Bedanya Helm Supermoto, Motocross dan Full Face Biasa, Jangan Tertukar Ya!

Helm sudah menjadi salah satu komponen terpenting yang harus ada saat mengendarai sepeda motor. Tidak kenal jarak dekat atau jauh, sebagai safety item, helm harus selalu menempel di kepala untuk tindakan preventif menghindari hal yang tidak diinginkan di jalan. 

Bedanya Helm Supermoto, Motocross dan Full Face Biasa, Jangan Tertukar Ya!

Jenis-jenis helm diperjualbelikan untuk para pengendara kuda besi. Bahkan, tiap jenis motor ada helm khusus yang paling tepat untuk digunakan. Sebagai contohnya, pengendara supermoto dan motocross memiliki desain dan fitur yang beda. Sehingga ada kekhususan bagi penggunanya.

Dari poin di atas sudah cukup jelas, helm bukan sekadar untuk gaya semata. Tapi juga memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing sesuai kondisi, kebutuhan, dan jenis motornya. Yuk simak bro perbedaan helm supermoto, motocross dan helm full face biasa.

Helm Supermoto

Bedanya Helm Supermoto, Motocross dan Full Face Biasa, Jangan Tertukar Ya!

Image source: blibli.com

Secara tampilan, helm supermoto memiliki desain dengan tambahan visor. FUngsinya sebagai pelindung mata. Adapun cakil alias bagian menonjol yang berada tepat di bagian mulut yang ukurannya lebih pendek dibanding helm motocross.

Helm supermoto lebih cocok dipakai secara umum, dalam artian cocok dengan jenis motor apa saja. Ibarat kata, helm supermoto layaknya helm full face biasa. Tapi yang perlu lo ingat, helm supermoto tidak dirancang untuk kecepatan tinggi. Terus apa kelebihannya?

Bagian menonjol di bagian mulut didesain untuk memberikan redaman maksimal dibanding helm dengan tipe full face biasa. Helm supermoto juga lebih praktis. Kekurangannya, helm ini bukan untuk bikers yang hobi dengan kecepatan. 

Helm ini tidak aerodinamis. Hood alias canopy untuk melindungi dari sinar matahari menjadi penghambat aliran angin. Jika dalam kecepatan tinggi, kondisi tersebut akan mengganggu dan membahayakan pengendara. 

Supermoto moto juga helmnya lebih berat di atas rata-rata. Bobot itulah yang kadang membuat para bikers jadi lebih cepat kelelahan. Oh iya satu lagi bro, efek fish eye atau cembung pada visibilitasnya juga menjadi hal minus. Efek kaca fisheye bisa membuat pusing jika yang belum terbiasa.

Helm Motocross

Bedanya Helm Supermoto, Motocross dan Full Face Biasa, Jangan Tertukar Ya!

Helm supermoto dan helm motocross pada dasarnya sama, yang paling menonjol seperti yang sudah dipaparkan di atas, supermoto memiliki visor, sementara motocross tidak. Pelindung mata pada helm motocross diganti menjadi kacamata goggle. 

Keunggulannya, karena bagian moncongnya lebih panjang ketimbang helm supermoto, maka pengguna helm motocross lebih leluasa saat bernapas karena adanya rongga di bagian mulut yang lebih luas. Helm ini dirancang untuk kegiatan adventure. Karena besarnya energi yang dikeluarkan, maka semakin banyak pula oksigen yang dibutuhkan sang pengendara.

Jika melihat bagian atas helmnya, ada yang namanya Pet helm di mana itu adalah desain seperti topi di bagian atas helm. Fungsinya melindungi kepala dari terpaan sinar matahari. Selain itu juga untuk melindungi cipratan tanah dari sirkuit berlumpur di arena balap.

Helm Full Face Biasa

Bedanya Helm Supermoto, Motocross dan Full Face Biasa, Jangan Tertukar Ya!

Image source: bukalapak.com

Helm full face biasa digunakan untuk riding berat, seperti touring atau melakukan perjalanan jarak jauh (antar kota) dan berkendara di tengah cuaca buruk.

Selain untuk berkendara berat, helm full face pun kerap digunakan untuk balapan atau berkendara dalam kecepatan tinggi. Hal ini disebabkan karena helm ini cukup bisa diandalkan untuk melindungi wajah dari terpaan angin yang bisa mengaburkan konsentrasi para pembalap.

 

Source: https://sportku.com/read/22624/beda-helm-supermoto-dan-motocross
Gear Beginner Extreme solo traveling

5 COMMENTS

SHARE
nugraha
thanks infonya
dephy
KITA MEMANG HARUS TAU SESUAI FUNGSINYA
Hilman rusdiyanto
Thanks info
Firgiawan
Keren banget
Agus Sungkawa
Helem2 yang sesui pungsinya.