Teknik yang Harus Lo Kuasai Kalau Mau Main Kitesurfing!

Berselancar sambil memegang layang-layang besar di pantai yang indah memang bakal memberikan sensasinya tersendiri. Namun, mengendalikan angin yang liar sambil mengatur laju papan surfing pasti tidak semudah yang dibayangkan. Semua atraksi tersebut tentu saja membutuhkan tips dan teknik khusus yang harus dipelajari sebelumnya. Simak beberapa tips dan teknik berikut ini, agar lo bisa mencoba berselancar dengan layang-layang raksasa di pantai yang indah, bro.

Teknik yang Harus Lo Kuasai Kalau Mau Main Kitesurfing!

Sudah pernah melihat orang yang bermain papan selancar sambil mengendalikan layang-layang raksasa, bro? Kitesurfing memang belum terlalu populer di Indonesia. Terlebih tidak semua pantai bisa mendukung aktivitas olahraga extreme yang satu ini.

Kitesurfing atau selancar layang merupakan olahraga extreme hasil kolaborasi dari berbagai jenis olahraga air, seperti surfing atau berselancar, gimnastik, paragliding, dan berbagai jenis olahraga lainnya. Media utamanya tentu saja papan selancar khusus kitesurfing dan layang-layang raksasa yang bakal membawa lo terbang, bro.

Terbang meliuk-liuk di permukaan ombak raksasa hingga melayang beberapa detik di udara sudah menjadi hal biasa bagi para kitesurfer. Namun, kalau lo baru ingin mencoba olahraga extreme ini sebaiknya pelajari tips dan teknik dasarnya terlebih dahulu, bro. Berikut ini beberapa tips dan teknik dasar kitesurfing yang wajib lo pahami.

Menemukan Ombak yang Ideal

Teknik yang Harus Lo Kuasai Kalau Mau Main Kitesurfing!

Olahraga ini memang membutuhkan dua hal penting yang nggak bisa disediakan oleh manusia. Ombak pantai yang menantang sekaligus angin yang mendukung adalah hal mutlak yang wajib ada untuk olahraga kitesurfing ini. Kedua elemen penting ini tentu saja sangat berpengaruh besar bagi performa lo ketika menjalani olahraga extreme ini, bro.

Beberapa pantai di Indonesia seperti di Bali, Banyuwangi, Lombok, Mentawai hingga Aceh dinilai sangat cocok untuk olahraga kitesurfing. Pasalnya, beberapa pantai di wilayah tersebut mempunyai ketinggian ombak sekitar satu sampai dua kaki atau minimal setinggi dada orang dewasa. Ketinggian tersebut biasanya menjadi ketinggian yang ideal untuk digunakan pemula sebagai media berlatih kitesurfing.

Belajar Paddle Out

Teknik yang Harus Lo Kuasai Kalau Mau Main Kitesurfing!

Anak surfing pasti sudah nggak asing dengan teknik yang satu ini. Yap, teknik ini dikenal juga dengan teknik dasar mendayung. Kalau lo baru ingin mencoba kitesurfing pelajari dulu teknik paddle out yang baik dan benar, bro.

Pertama, lo bisa meletakan papan selancar ketika kedalaman air sudah mencapai pinggang. Setelah itu, lo bisa mulai naik ke atas papan dengan merebahkan seluruh bagian tubuh lo. Cari posisi terbaik saat berada di atas papan kitesurfing dan mulailah mendayung dengan tenaga maksimal agar tetap seimbang ketika dihantam ombak.

Menguasai Duck Diving

Teknik yang Harus Lo Kuasai Kalau Mau Main Kitesurfing!

Pernah liat bebek berenang, bro? Nah, kurang lebih seperti itu teknik dasar kitesurfing yang satu ini. Teknik Duck Diving atau dalam Bahasa Indonesia lebih dikenal dengan sebutan gaya bebek merupakan teknik yang bisa lo lakukan untuk menyimpan atau menghemat energi lo, bro. Teknik paddling yang dilakukan terus menerus pasti bakal menguras stamina atau energi lo, bro. Terlebih lagi jika banyak ombak yang menerjang tubuh lo.

Jika sudah mulai merasa lelah tetapi hasrat ingin bermain kitesurfing masih membara, maka tidak ada salahnya mencoba teknik Duck Diving. Teknik ini bisa membuat lo lewat bawah ombak ketika mengayuh ke tengah laut. Jadi tubuh lo nggak akan terkena hantaman gelombang ombak yang ganas, bro.

Harus Bisa Popping Up

Teknik ini juga wajib lo kuasai setelah teknik paddle out tadi, bro. Popping up merupakan teknik menggerakkan kaki dengan cepat dan tepat agar lo bisa berdiri dengan nyaman dan seimbang di atas papan kitesurfing. Kalau lo sudah mahir menguasai teknik ini, pasti lo bakal bisa menguasai teknik kitesurfing lainnya deh, bro. Pasalnya, olahraga kitesurfing ini hanya bisa dilakukan jika kedua kaki lo bisa berdiri di atas papan selancar dengan baik dan seimbang.

Itu dia beberapa tips dan teknik yang harus lo pelajari sebelum mencoba kitesurfing. Semoga bisa memacu rasa antusias lo terhadap olahraga extreme yang satu ini ya, bro. Tetap semangat dan pantang menyerah!

 

Referensi : www.ikiteboarding.com
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
agung
tq info ya
Yuniarto ( Tato )
Mantap nih
Kristian Mustafa
Good info.
Adam Gilang Fadhillah
Sayangnya main skateboard aja belum bisa nih ????
ditra nugraha
teknik tinggi
Ricko Pratama Putra
Gileeee.. Mantabss...
Firgiawan
Seru Banget