Banana Pancake Trail, Rute Seru untuk Backpacker di Asia

Melakukan perjalanan keliling Asia Tenggara atau berbagai Negara di Asia lainnya mungkin sudah sering dilakukan ya, bro. Tapi ada cara seru buat menikmati perjalanan ke Asia ini, lho. Buat para backpacker, ini ada rute seru yang harus lo ketahui, bro!

Banana Pancake Trail, Rute Seru untuk Backpacker di Asia

Backpacking dengan menentukan sendiri rute perjalanan yang akan dilalui memang nggak mudah. Apalagi dengan banyaknya pilihan destinasi perjalanan menarik yang mau dijajal.

Buat lo para backpackers yang mau menjajal destinasi perjalanan di kawasan Asia Tenggara, lo harus banget mencoba rute “Banana Pancake Trail” yang memungkinkan lo untuk menjelajahi beberapa kota di sejumlah Negara tersebut. Nah, sebenarnya apa ya Banana Pancake Trail ini? Berikut ini penjelasannya, bro!

Apa Itu Banana Pancake Trail?

Banana Pancake Trail, Rute Seru untuk Backpacker di Asia

Istilah unik ini sebenarnya nggak merujuk pada rute tertentu. Namun, Banana Pancake Trail ini memang cukup terkenal di kalangan backpackers yang memiliki budget minimal dan melakukan perjalanan dalam jangka waktu yang panjang. Awalnya jalur ini menjadi alternative bagi para backpackers yang ingin “keluar” dari jalur perjalanan yang didesain untuk para turis pada umumnya.

Bisa dibilang jalur ini memang anti mainstream ya, bro. Tapi, kini saking populernya banyak penduduk lokal juga yang mengakomodasi para backpackers yang berbujet minim tersebut. Nggak heran kalau lo mau mengikuti rute ini, lo bisa dengan mudah menemukan akomodasi, makanan, dan transportasi yang sangat ramah di kantong lho, bro.

Sebutan banana pancake sendiri disinyalir karena banyaknya guesthouse maupun pedagang kaki lima yang menyajikan banana pancake kepada para backpackers. Unik banget ya pemilihan namanya, bro!

Destinasi yang Masuk ke Dalam Banana Pancake Trail

Banana Pancake Trail, Rute Seru untuk Backpacker di Asia

Destinasi utama yang masuk ke dalam jalur ini adalah Thailand, Laos, Vietnam, dan Kamboja. Buat para traveler yang mempunyai waktu lebih panjang, bisa juga memperpanjang perjalanan ke Malaysia, Filipina, dan Indonesia. Bahkan China, India, dan Nepal juga bisa masuk ke dalam rute ini, bro.

Tiap Negara-negara tersebut memang mempunyai destinasi-destinasi yang menarik. Meskipun begitu, setidaknya destinasi yang masuk ke dalam rute ini juga nggak kalah menarik, seperti:

Thailand: Khao San Road di Bangkok, Chiang Mai, Kanchanaburi, Ko Tao, Railay di Krabi, Koh Phi Phi, Koh Lipe, Koh Chang, Koh PhaNgan untuk Full Moon Party, dan Pai.

Kamboja: Siem Reap, Sihanoukville, dan Phnom Penh, Battambang, dan Kampot.

Laos: Vientiane, Vang Vieng, Nong Khiaw, Bolaven Plateau, Si Phan Don, dan Luang Prabang (naik kapal menyusuri sungai selama dua hari).

Vietnam: Ho Chi Minh City, Dalat, Mui Ne, Nha Trang, Hoi An, Hue, Hanoi, Halong Bay, dan Sa Pa.

Malaysia: Penang, Pulau Perhentian, Melaka, Kuala Lumpur, Cameron Highlands, dan Borneo.

Indonesia: Bali, Gili, Nusa Penida, Lombok, Yogyakarta, dan Gunung Bromo.

Filipina: Boracay, Banaue, Sagada, El Nido, Siargao.

India: Goa, Pushkar, Varanasi, Jaisalmer, Jaipur, Kerala, dan Dharamkot.

China: Yunan, Lijiang, dan Xi’an.

Nepal: Pokhara, Kathmandu, dan Puncak Everest.

Myanmar: Yangon, Bagan, Danau Inle, Hpa-An, dan Pyin Oo Lwin.

Bisa Menentukan Jalur Sendiri

Walaupun namanya “trail”, sebenarnya jalur ini juga nggak harus sesuai aturan. Lo pun bisa menentukan jalur sendiri sesuai dengan kemampuan. Bahkan, kemungkinan destinasi yang masuk ke dalam Banana Pancake Trail ini juga bisa bertambah karena seiring besarnya jumlah backpackers yang melakukan perjalanan panjang tersebut.

Meskipun semakin populer, nggak sedikit juga orang yang mengkritik keberadaan jalur ini karena dianggap telah keluar dari ide awalnya. Salah satu alasannya adalah dengan semakin banyaknya backpackers yang dianggap mengikis budaya asli. Jadi, jika awalnya jalur ini dapat menjadi pilihan saat mereka ingin melihat “kehidupan nyata” sebuah tempat, sekarang hal tersebut nggak bisa lagi didapatkan.

Ternyata nggak bisa dipungkiri kalau Banana Pancake Trail ini juga ikut membantu perekonomian warga setempat lho, bro. Bisa jadi inspirasi jalan-jalan mengelilingi Asia Tenggara nih, bro!

 

Source: review.bukalapak.com
Urban Places Beginner Extreme solo traveling

6 COMMENTS

SHARE
Adam Gilang Fadhillah
Mantap banget, sayang ada beberapa tempat terkenal yang ga masuk list ????????
ditra nugraha
boelh jga tuh
Agung Sutrisno
Rute “Banana Pancake Trail” yang memungkinkan kita untuk menjelajahi beberapa kota di sejumlah Negara
Hilman rusdiyanto
Mantabbb
Ricko Pratama Putra
Nice Infonya
Firgiawan
Wihhh keren