Sambil Ngabuburit, Mending Bersihin Alat Camping Yuk, Bro!

Bulan puasa nggak melulu harus malas-malasan. Malah baiknya ada aktivitas yang dikerjakan supaya waktu tak terasa menuju adzan Magrib. 

Sambil Ngabuburit, Mending Bersihin Alat Camping Yuk, Bro!

Tak perlu aktivitas yang berat-berat, sekadar bebenah kamar juga bisa kok. Kalau lo seorang pecinta alam, coba deh cek lagi peralatan camping yang mojok di sudut kamar. 

Nggak ada salah lho ngabuburit dengan kegiatan bersih-bersih alat camping. Coba ingat-ingat lagi kapan terakhir dibenahi dan dicuci. Jadi, setelah bulan puasa dan pandemi Corona ini selesai, peralatan camping sudah siap lagi digunakan.

Sleeping Bag Wajib Dibersihkan

Sambil Ngabuburit, Mending Bersihin Alat Camping Yuk, Bro!

Buat camping atau naik gunung, sleeping bag salah satu item yang bisa dibilang sering banget lolos buat dicuci. dari pembersihan karena dianggap tidak terlalu kotor. sleeping bag kalau cuma disimpan tanpa dicuci akan bau apek, berjamur dan rusak. Paling nggak, sleeping bag harus dalam keadaan kering dan bersih kondisinya. 

Cara bersihinnya juga nggak bisa asal-asalan ya bro. Kalau jenis bahannya polar biasa, maka bisa direndam dengan detergen. Rendam sekitar 20-30 menit baru dicuci pakai tangan. Kemudian dijemur di bawah terik matahari sehingga akan cepat kering.

Tapi kalau sleeping bag berbahan polar dan parasit yang anti-air, hindari penggunaan detergen. Baiknya pakai shampo atau sabun bayi. Rendam selama kurang lebih 30 menit, lalu kucek dengan tangan. Bisa juga menggunakan sikat gigi bekas untuk menyikat, jangan terlalu keras supaya material anti-airnya nggak rusak. Cara mengeringkannya juga jangan dipelintir, langsung aja ya bro diangin-anginkan dan jangan terpapar sinar matahari langsung.

Jangan Telantarkan Alat Masak

Sambil Ngabuburit, Mending Bersihin Alat Camping Yuk, Bro!

Perlu diingat ya bro, meski kebanyakan kompos didesain dengan material yang anti-karat, tapi kalau disimpan terlalu, bisa juga cepat rusak dan karatan. Makanya, sebisa mungkin kompor buat kegiatan outdoor lo diperhatiin juga. Cara bersihinnya gampang kok, tinggal mengelap bagian permukaan kompor dengan tisu basah, lalu ulangi dengan tisu kering. 

Nah biar nggak gampang karatan, semprot atau oleskan cairan anti-karat. Kalau nggak ada, bisa juga manfaatin cairan pelumas. Tapi harus hati-hati saat menyemprot atau mengoles cairan, jangan sampai malah mengenai bagian pemantik api yang bisa bikin kompor rusak.

Nasting juga harus sering-sering dibersihkan setelah mendaki. Cara membersihkannya mudah banget, seperti mencuci alat makan pada umumnya, hanya saja lo harus hindari penggunaan spons kasar yang akan merusak permukaan nasting. Bagian luar nesting bisa digosok dengan kain microfiber atau spons pencuci piring biasa. Sebelum dikemas lagi, pastikan nasting dalam kondisi benar-benar kering.

Flysheet dan Matras Jangan Terlewat 

Sambil Ngabuburit, Mending Bersihin Alat Camping Yuk, Bro!

Buat para pecinta alam pasti sudah nggak asing lagi sama yang namanya flysheet. Iya, alat ini adalah pelindung tenda dom yang dipasang di bagian luar. Umumnya, kain ini terpisah dari tenda. Gunanya untuk melindungi tenda ketika hujan agar air tidak langsung meresap ke bagian tenda.

Cara membersihkannya cuma dengan disiram air bersih. Gosok flysheet dengan sikat lembut atau spons. Kalau sudah tinggal bilas dengan air bersih, lalu biarkan flysheet terkena angin sampai benar-benar kering baru kemudian dilipat dan simpan.

Terakhir yang nggak boleh luput dari agenda bersih-bersih ini adalah matras. Matras digunakan sebagai alas duduk dan alas tidur selama pendakian.

Kalau matras tidak terlalu kotor, lo perlu menyiramnya dengan air saja untuk membersihkannya. Kalau matras terkena tanah dan nggak bisa hilang hanya dengan disiram air, baru deh disikat sampai bersih. 

Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
agung
tq info ya
Yumna Aditya Prakoso
siyap selalu gan
Adam Gilang Fadhillah
Carrier kok gaada nih
Dewandaru Krisna Wisnu
Bener jg nih..
Agung Sutrisno
Meski gak dipakai, harus tetap dirawat dan rutin dibersihkan biar awet
Agus Sungkawa
Ngabuburit yang bermanfaat
wildan
mantap infonya keren
Fajar Satritama
Bener juga broo.. thx info
Bahar
Mantapppp