Mobil Offroad Otonom dari Audi yang Siap Melibas Trek Ganas

Pernah berangan-angan melihat mobil yang tangguh mampu melibas trek-trek yang mengerikan tanpa supir? Yap, sebentar lagi angan-angan lo itu bakal jadi kenyataan. Pasalnya, di dunia ini sudah ada konsep kendaraan offroad otonom atau sistem mengemudi otomatis. Salah satunya Audi AI:Trail yang di launching pada gelaran Frankfurt Motor Show 2019 silam.

Mobil Offroad Otonom dari Audi yang Siap Melibas Trek Ganas

Kemajuan teknologi di zaman yang serba maju kini mulai merambah dunia otomotif lho, bro. Teknologi otonom pada awalnya memang dirancang untuk memudahkan manusia mengemudi di jalan raya. Seiring berjalannya waktu, teknologi tersebut pun mulai diterapkan pada mobil offroad untuk berbagai keperluan.

Teknologi otonom pada mobil offroad bisa berfungsi untuk kebutuhan hiburan dan kemanusiaan. Sebab, seringkali di daerah terdampak bencana alam hanya bisa di lintasi oleh kendaraan yang tangguh akibat rusaknya akses jalan satu-satunya. Teknologi mobil offroad otonom diharapkan bisa memudahkan aktivitas tersebut agar lebih efektif dan optimal.

Audi tak ingin ketinggalan untuk berinovasi di zaman yang serba maju ini. Terobosan yang satu ini pun sangat ciamik, karena mampu menembus batas yang jarang sekali terpikirkan sebelumnya. Meskipun belum pernah mengeluarkan mobil offroad sebelumnya, Audi tetap optimis pada konsep kendaraan offroad roda empat otonomnya tersebut.

Dilengkapi Empat Penggerak Motor Listrik

Mobil Offroad Otonom dari Audi yang Siap Melibas Trek Ganas

Image source: audi-mediacenter.com

Hadir dengan tampilan yang terlihat kuat dan tangguh, Audi AI Trail di gadang-gadang merupakan konsep mobil offroad masa depan yang bisa untuk diajak bersenang-senang sekaligus untuk menolong sesama. Ban anti bocor dengan tapak yang gacor, terlihat siap berkolaborasi dengan empat penggerak motor listrik untuk melibas rintangan offroad yang menantang.

Dilansir laman okezone, empat buah motor listrik dengan tenaga potensial sebesar 429 Hp yang bertambah secara bertahap bakal siap menggerakan kendaraan offroad masa depan ini. Untuk bagian torsi puncaknya bisa mencapai hingga angka 1.000 Nm, bro. Terbilang mumpuni untuk melibas jalanan offroad yang terkenal extreme kan?

Menggunakan Drone untuk Sistem Penerangan

Mobil Offroad Otonom dari Audi yang Siap Melibas Trek Ganas

Image source: audi-mediacenter.com

Mobil ini juga menggunakan konsep teknologi kendaraan otonom Level 3 hingga Level 4, bro. Dilengkapi dengan kemampuan pengenalan permukaan serta situasi dan kondisi jalan dalam menyesuaikan mode kemudi otomatis. Sumber tenaga baterai mobil ini diklaim mampu menjelajah sampai sekitar 500 kilometer, bro.

Satu lagi yang paling menarik dari mobil offroad otonom ini, apalagi kalau bukan teknologi lampu penerangannya yang menggunakan drone. Sekilas pertama melihat mobil ini tampak aneh memang, karena tak terlihat lampu penerangan pada bagian depannya. Namun, ini lah sisi paling menarik Audi AI:Trail.

Yap, untuk penerangan mobil offroad masa depan ini dilengkapi dengan lima drone yang siap mengudara dan menerangi sekitar Audi AI:Trail yang diberi nama Audi Light. Obyek terbang tersebut akan otomatis mengikuti mobil atau sesuai arahan orang yang mengendalikannya. Audi Light sendiri memiliki lampu LED yang sangat cerah, untuk menerangi jalanan offroad yang terkenal sangat extreme. Audi Light juga bisa difungsikan sebagai 'tim survey' untuk mempelajari jalanan atau medan yang belum pernah dilalui sebelumnya.

Kabin Sangat Lega dan Unik

Mobil Offroad Otonom dari Audi yang Siap Melibas Trek Ganas

Image source: audi-mediacenter.com

Pada bagian dalam, mobil ini terasa sangat lega, karena sedikit sekali panel dan tombol yang ada pada bagian dalam mobil ini. Audi AI:Trail mengandalkan aplikasi ponsel pengendara untuk menampilkan panel informasi selama perjalanan dan mengontrol banyak hal di mobil ini.

Kabin yang sangat luas pastinya bakal membuat siapa saja yang berada di dalamnya merasa sangat nyaman. Menariknya, dengan konfigurasi bangku 2+2, penumpang di bagian belakang bisa merasakan suasana bersantai seperti di dalam hammock. Yap, bangku di bagian belakang Audi AI:Trail didesain khusus untuk para petualang agar bisa merasakan sensasi bersandar di dalam hammock.

 

Referensi : otomotif.okezone.com
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Yumna Aditya Prakoso
keren mobilnya
agung
tq info ya
ditra nugraha
canggih banget
Yuniarto ( Tato )
hebat bener ni audi
SRI YAYA ASTUTI
BENAR-BENAR MOBIL OFFROAD YANG SANGAT KEREN
Fajar Satritama
Nice info
Agung Sutrisno
Salah satu kemajuan teknologi yang merambah dunia otomotif
Ldr_Lstyd
Keren banget
Firgiawan
Canggih Bener