Tetap Jaga Lingkungan Hidup, Selamat Hari Keanekaragaman Hayati, Bro!

Tepat hari ini tanggal 22 Mei 2020 dunia merayakan Hari Keanekaragaman Hayati. Peringatan ini memang belum begitu familiar di telinga khalayak umum, tapi harus terus diserukan.

Tetap Jaga Lingkungan Hidup, Selamat Hari Keanekaragaman Hayati, Bro!

Apa sih Hari Keanekaragaman Hayati? Buat lo yang belum tahu, perayaan ini merupakan salah satu hari lingkungan hidup yang bertujuan untuk menumbuhkembangkan kecintaan seluruh penduduk bumi terhadap keanekaragaman hayati atau biodiversitas (biodiversity). The International Day for Biological Diversity diperingati setiap tanggal 22 Mei.

Jadi, bisa dibilang perayaan ini lebih tepat dimaknai dengan merefleksi kesadaran soal lingkungan hidup. Apa sih yang sudah dilakukan untuk menyelamatkan keanekaragaman hayati? Bagaimana cara kita mensyukuri keanekaragaman hayati? 

Sebagai informasi ya bro, Indonesia telah dinobatkan sebagai negara megabiodiversity dan merupakan negara dengan keanekaragaman hayati tertinggi di dunia, melampaui Brazil dan Kongo. Indonesia sebagai salah satu negara megabiodiversity di dunia dikaruniai Keanekaragaman hayati serta tingkat endemisme atau tingkat keunikan ekologi, dan organisme dalam struktur geografi yang sangat tinggi. Di mana hal itu dapat dijadikan salah satu modal dasar pembangunan yang berkelanjutan.

Kepala Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Nuramaliati Prijono kepada Siaran Luar Negeri RRI Voice Of Indonesia pernah mengatakan, Indonesia merupakan negara yang paling siap menghadapi krisis perubahan iklim global saat ini, karena memiliki sumber daya hayati yang bervariasi.

Penelitian pernah menyebutkan, sejak tahun 1990-an, tercatat di Indonesia ada sebanyak 173 spesies tumbuhan, 22 spesies mamalia, 88 spesies burung, 12 spesies amfibi, 38 spesies reptil, dan 75 spesies kupu-kupu. Data itu bisa sewaktu-waktu berubah.

Asal Usul Hari Keanekaragaman Hayati

Tetap Jaga Lingkungan Hidup, Selamat Hari Keanekaragaman Hayati, Bro!

Dalam sejarahnya, Hari Internasional Keanekaragaman Hayati ini pertama kali diperingati pada tanggal 29 Desember 1993. Tanggal itu ditetapkan berdasarkan putusan Komite Kedua Majelis Umum PBB tahun 1993.

Jadi awalnya, pada tanggal 22 Mei 1992 menjadi momen pengesahan Teks Kesepakatan Keanekaragaman (Nairobi Final Act of the Conference for the Adoption of the Agreed Text of the Convention on Biological Diversity).

Pertemuan di Nairobi, yang berlangsung pada tanggal 11-22 Mei 1992 dan merupakan pertemuan terakhir sebelum pelaksanaan United Nations Conference on Environment and Development (3-14 Juni 1992) yang menghasilkan UN Convention on Biological Diversity (Konvensi Keanekaragaman Hayati).

Hari Internasional untuk Keanekaragaman Hayati baru kemudian diperingati pertama kali pada tanggal 29 Desember 1993 berdasarkan penetapan Komite Kedua Majelis Umum PBB pada tahun 1993.

Penetapan tanggal 29 Desember sebagai Hari Keanekaragaman Sedunia bertepatan dengan pelaksanaan Konvensi Tentang Keanekaragaman Hayati (COP- Convention on Biological Diversity).

Seiring berjalannya waktu, tepatnya tujuh tahun kemudian pada Desember 2000, United Nations Environment Programme atau UNEP, suatu badan dunia di bawah PBB untuk pengelolaan lingkungan hidup global menetapkan tanggal 22 Mei sebagai Hari Keanekaragaman Hayati Dunia. Salah satu faktor perubahan tanggal perayaan yakni 29 Desember bertepatan dengan liburan akhir tahun.

Peringatan Hari Keanekaragaman Hayati kemudian dimulai sejak berlakunya Konvensi Keanekaragaman Hayati pada tahun 2003. Indonesia termasuk sepuluh negara pertama yang menandatangani Konvensi tersebut.

Keanekaragaman Hayati Terbesar di Dunia

Tetap Jaga Lingkungan Hidup, Selamat Hari Keanekaragaman Hayati, Bro!

Keanekaragaman hayati wilayah darat dan laut Indonesia tercatat terbesar di dunia. Untuk daratan saja, Indonesia nomor mengungguli Brazil dan Hong Kong. Tapi kalau diakumulasi antara lautan dan daratan, maka Indonesia yang terbesar keanekaragaman hayatinya.

Keanekaragaman hayati Indonesia masing-masing setiap jenisnya mencapai 5% dari keanekaragaman hayati dunia. Bahkan, ada yang di atas 10% berada di Tanah Air.

 

Source: https://lipi.go.id/berita/indonesia-negara-mega-biodiversity-di-dunia-/5181 / https://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/19/05/26/ps3pwu366-keanekaragaman-hayati-indonesia-terbesar-di-dunia
Trending Beginner Extreme solo traveling

14 COMMENTS

SHARE
ditra nugraha
info yg bermanfaat
dephy
selalu jaga lingkungan hidup untuk menjaga ekosistem
Ricko Pratama Putra
Nice Bro..
Yumna Aditya Prakoso
semoga alam semakin baik.. hmm
Fajar Satritama
Yuk jaga alam dan hewan yang ada di negara kita Indonesia
Yuniarto ( Tato )
Mantap broooooo
Hilman rusdiyanto
Mantabbbb
Ldr_Lstyd
Nice info gan
Cecep Jajang
Berwisata di alam itu sungguh asik
Agus Sungkawa
Keanekaragaman hayati hrus kita jaga