Ini Lho Bro Bedanya Scuba Diving Sama Freediving

Sama-sama menyelam di lautan untuk menjelajahi keindahan bawah laut, kegiatan scuba diving dan freediving ini memang memberikan pengalaman yang luar biasa. Tapi, sudah tahu belum apa bedanya kedua olahraga ekstrem ini? Simak penjelasannya berikut ini, bro!

Ini Lho Bro Bedanya Scuba Diving Sama Freediving

Nggak perlu diragukan lagi bagi para pencinta olahraga bahari, Indonesia memang memiliki banyak spot diving yang kaya akan keindahan bawah lautnya. Para pencinta selam pun nggak akan pernah kehabisan spot untuk memuaskan hasratnya dalam berpetualang di bawah laut. Bahkan, terdapat ratusan spot kelas dunia yang ada di Indonesia, bro.

Mau melakukan scuba diving dan freediving pun bisa banget, bro. Prinsip dari kedua olahraga ini pun sama, keselamatan yang jadi prioritas paling utama. Scuba diving dan freediving hanya boleh dilakukan bagi yang memiliki pengetahuan, keahlian, dan juga sertifikat valid.

Namun, sudahkah lo mengetahui sebenarnya apa ya bedanya scuba diving dan freediving itu? Penjelasan berikut ini wajib untuk disimak!

Scuba Diving

Ini Lho Bro Bedanya Scuba Diving Sama Freediving

Seperti yang sudah diketahui, scuba diving merupakan kegiatan menyelam dengan menggunakan alat bantu pernafasan, menggunakan udara dari tabung udara. SCUBA sendiri merupakan singkatan dari Self Contain Underwater Breathing Apparatus yang dirancang oleh Jacques Cousteau, dimana udara yang digunakan untuk menyelam adalah udara normal yang dikompresi. Isinya memang bukan oksigen murni, tapi kurang lebih 79% nitrogen dan 21% oksigen.

Dengan tabung udara yang dibawa ini, penyelam dapat bebas beraktivitas di dalam air. Bahkan, bisa dengan bebas menjelajahi bawah laut lebih dalam dan lebih lama. Tapi perlu juga diperhatikan perhitungan keamanannya ya, bro.

Scuba diving memang memerlukan alat lebih banyak dibandingkan freediving dan snorkeling. Untuk bisa melakukan scuba diving pun diperlukan lisensi atau sertifikat, karena nggak bisa dilakukan secara sembarangan. Penyelam juga harus memahami prinsip keamanan, resiko bahaya dan cara menghadapinya, serta memahami alat-alat yang digunakan.

Pastikan lo mendapatkan sertifikat selam dari lembaga dan instruktur yang berkualitas. Saat melakukan penyelaman, pilih operator selam yang berkualitas dengan pemandu berpengetahuan dan berpengalaman. Jangan lupa periksa alat apakah berfungsi dengan baik atau tidak ya, bro!

Freediving

Ini Lho Bro Bedanya Scuba Diving Sama Freediving

Freediving juga menjadi aktivitas yang berkembang cukup pesat di Indonesia selain scuba diving. Spot untuk freedive pun banyak tersebar luas di Indonesia. Alat-alat yang diperlukan pun sangat mudah didapatkan di berbagai toko, bro.

Sayangnya, waktu menyelam freediving ini memang sangat terbatas, bergantung pada kemampuan mengatur nafas dari penyelam itu sendiri. Aktivitas freediving ini biasanya dilakukan oleh nelayan pencari ikan di sungai, danau, maupun di laut.

Kegiatan menyelam dengan menahan nafas selama beberapa waktu di bawah permukaan air ini dilakukan tanpa alat bantu pernapasan, berbeda dengan scuba diving yang menggunakan tabung udara sebagai alat bantu pernafasan. Freediving dilakukan murni hanya mengandalkan udara yang terdapat di paru-paru saja. Maka dari itu, dibutuhkan kemampuan khusus dalam menahan nafas yang baik dan benar.

Sama halnya dengan scuba diving, untuk melakukan freediving lo juga harus memiliki sertifikat atau lisensi. Seorang freediver pun harus bisa mengkalkulasi waktu dan kedalaman dengan baik, karena keamanan merupakan faktor utama yang wajib diperhatikan.

Walaupun sama-sama menyelam, peralatan yang digunakan oleh para scuba diver dan freediver ternyata berbeda. Mask atau kacamata yang digunakan untuk freediving lebih ramping dan volumenya lebih kecil. Fin yang dipakai juga lebih panjang daripada fin pada umumnya. Selain itu, freediver juga harus mengenakan wetsuit yang menyesuaikan bentuk tubuh. Biasanya produk ini dibuat khusus dengan tangan (handmade) lho, bro.

Sekarang sudah tahu dong apa bedanya scuba diving dan freediving, bro? Lo lebih tertarik mencoba yang mana, nih? Tapi, jangan lupa perhatikan keselamatan dan keamanan dalam menyelam ya, bro!

 

Source: pesona.travel 
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

6 COMMENTS

SHARE
dephy
ternyata seperti itu bedanya
Yumna Aditya Prakoso
ga bisa dua"nya gan
Yuniarto ( Tato )
Beda yah..........
Muhammad arifudin
Nice info
Agus Sungkawa
Mantap informasinya.menambah pengetahuan
Firgiawan
Wuhhh Sangat Indah