Lo Pencinta Kopi? Ini Waktu yang Pas untuk Menikmatinya, Bro!

Selama ini, minum kopi selalu identik dengan suasana pagi hari. Memulai hari dengan minum secangkir kopi dipercaya bisa membuat rutinitas harian jadi lebih bersemangat. Tapi, minum kopi juga ada waktunya, bro. Kapan saja waktu yang tepat untuk minum kopi? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Lo Pencinta Kopi? Ini Waktu yang Pas untuk Menikmatinya, Bro!

Buat lo yang memang sudah adiksi dengan kopi, pasti nggak bisa lepas dari minuman ini sehari saja. Melakukan aktivitas sehari-hari pun akan terasa ada yang kurang, atau tubuh merasa lemas karena belum ngopi. Rutinitas yang membutuhkan konsentrasi tinggi seperti bekerja pun bisa lebih mudah kalau sudah mendapatkan suntikan kafein sebelumnya.

Minum kopi juga perlu dilakukan pada waktu yang tepat. Meski mayoritas orang meminum kopi di pagi hari, ternyata jika dilihat dari sisi medis, minum kopi di pagi hari justru nggak bagus untuk metabolisme tubuh, bro. Nah, kira-kira kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsi kopi?

Morning Coffee Bisa Ganggu Toleransi Tubuh

Lo Pencinta Kopi? Ini Waktu yang Pas untuk Menikmatinya, Bro!

Mengonsumsi kopi sebaiknya pada saat produksi hormon kortisol rendah, sedangkan pagi hari biasanya hormone ini berada pada puncaknya. Nah, hormon kortisol atau yang biasa disebut hormon stres ini berperan dalam meningkatkan kewaspadaan. Fungsi lainnya, bisa membantu mengubah cadangan energy menjadi gula supaya mudah dimanfaatkan tubuh sebagai bahan bakar.

Fungsi tersebut mirip dengan yang akan didapatkan ketika mengonsumsi kafein. Itulah sebabnya jika tingginya kortisol bertabrakan dengan kafein, akan ada fungsi ganda antara kafein dan kortisol. Sehingga, manfaat dari kopi itu sendiri jadi nggak efektif.

Pertengahan Pagi (09.30 – 11.30)

Lo Pencinta Kopi? Ini Waktu yang Pas untuk Menikmatinya, Bro!

Secara umum, ada tiga waktu saat hormone kortisol mencapai puncaknya. Yakni sekitar pukul 08.00 – 09.00; pukul 12.00 – 13.00; dan terakhir pada pukul 18.00 – 19.00.

Maka dari itu, ada baiknya nggak minum kopi langsung setelah bangun tidur ya, bro. Biasanya pukul 09.30 – 11.30 menjadi waktu di mana kadar kortisol dalam tubuh menurun. Saat inilah kafein akan bekerja maksimal dengan membangkitkan rasa “awas” yang sudah mulai kendor. Sebaiknya sesi minum kopi berakhir sebelum jam makan siang dan maksimal pukul 14.00.

Sebelum Olahraga

Lo Pencinta Kopi? Ini Waktu yang Pas untuk Menikmatinya, Bro!

Minum kopi sebelum berolahraga ternyata juga punya manfaat bagus, bro. Efeknya, tubuh jadi bisa mengangkat beban lebih berat atau berlari lebih cepat. Pengaruh dari kopi sendiri juga bisa meningkatkan performa dan energi, karena cepat diserap oleh aliran darah.

Sebaiknya, konsumsi kopi minimal 30 menit sebelum memulai olahraga untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Studi menunjukkan bahwa kafein bisa meningkatkan metabolisme hingga 3-11 persen, ini bisa membantu dalam membakar lemak, bro.

Hindari Minum Kopi di Malam Hari

Perlu diketahui bahwa efek kafein dalam tubuh bisa bertahan hingga 6 jam lamanya. Untuk itu, disarankan untuk berhenti mengonsumsi kopi di sore hari supaya nggak mengganggu kualitas tidur. Tiap orang mempunyai toleransi yang berbeda terhadap kafein, jadi sebaiknya waktu terakhir untuk minum kopi adalah pukul 14.00 ya, bro.

Buat para pencinta kopi yang rutin minum setiap hari, sudah nggak perlu bingung kapan waktu yang tepat untuk bisa menikmati minuman berkafein ini. Pastikan mengonsumsinya dalam takaran yang pas dan nggak berlebihan ya, bro!

 

Source: www.idntimes.com
Tips Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
Firgiawan
Sangat Pas Banget
Hengky  kik
ketika orak kita perlu inspirasi
SRI YAYA ASTUTI
efek kafein dalam tubuh bisa bertahan hingga 6 jam lamanya. Untuk itu, disarankan untuk berhenti mengonsumsi kopi di sore hari supaya nggak mengganggu kualitas tidur.
Yuniarto ( Tato )
Kopiku Kopi Hitam
Hilman rusdiyanto
Mantabbb
ditra nugraha
jadi pengen ngopi
Ricko Pratama Putra
Nice Info
Agus Sungkawa
Kopi mantap
Fajar Satritama
Ngops adalah kewajiban