
menjaga kesakralan
Agus Sungkawa
Dimana bumi d pijak d situ langit d jungjung,kita sbagai pengunjung hrus menaati tatak rama.
Cecep Jajang
Tati peraturan daerah setempat