Eisriesenwelt, Gua Es Terbesar yang Nggak Pernah Cair Walau di Musim Panas

Menjelajahi gua berbatu dengan stalakmit dan stalaktit yang terbentuk selama ratusan atau bahkan hingga jutaan tahun di Indonesia mungkin sudah menjadi hal yang nggak asing bagi para petualang. Namun, di Austria lo bisa menikmati keindahan gua yang megah dan diselimuti es yang membeku dengan sangat mengagumkan. Gua alami yang indah ini disebut-sebut sebagai salah satu gua es terbesar di Dunia lho, bro.

Eisriesenwelt, Gua Es Terbesar yang Nggak Pernah Cair Walau di Musim Panas

Eisriesenwelt merupakan gua batu kapur yang dibungkus es alami dengan sangat apik. Letaknya di Werfen, Austria, tepatnya kurang lebih sekitar 24,9 mil atau sekitar 40 kilometer arah selatan kota Salzburg, salah satu kota besar di Austria. Terletak di bagian Gunung Hochkogel di bagian Tennengebirge Pegunungan Alpen, Gua Eisriesenwelt menjadi salah satu gua es terbesar di dunia dan membentang lebih dari 26 mil atau lebih dari 41 kilometer, bro. Nggak heran, kalau tempat ini menerima sekitar 200.000 wisatawan di setiap tahunnya.

Terbentuk Alami Selama Jutaan Tahun

Eisriesenwelt, Gua Es Terbesar yang Nggak Pernah Cair Walau di Musim Panas

Eisriesenwelt sendiri diambil dari bahasa Jerman yang berarti "Dunia Es Raksasa". Gua Eisriesenwelt tercipta secara alami akibat aliran sungai Salzach yang mengalir dan mengikis lorong-lorong megah tersebut selama hampir 100 juta tahun lalu, bro. Pada musim dingin, ketika udara di dalam gunung tersebut lebih hangat daripada udara luar yang diguyur hujan salju, aliran udara dingin bergerak ke dalam gua. Tak disangka, udara dingin yang masuk ke dalam gua sangatlah dingin, hingga mencapai titik beku.

Sampai pada musim semi, air dari pencairan salju di lapisan luar atas gua merembes masuk melalui celah-celah bebatuan. Saat masuk mencapai dalam gua yang mempunyai suhu lebih rendah dan lebih dingin, air tersebut membeku dan perlahan berubah membentuk es yang sangat menakjubkan di dalam gua.

Tetap Membeku di Musim Panas

Eisriesenwelt, Gua Es Terbesar yang Nggak Pernah Cair Walau di Musim Panas

Image source: werfenweng.eu

Walaupun gua ini memiliki panjang lebih dari 41 km, para wisatawan hanya diizinkan menjelajahi satu kilometer di mulut gua. Pasalnya, hanya bagian ini yang diselimuti es dan lebih aman untuk dijelajahi. Konon, bagian dalam gua yang lainnya berupa batu kapur alami dan sangat beresiko jika dijelajahi lebih jauh.

Uniknya, es di gua ini tetap terjaga walaupun musim dingin berakhir lho, bro. Karena ketika musim dingin, angin dingin bertiup ke dalam gua dan membekukan air di dalam gua. Sedangkan, pada musim panas, angin dingin dari dalam gua bertiup keluar karena tekanan udara di dalam gua, sehingga membuat lapisan es dalam gua tetap terjaga. Bentuknya pun tetap menakjubkan dan bakal membuat lo betah berlama-lama di tempat ini, bro.

Dijamin, saat mengunjungi gua ini lo akan dibuat jatuh cinta pada pandangan pertama, bro. Sebab, saat melewati pintu masuknya yang megah dengan lebar sekitar 20 meter dan tinggi 18 meter, pasti akan membuat lo semakin antusias menjelajahi salah satu gua es terbesar di dunia ini. Saat pertama kali menjejakan kaki di dalam gua, lo akan melihat stalaktit dan stalakmit es yang terukir alami dan berkilau dengan sangat menakjubkan.

Menjelajahi Gua Es Eisriesenwelt

Saat ini sudah banyak yang menyediakan jasa tur untuk menjelajah ke dalam gua ini sambil mendengarkan sejarah dari gua tersebut. Sebelum masuk, biasanya penyedia jasa tur akan memberikan senter untuk penerangan di dalam gua. Setelah itu, lo akan diajak berpetualang menjelajahi setiap jengkal gua es yang sangat megah dan fenomenal ini.

Pertama-tama biasanya lo akan diajak melihat Poselt Hall, yaitu bongkahan es yang menjulang seperti menara. Ada juga Great Ice Embankment, menara es yang lebih tinggi dari sebelumnya, yaitu dengan ketinggian hingga sekitar 22 meter, bro. Satu spot lagi yang nggak boleh ketinggalan saat lo mengunjungi Gua Eisriesenwelt, yaitu Hymir's Castle. Mempunyai nama lain Ice Organ, lekukan es di sini terlihat sangat rumit dan unik. Lampu magnesium warna-warni bakal menambah syahdu tempat ini dan membuat lo betah berada di sini.

Jam buka gua Eisriesenwelt umumnya mulai dari 09.00 pagi hingga 16.30 sore waktu setempat. Tetap patuhi aturan yang ada di dalam gua ya, bro. Pasalnya, di dalam gua ini lo nggak bisa sembarangan memotret.

 

Referensi: travel.detik.com
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
arief
Luar biasa, keajaiban yg nyata
Agus Sungkawa
Amazing banget
dephy
karya Tuhan Yang Maha Agung
ditra nugraha
keren banget
Dewandaru Krisna Wisnu
Klo Liburan ksna jngn lupa bawa sirup gaes ????
Fajar Satritama
Mantaaaaaaap ini si. Next time laaah beres corona
Agung Sutrisno
Keindahan gua yang megah dan diselimuti es di Austria