Gua Hukurila, Spot Cave Diving yang Menantang, Bro!

Berenang di kolam renang atau di laut mungkin sudah menjadi satu hal yang mainstream  bagi pencinta olahraga extreme. Mungkin lo ingin mencoba aktivitas extreme yang beda dari biasanya? Lo berarti harus cobain cave diving, bro.

Gua Hukurila, Spot Cave Diving yang Menantang, Bro!

Beberapa pencinta olahraga extreme pasti sudah nggak asing lagi dengan cave diving. Olahraga extreme ini bukan hal baru di Indonesia. Terlebih Indonesia di anugerahi lautan yang luas dengan gua yang indah di kedalamannya. Gua di kedalaman laut tentu saja menarik untuk dijelajahi, salah satunya gua Hukurila di Kecamatan Leitimur Selatan, Ambon, Provinsi Maluku.

Lingkungan yang sangat terjaga membuat gua ini terasa sangat spesial dan beda dari gua bawah laut lainnya. Sederet kekayaan bawah lautnya pasti akan membuat lo betah berlama-lama di kedalamannya. Sulitnya medan juga menjadi tantangan yang tak terpisahkan saat menjelajahi Gua Hukurila.

Keindahan Sejak Sebelum Memasuki Pintu Gua

Gua Hukurila, Spot Cave Diving yang Menantang, Bro!

Image source: youtube.com/Devvy Yondy Rusty_Sloan112

Kalau lo pernah mampir ke surga bawah laut ini, pasti ketika mendengar namanya langsung teringat dengan segala keindahannya. Teruntuk para pecinta cave diving yang belum sempat menjelajahi Gua Hukurila, lo wajib pake banget kesini, bro.

Pasalnya, lo akan disuguhi terumbu karang yang berwarna-warni sejak pertama kali memandang keindahan bawah lautnya. Tempatnya yang sangat jarang terjamah manusia membuat lingkungan laut Hukurila masih sangat asri dan sangat terjaga.

Gua bawah laut ini memiliki beberapa pintu masuk serta sejumlah tumpukan batu yang terbilang cukup besar. Salah satu pintu masuk ke gua ini ada yang berbentuk celah sempit dengan lebar sekitar dua hingga tiga meter saja.

Pintu masuk dengan celah bebatuan yang sempit ini akan memberikan kesan menantang yang membuat jantung berdegup kencang sehingga bakal memberikan sensasi tersendiri. Namun, ketika berhasil melewatinya, lo akan disuguhi keindahan gua bawah laut yang sangat menakjubkan, bro.

Ragam Biota Bawah Laut

Gua Hukurila, Spot Cave Diving yang Menantang, Bro!

Image source: youtube.com/Devvy Yondy Rusty_Sloan112

Dunia bawah laut Hukurila memang terbilang cukup kaya terlihat dari berbagai jenis terumbu karang yang hidup di bawah lautnya. Salah satu yang paling banyak ditemui adalah terumbu karang jenis Acropora. Jenis terumbu karang ini banyak hidup di kedalaman tiga hingga 15 meter.

Di Gua Bawah Laut Hukurila lo bisa menyelam hingga kedalaman 20 meter, bro. Lo bakal dibuat takjub dengan berbagai macam biota laut yang sangat langka. 'Penduduk' laut yang wara-wiri, seperti Lion fish, Schooling fish, ikan Nemo ditambah dengan hamparan soft coral pasti bakal membuat lo betah berlama-lama di gua ini.

Selain pintu gua masuk berupa celah sempit yang berukuran sekitar dua sampai tiga meter, Gua Hukurila juga mempunyai dua buah lubang kecil lainnya, jadi lo nggak perlu khawatir tersesat saat menjelajahi kedalaman gua. Yang paling penting jangan berpisah terlalu jauh dengan cave guide lo, bro.

Waktu Cave Diving Terbaik dan Cara Menuju Hukurila

Kalau lo berniat untuk menjelajahi Gua Bawah Laut Hukurila, disarankan datang sekitar bulan November hingga Bulan Desember. Karena pada waktu tersebut gelombang air laut lebih tenang dari biasanya, sehingga lebih aman dan nyaman untuk beraktivitas di kedalaman lautnya.

Ada dua jalur darat yang bisa lo tempuh untuk mencapai tempat ini. Kalau lo dari pusat kota Ambon, lo bisa melalui  rute Batu Meja jaraknya sekitar 18 km dan melewati daerah pegunungan yang sejuk. Sedangkan, jika lo ingin sedikit memutar, lo bisa melalui jalur Batu Gong, Passo, dengan jarak sekitar 31 km dari pusat kota Ambon. Lo bisa masukan keywords 'Pantai Hukurila' pada aplikasi peta di telepon pintar, untuk memastikan jalan agar tidak tersesat.

 

Referensi : wisato.id
airport.id
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
arief
Keren sumpah, mantappp
wildan
Makasih infonya
ditra nugraha
keren bener gan
Hilman rusdiyanto
Manntaabb
Ricko Pratama Putra
Luar Biasa Pemandangannya
Panjul nikilos
Kekayaan dasar laut kita yang beraneka ragam yang memukau
Firgiawan
Sangat Menakjubkan
Cecep Jajang
Bawah laut memang gak ada dua nya
Rival S.  Janurl
Hidup indonesiaaaaaaa
Amirul Bahri
Mantaaap tuh pemandangannya min