Yang Perlu Lo Persiapkan Kalau Habis Corona Mau Road Trip di Italia!

Punya rencana keliling Negara Italia ala road trip? Setelah pandemi Corona, ide wisata menarik ini bisa lo jadikan pilihan, bro. Tapi, ada juga beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelumnya. Simak ulasannya berikut ini!

Yang Perlu Lo Persiapkan Kalau Habis Corona Mau Road Trip di Italia!

Negara Italia memang sedang berjuang melawan virus COVID-19, sama seperti negara-negara lainnya yang juga memerangi penyebaran virus mematikan ini. Tapi, dibalik musibah ini, mungkin semua orang akan setuju bagaimana indahnya negara Italia dengan segudang destinasi wisata menawan.

Selain kereta, berkendara dengan motor, mobil, atau sepeda di Italia memang sangat mengasyikkan. Apalagi kalau berkendara sendiri ke berbagai destinasi menarik, pasti akan lebih seru dan menambah pengalaman baru.

Sebelum lo road trip keliling Italia, ada baiknya untuk memperhatikan sejumlah persiapan selain mempunyai SIM Internasional dan asuransi perjalanan. Berikut ini yang perlu lo persiapkan, bro!

Mobil Kecil

Yang Perlu Lo Persiapkan Kalau Habis Corona Mau Road Trip di Italia!

Kalau mau berkeliling menggunakan mobil, usahakan untuk nggak menyewa mobil yang berukuran besar ya, bro. Sewalah mobil yang nggak lebih besar dari ukuran mobil Fiat. Hal ini dikarenakan banyak jalanan di Italia yang kecil dan sempit, sehingga susah untuk dilalui mobil berukuran besar.

Situs penyewaan mobil seperti rentalcars.com bisa lo kunjungi untuk memilih jenis mobil yang tepat, bro. Perlu diingat juga bahwa harga bensin di Italia cukup mahal. Jadi ada untungnya juga kalau menyewa mobil ukuran kecil dibanding yang besar saat mau road trip di sini.

Kemas Barang Secukupnya

Yang Perlu Lo Persiapkan Kalau Habis Corona Mau Road Trip di Italia!

Saat melakukan road trip, usahakan untuk nggak membawa terlalu banyak barang. Hal ini dilakukan supaya mobil yang sudah berukuran kecil nggak terasa sesak, apalagi jika berencana membawa pulang oleh-oleh.

Jangan juga meninggalkan barang-barang yang bisa terlihat dari kaca mobil saat parkir. Bahkan barang seperti jaket sekalipun. Oleh karena itu, jangan terlalu banyak membawa barang saat road trip, sehingga nggak perlu bingung menyimpannya ketika harus ditinggalkan.

Bayar Tol

Yang Perlu Lo Persiapkan Kalau Habis Corona Mau Road Trip di Italia!

Perlu diperhatikan bahwa ada sejumlah ruas jalan tol di Italia yang berbayar. Jangan lupa untuk mempersiapkan kartu pembayaran elektronik dan uang tunai. Kalau perlu, sebelum melakukan road trip, lo sudah mencatat ruas jalan tol mana saja yang akan dilalui beserta tarif yang dikenakan.

Tempat Parkir

Yang Perlu Lo Persiapkan Kalau Habis Corona Mau Road Trip di Italia!

Karena jalanan di Italia banyak yang kecil dan sempit, jarang sekali untuk menemukan tempat parkir yang besar. Sama seperti jalan tol, lo perlu juga mencatat keberadaan tempat parkir di destinasi tujuan, bro. Caranya juga gampang banget, cukup ketik ‘parking’ di Google Maps untuk mengetahui keberadaan tempat parkir sesuai destinasi tujuan. Pastikan juga tempat penginapan yang dituju memiliki tempat parkir yang memadai.

Tuscany

Yang Perlu Lo Persiapkan Kalau Habis Corona Mau Road Trip di Italia!

Selama perjalanan road trip, lo pasti akan melihat banyak kebun anggur yang membuka pintu untuk dikunjungi para turis. Namun, ada juga kebun anggur yang memiliki sistem pemesanan tempat di awal, sehingga nggak bisa sembarang dikunjungi tanpa mendaftar sebelumnya.

Tapi, nggak perlu khawatir, di Tuscany banyak kebun anggur yang lebih bebas dalam hal kunjungan turis. Jadi, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mampir ke kebun anggur tersebut. Ingat bro, jangan sampai mabuk wine saat berkendara, karena berbahaya dan hukumannya berat.

Siap-siap Berargumen

Berkendara di negara orang memang diperlukan adaptasi terlebih dulu, jadi jangan kaget kalau pengemudi di Italia ini bisa dibilang nekat. Mereka nggak peduli soal kecepatan kendaraan atau parkir. Sebelum lo kesal dan marah-marah setiap saat, lebih baik perbanyak sabar saat berkendara di negara ini ya, bro.

Batas Kecepatan

Walaupun terkesan suka ngebut, namun pengendara di Italia tetap mematuhi batas kecepatan yang ditetapkan. Pasalnya, ada kamera tilang polisi yang siap menangkap para tukang ngebut. Nggak terkecuali pengendara mobil sewaan. Harus tetap berhati-hati ya, bro!

Nah, melakukan road trip keliling Italia bisa menjadi perjalanan impian yang bisa lo realisasikan setelah pandemi berakhir. Jangan lupa untuk selalu mengutamakan keselamatan saat berkendara ya, bro!

 

Source: cnnindonesia.com
Tips Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Fajar Satritama
Thx bro info nya sangat bermanfaat. Semoga bisa kesana, menikmati suasana kebun anggur dan olahan anggur nya juga bro..
agung
tq info ya
dephy
persiapkan semua
Yuniarto ( Tato )
perlu di perhatikan juga
Cecep Jajang
Info bagus min
Kristian Mustafa
Nice Info.
Adam Gilang Fadhillah
Mantapppppp
nugraha
makasih infonya gan
Agus Sungkawa
Nice information