Berjumpa Satwa Liar Sekaligus Wisata Sejarah di Tanzania. Berani Bro?

Bosan traveling ke wilayah Asia? Atau mungkin lo orang yang mempunyai jiwa petualang dan haus akan petualangan terbaru? Lo wajib cobain traveling ke Tanzania, bro. Tepatnya ke area konservasi Ngorongoro. Di sini lo bakal melihat kawah vulkanik yang sangat unik serta berbagai macam satwa liar yang asyik wara-wiri di sekitar lo.

Berjumpa Satwa Liar Sekaligus Wisata Sejarah di Tanzania. Berani Bro?

Area konservasi Ngorongoro ini kawasan yang dilindungi dan juga merupakan bagian dari Situs Warisan Dunia, bro. Letaknya sekitar 110 mil atau sekitar 180 km dari Arusha ke arah barat, atau tepatnya di wilayah Dataran Tinggi Kawah Tanzania. Kawasan konservasi ini dikelola oleh Otoritas Area Konservasi Ngorongoro, bagian dari pemerintah Tanzania, dan batas-batasnya mengikuti batas regional Ngorongoro Wilayah Arusha.

Sejarah Area Konservasi Ngorongoro

Berjumpa Satwa Liar Sekaligus Wisata Sejarah di Tanzania. Berani Bro?

Pada awalnya wilayah area konservasi ini menjadi satu dalam wilayah Taman nasional Serengeti, bro. Namun, peraturan ini menyebabkan konflik dengan suku setempat, yaitu suku Maasai.

Lalu dibentuklah Otoritas Area Konservasi Ngorongoro dibentuk oleh Hukum Taman Wisata pada tahun 1976 dan membentuk wilayah Kawasan Konservasi Ngorongoro, yang mencakup kawah Ngorongoro.

Tahun 1979, wilayah konservasi ini mendapat predikat Situs Warisan Dunia dari Unesco, karena kekayaan alamnya yang sangat langka dan wajib dijaga bersama, bro. Tanah di kawasan konservasi ini bersifat multi guna dan sangat unik, karena menjadi satu-satunya kawasan konservasi di Tanzania yang melindungi satwa liar sekaligus jadi tempat yang ditinggali manusia. Namun, penggunaan lahan di sini diawasi dengan ketat untuk mencegah efek negatif pada populasi satwa liar.

Salah Satu Kaldera Terbesar di Dunia

Berjumpa Satwa Liar Sekaligus Wisata Sejarah di Tanzania. Berani Bro?

Ternyata tempat yang dijadikan kawasan konservasi ini merupakan sebuah kaldera gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi, bro. Kaldera ini menjadi salah satu yang terbesar di dunia dengan panjang yang membentuk mangkuk spektakuler sekitar 265 kilometer persegi tanpa terputus dan dengan kedalaman sisinya bisa mencapai kurang lebih 600 meter.

Begitu sampai ke tempat ini pasti lo akan takjub karena keindahan bentangan kalderanya dan nuansa alam yang sangat mempesona. Namun, untuk memasuki kawasan ini, lo harus menaiki kendaraan roda empat. lalu menuruni dinding kawah terjal yang sangat membuat jantung berdegup kencang, bro. Dari sudut pandang yang sangat tinggi ini lo bisa melihat bentuk-bentuk kecil binatang yang berjalan di sekitar jauh di dalam kawasan kaldera.

Kekayaan Budaya dan Keragaman Satwa

Salah satu alasan penting di balik terbentuknya Kawasan Konservasi Ngorongoro yaitu untuk melestarikan lingkungan dan menyediakan tempat bagi orang-orang suku Maasai yang dialihkan dari kawasan Taman Nasional Serengeti.

Pada dasarnya suku ini merupakan suku nomaden yang suka berpindah-pindah tempat tinggal, mereka membangun desa-desa sementara, dengan rumah bundar yang akrab disebut bomas.

Di kawasan konservasi Ngorongoro lo juga bisa melihat badak hitam Afrika yang terancam punah. Selain itu, lo juga bisa saja bertemu dengan leopard dan singa-singa kulit hitam yang eksotik.

Masih banyak hewan liar lainnya yang bakal menemani perjalanan safari lo di sini, seperti  Gajah, Banteng Afrika Zebra, Jerapah, Warthog, Hyena, Impala, dan tentunya Wildebeest yang mendominasi di kawasan ini.

Berada di kawasan ini pasti bakal bikin lo mager beranjak pulang. Tempat dimana lo bisa merasa damai dengan alam sekitar dan menikmati keberagaman suku serta kekayaan satwa ciptaan Yang Maha Kuasa. Semoga tempat ini bisa menjadi referensi liburan lo selanjutnya dan jadi motivasi untuk bisa menjelajahi tempat-tempat baru. Tetap semangat, bro!

 

Referensi : https://en.wikipedia.org/wiki/Ngorongoro_Conservation_Area
https://www.tanzaniatourism.go.tz/en/destination/ngorongoro-crater
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
Yumna Aditya Prakoso
pingin ke sana gan
Yuniarto ( Tato )
Ngeri2 Sedap nih
dephy
sangat menarik untuk dikunjungi
Kristian Mustafa
Serasa seperti Tarzan kalo lagi disana.
Agus Sungkawa
Tanzania Yg sangat terkenal
ditra nugraha
brani klo diajakin
Fajar Satritama
Meni ingiiinn atuh