Jantung Lo Tetap Sehat Selama di Rumah Aja, Begini Caranya!

Walaupun masih di rumah aja, lo masih rutin olahraga nggak nih, bro? Jangan sampai dilupakan atau bahkan terlalu berlebihan olahraga ya, bro. Buat lo yang ingin menjaga kesehatan jantung, lo harus sesuaikan dengan jenis olahraga yang mau lo pilih. Simak pilihan olahraganya berikut ini!

Jantung Lo Tetap Sehat Selama di Rumah Aja, Begini Caranya!

Olahraga memang sangat penting dilakukan demi menjaga daya tahan tubuh supaya terhindar dari penyakit. Tapi, olahraga juga nggak boleh terlalu berlebihan atau memaksakan kemampuan. Karena hal ini bisa membebani kinerja jantung lho, bro. Jangan hanya karena ingin menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari penyakit, semua jenis olahraga pun dicoba dengan berlebihan.

Untuk itu, perlu diperhatikan porsi latihan atau olahraga yang dilakukan. Lo harus mengetahui kapan waktunya berhenti berolahraga dan beristirahat ketika jantung sudah terasa lelah. Karena kalau nggak tahu kapan harus berhenti, hal ini bisa berakibat fatal seperti gagal jantung. Hal ini dikarenakan porsi olahraga yang terlalu berlebihan. Duh, jangan sampai terjadi ya, bro!

Untuk menghindari permasalahan pada jantung ketika berolahraga, setidaknya lo bisa mengukur denyut jantung dengan cara sederhana. Dengan meraba pergelangan tangan di bawah ibu jari secara ringan atau leher di bawah rahang. Setelah itu, hitung jumlah denyut nadi dalam 1 menit, kemudian dikalikan 6. Ukur denyut jantung maksimal dengan rumus 220 dikurang usia lo saat ini, bro. Terakhir, baru tentukan berapa persen intensitas olahraga yang bisa dilakukan.

Mumpung lo juga masih di rumah aja karena masih ada wabah virus Corona, sebaiknya lakukan beberapa pilihan olahraga yang tepat dan aman bagi kesehatan jantung berikut ini, bro!

Berenang

Jantung Lo Tetap Sehat Selama di Rumah Aja, Begini Caranya!

Olahraga satu ini memang bisa melatih banyak kelompok otot tubuh, meningkatkan detak jantung, membuat paru-paru bekerja lebih efisien, dan berfungsi melatih pergerakan sendi. Semakin banyak berenang, maka semakin tinggi tekanan darah yang akan membuat detak jantung juga meningkat. Selain meningkatkan denyut jantung, berenang juga bisa meningkatkan pasokan darah dalam tubuh, bro. 

Tapi bro, berenangnya di rumah aja dulu ya, jangan ke kolam renang publik dulu karena kan masih ada wabah Corona. Tenang, kalau rumah lo nggak ada kolam renang, masih ada kok pilihan olahraga lain di bawah ini. 

Jogging

Jantung Lo Tetap Sehat Selama di Rumah Aja, Begini Caranya!

Ternyata cara berlari jogging juga sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung, bro. Nggak perlu jogging seperti atlet, cukup dengan berlari santai pun banyak manfaat yang bisa didapat. Tubuh akan terasa lebih sehat, terutama jantung. Selain itu, dengan berlari santai ini juga akan menambah kebugaran tubuh, menjaga daya tahan tubuh, dan meningkatkan kekuatan tubuh.

Saat masa pandemi ini, lo bisa jogging di sekitaran rumah lo aja ya, tetap pakai masker dan terapkan physical distancing. Atau lo juga bisa kok di rumah pakai treadmill, kalau ada tapi ya. 

Berjalan Kaki

Jantung Lo Tetap Sehat Selama di Rumah Aja, Begini Caranya!

Memang nggak membutuhkan banyak energi kalau hanya berjalan kaki, karena hal ini sudah sering dilakukan sehari-hari ya, bro. Jenis olahraga yang sangat mudah, ringan, dan sederhana ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan jantung. Berjalan kaki juga bisa dilakukan di sekitar perumahan, taman, atau di treadmill. Nggak perlu terburu-buru, lo bisa berjalan kaki secara santai sambil mendengarkan lagu lewat earphone supaya semakin seru.

Ternyata, berjalan kaki ini sama efektifnya seperti berlari dalam hal pencegahan penyakit jantung atau stroke lho, bro. Berjalan kaki juga bisa membantu mencegah penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol serta memperlancar sirkulasi darah. Wah, ternyata manfaatnya banyak juga nih, bro.

Bersepeda

Jantung Lo Tetap Sehat Selama di Rumah Aja, Begini Caranya!

Nggak perlu menggowes dengan terburu-buru, bersepeda juga sebaiknya dilakukan dengan santai dan disesuaikan dengan kondisi tubuh dan jantung. Bersepeda akan memperkuat otot jantung dan mengurangi kadar lemak dalam darah. Selain itu, jika dilakukan secara teratur, bersepeda juga dapat merangsang dan memperbaiki jantung, paru-paru, sirkulasi darah, dan mengurangi resiko penyakit kardiovaskular.

Sama dengan jogging dan jalan kaki, saat masa pandemi ini, lo bisa bersepeda di sekitaran rumah lo aja ya, tetap pakai masker dan terapkan physical distancing. 

Nah, beberapa pilihan olahraga tersebut bisa menjadi yang tepat dan aman bagi kesehatan jantung. Kalau ingin hasil yang lebih maksimal, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu ya, bro!

 

Source: review.bukalapak.com
Trending Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
Masni
Tq infonya
Yuniarto ( Tato )
Jalan kaki kya nya pling mudah buat di lakuin
Hilman rusdiyanto
Infobagus
Dewandaru Krisna Wisnu
Angkat galon ke kos smpe toko aja sdh trmsk olhrga
Kristian Mustafa
Nice Info.
agung
tq info ya
SRI YAYA ASTUTI
sehat itu mahal
Adam Gilang Fadhillah
Iya kalo yang punya kolam dirumah
Agung Sutrisno
Bila kita ingin menjaga kesehatan jantung, kita harus sesuaikan dengan jenis olahraga yang akan kita lakuin
Adam Gilang Fadhillah
Oke siap