Oasis Huacachina, Keajaiban Alam di Tengah Gurun Peru

Pemukiman kecil yang hijau dengan laguna menyegarkan di tengah hamparan padang pasir yang gersang tampaknya sangat berisiko untuk dijelajahi. Tapi, oasis yang satu ini menawarkan akses yang sangat mudah dijangkau dan tempat yang sangat menyegarkan, bro.

Oasis Huacachina, Keajaiban Alam di Tengah Gurun Peru

Pada umumnya oasis terletak jauh di pedalaman gurun pasir yang gersang dan sangat sulit untuk dijangkau. Hal tersebut tentu saja membuat para traveler berpikir dua kali untuk menjelajahinya. Eits, tapi ada satu oasis di Peru, Amerika Selatan yang dekat dengan kota besar dan sangat mudah di akses lho, bro.

Dilansir dari laman merdeka, Huacachina merupakan sebuah pemukiman yang terletak di Barat Daya Peru dan berjarak hanya sekitar delapan kilometer dari Distrik Ica. Jika biasanya oasis terletak di tengah pedalaman gurun pasir yang sangat gersang, tempat ini justru bisa ditempuh hanya dalam waktu satu jam berkendara dari pantai Pasifik, bro.

Pemukiman yang sangat indah ini berupa oasis yang memiliki laguna menyegarkan dan dikelilingi oleh bukit pasir yang menjulang tinggi. Bukan hanya sekadar indah, Huacachina juga menawarkan berbagai macam kegiatan wisata yang tentu saja sangat mengasyikan. Berikut informasi selengkapnya.

Cerita Legenda Oasis Huacachina

Oasis Huacachina, Keajaiban Alam di Tengah Gurun Peru

Layaknya tempat-tempat di Nusantara, Huacachina juga memiliki mitos masyarakat setempat terkait asal-usul tempat ini lho, bro. Dilansir laman culture trip, beberapa masyarakat lokal Huacachina meyakini bahwa oasis dan laguna yang mereka tinggali berasal dari cerita seorang gadis yang berubah menjadi putri duyung.

Menurut legenda, sosok gadis muda bernama Huacay China jatuh cinta dan menjalin hubungan istimewa dengan seorang pejuang yang gagah perkasa. Hingga kemudian Huacay China mendengar berita kematiannya dan mulai menangisi seseorang yang sangat dicintainya.

Suatu waktu, dia pergi ke tempat dimana mereka biasa berjumpa melepas rindu. Ketika melihat cermin, Huacay sangat terkejut lantaran melihat sosok kekasihnya nampak pada cermin tersebut.

Dia ketakutan dan mulai berlari sekencang-kencangnya. Tanpa sadar, dia menjatuhkan cermin yang digenggamnya. Konon, cermin lantas berubah menjadi laguna yang menyejukan seperti sekarang ini. Sementara itu, Huacay menjelma menjadi putri duyung dan mendiami laguna tersebut.

Menjelajahi Gurun Pasir dengan Dune Buggy

Oasis Huacachina, Keajaiban Alam di Tengah Gurun Peru

Terlepas dari mitos kearifan lokal masyarakat setempat tersebut, oasis Huacachina memang jadi tempat wisata yang sangat sempurna untuk orang-orang dengan jiwa petualang. Padang pasir di sekitar oasis ini membentang luas dan menantang siapapun yang ingin menjelajahinya. Salah satu yang menarik, tempat ini menawarkan aktivitas menjelajahi padang pasir yang luas dengan menggunakan Dune Buggy.

Dune Buggy merupakan mobil aksi yang sangat unik, biasanya digunakan pada trek berpasir seperti pantai dan gurun. Lo bisa menjajal mobil unik di tempat yang menarik ini dengan harga sewa sekitar $50 USD per jam. Ada juga beberapa travel agent yang menawarkan Dune Buggy ke dalam paket wisatanya.

Beratraksi di Bukit Berpasir dengan Sandboarding

Oasis Huacachina, Keajaiban Alam di Tengah Gurun Peru

Para pecinta olahraga extreme juga bisa menyalurkan di tempat yang sangat menantang ini. Tumpukan pasir yang cukup tinggi bisa juga dijadikan sebagai tempat untuk berselancar pasir atau sandboarding lho, bro. Bukit-bukit pasir yang sangat luas dan terlihat curam, nampaknya sangat ideal untuk dijadikan arena menguji adrenalin para pecinta sandboarding.

Sekilas berselancar di bukit berpasir yang curam memang nampak mudah. Namun, kalau lo belum mahir atau baru pertama kali memainkan sandboarding, disarankan jangan mencoba bukit yang terlalu tinggi.

Pasalnya, bukit pasir yang tinggi juga akan menghasilkan laju yang cukup tinggi juga, bro. Sehingga bisa membahayakan pengguna yang belum mahir mengendalikan sandboarding. Tetap utamakan keselamatan ya, bro.

Menyaksikan matahari terbenam di Huacachina juga menjadi seperti ritual wajib bagi para wisatawan disini. Biasanya, para traveler mengunjungi bukit pasir di sekitar oasis yang menakjubkan ini, sambil bersiap dengan kamera pribadinya masing-masing. Tertarik mengunjungi lebih dekat?

 

Referensi :www.merdeka.com theculturetrip.com www.huacachina.com
Urban Places Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
agung
tq info ya
dephy
Layaknya tempat-tempat di Nusantara, Huacachina juga memiliki mitos atau legenda yang ada di masyarakat setempat terkait asal-usul tempat tersebut.
ditra nugraha
semoga bisa jalan2 kesana
Yumna Aditya Prakoso
keren banget agn
Ldr_Lstyd
Mantap slur
Agus Sungkawa
Satu kata...MENAKJUBKAN
Fajar Satritama
Beres corona langsung cussss
Yuniarto ( Tato )
luar biasa
Agung Sutrisno
Biasanya oasis terletak jauh di pedalaman tapi oasis di Peru ini dekat dengan kota besar
Firgiawan
Kaya di film film