Colosseum Punya Banyak Rahasia yang Harus Lo Ketahui, Bro!

Sebelum berkunjung ke suatu destinasi, hal yang biasanya dilakukan adalah mencari tahu informasi mengenai tempat tersebut. Tapi, pernah terpikir nggak bagaimana rahasia dibalik tempat itu? Colosseum ternyata punya banyak rahasia yang harus diketahui nih, bro. Simak ulasan berikut ini!

Colosseum Punya Banyak Rahasia yang Harus Lo Ketahui, Bro!

Beberapa Negara di dunia sekarang ini memang sedang berjuang untuk memberantas virus COVID-19 yang sudah menjangkit banyak sekali masyarakat di dunia. Termasuk Negara Italia yang merupakan Negara ke 3 dengan jumlah kasus terbanyak di dunia. Hal ini tentunya membuat kota-kota di Italia terpaksa harus menerapkan sistem lockdown.

Dampaknya, seluruh destinasi wisata yang ada di Negara ini pun harus ditutup dan nggak boleh ada satupun yang melakukan kegiatan di luar rumah. Salah satunya adalah destinasi Colosseum yang paling terkenal di kota Roma. Sekarang penampakan Colosseum terlihat sangat sepi tanpa ada seorang pun yang mengisi.

Colosseum sendiri merupakan sebuah peninggalan bersejarah berupa arena gladiator yang dibangun oleh Vespasian. Bangunan berbentuk elips ini ternyata mempunyai nama asli Flavian Amphitheater, bro. Bangunan ini didirikan oleh Walikota Vespasian pada masa Domitianus dan diselesaikan oleh anaknya Titus pada tahun 80 M, dan menjadi salah satu karya terbesar dari arsitektur Kerajaan Romawi yang pernah dibangun.

Kalau pandemi ini sudah berakhir di seluruh Negara termasuk Italia, mungkin lo tertarik untuk traveling kesana, bro? Nah, sebelum berkunjung ke Colosseum, ada baiknya lo mengetahui beberapa rahasia dibalik bangunan ini. Berikut ini penjelasannya, bro!

Dinding yang Dulunya Berwarna Cerah

Colosseum Punya Banyak Rahasia yang Harus Lo Ketahui, Bro!

Dulunya, dinding pada lorong Colosseum dicat dengan warna terang, seperti merah, biru muda, hijau, dan hitam. Beberapa arkeolog juga percaya bahwa dinding bagian luar dari stadium juga dicat dengan warna serupa. Tapi sayangnya, kurang dari 1 persen permukaan yang dicat masih tersisa. Itu semua berubah, seiring arkeolog memulai proyek pembersihan dan restorasi.

Grafiti Dulunya Sebuah Tradisi

Colosseum Punya Banyak Rahasia yang Harus Lo Ketahui, Bro!

Lukisan bukan satu-satunya “hiasan” pada dinding Colosseum. Tapi, Gladiator dan para penggemar mereka juga suka mencoret-coret grafiti di seluruh dinding. Selain itu, batuan dari Colosseum digunakan untuk bangunan lain. Gereja Katolik menggunakan bangunan Colosseum sebagai tempat penggalian. Jadi, batuan dari tempat ini diambil untuk membangun katedral St. Peter, St. John Latern, dan Palazzo Venezia.

Pernah Ada Pesta Besar

Colosseum Punya Banyak Rahasia yang Harus Lo Ketahui, Bro!

Pada tahun 80 M, ketika bangunan Colosseum akhirnya selesai, Titus yang merupakan anak dari Walikota Vespasian, membuat sebuah pesta peresmian dan pembukaan yang besar. Perayaan ini pun dilakukan dengan pertandingan yang dilaksanakan selama 100 hari berturut-turut, setidaknya sekitar 9000 hewan buas telah terbunuh pada saat itu.

Colosseum Pernah Dipenuhi dengan Air

Ternyata pesta pembukaan sebelumnya bukanlah satu-satunya. Titus juga sempat membuat pertempuran laut di dalam Colosseum, membanjiri lantai arena dengan beberapa meter air sehingga kapal juga bisa berperang.

Bekerja atau Mendatangi Pertandingan Bisa Sangat Berisiko

Ketika ada seseorang yang mengganggu pertunjukan, seseorang yang berwenang dalam pertandingan nggak akan segan-segan mengirim petugas untuk bertarung dan memerintahkan sekelompok penonton untuk dilemparkan ke arena.

Tiket Gratis untuk Setiap Pertandingan

Tiket ke sebagian besar acara yang diadakan di Colosseum dulunya gratis. Sebagian besar masyarakat yang hadir akan dihibur dengan berbagai pertandingan Gladiator dan makanan gratis yang akan dihujankan dari langit.

Penonton Diberlakukan Secara Berbeda

Penonton akan memasuki Colosseum melalui pintu bernomor yang masih bisa dilihat sampai hari ini. Pintu masuk diberi nomor I hingga LXXVI (1-76) dan memiliki pembagi marmer dan besi untuk memisahkan penonton yang hadir berdasarkan kelasnya.

Pelindung Arena dari Teriknya Matahari

Pada saat musim panas, matahari bisa sangat terik dan panas di kota Roma. Untuk melindungi penonton dari panasnya matahari, Colosseum pun dilengkapi dengan velarium atau tenda yang dapat ditarik dan memberikan keteduhan. Terkadang, sparsiones, kabut pendingin beraroma balsam atau kunyit juga disemprotkan ke kerumunan penonton.

Sebelum mengunjungi suatu tempat, memang ada baiknya untuk mencari informasi lebih lanjut mengenai tempat yang akan dituju. Nah, beberapa rahasia dibalik bangunan Colosseum di atas bisa membantu lo menambah informasi sebelum berkunjung ke tempat bersejarah tersebut, bro!

 

Source: travelandleisure.com
Urban Places Beginner Extreme solo traveling

6 COMMENTS

SHARE
agung
tq info ya
SRI YAYA ASTUTI
semoga covid segera berakhir dan kembali normal.
Yumna Aditya Prakoso
baru tau saya
ditra nugraha
cerita yg menarik
Yuniarto ( Tato )
Wow menakjubkan Sekaligus mengerikan kalo di bayangkan
Agus Sungkawa
Colosseum merupakan sebuah peninggalan bersejarah berupa arena gladiator yang dibangun oleh Vespasian.