Pernah Berpikir untuk Punya Vespa Ekstrem Nggak, Bro?

Lima orang pemuda dengan pakaian hitam-hitam, rambut pirang, dan kemeja flanel melipir ke trotoar. Motor sespan yang dibawanya mendadak mogok. Tunggangannya 'ngadat' karena ada masalah pada CDI atau sistem pengapian. 

Pernah Berpikir untuk Punya Vespa Ekstrem Nggak, Bro?

Situasinya sudah larut malam. Beberapa orang dari mereka sibuk utak-atik mesin supaya bisa jalan lagi. Sementara lainnya asyik menggenjreng gitar yang dibawa. Nggak lupa, kopi hitam di cangkir plastik jadi pelipur lara sembari menunggu motor sembuh.

Pemuda ini hendak touring menuju Jakarta, namun motor gagal jalan di Payakumbuh, Sumatera Barat karena masalah pengapian. Awalnya juga, mereka konvoi dengan tiga unit motor. Tapi satu motor lagi jebol dan 'diungsikan' ke dalam salah satu motor. 

Motor yang Nyentrik 

Pernah Berpikir untuk Punya Vespa Ekstrem Nggak, Bro?

Image source: vice.com

Pasti lo langsung bertanya-tanya kok bisa motor dimasukkan ke dalam motor juga. Kisah yang dituturkan di atas merupakan sepenggal suka duka para penghobi vespa gembel. Itu lho, motor vespa yang dimodifikasi ekstrem dengan bentuk yang lumayan nyentrik. Saking ekstremnya, buat awam malah justru kelihatan seperti motor rongsok yang nggak layak pakai. 

Kalau pernah lihat di jalan, komunitas vespa ini biasa memodifikasi dengan tampilan yang nggak lumrah. Perintilan yang ditempel ke motor mulai dari dedaunan, plastik, hingga barang-barang aneh semua dijadikan aksesoris supaya motor kelihatan anti-mainstream.

Balik ke cerita di atas, jadi motor yang sudah rusak lebih dulu itu disimpan di vespa yang dimodif dengan batang atau ranting, ditambah dedaunan. Alhasil bentukannya seperti 'kotak daun' berjalan.

Dalam perjalanan touring-nya, biasanya mereka bermalam di tempat pengisian bahan bakar. Tujuannya, supaya bisa melakukan bersih-bersih di toilet umum sebelum melanjutkan perjalanan antar kota atau bahkan antar provinsi. 

Nggak cuma itu, mereka juga jaga jarak dengan penegak hukum di jalanan, dalam hal ini polisi lalu lintas. Nggak sedikit para pecinta vespa gembel berurusan dengan di jalan. Modifikasi motor yang terlihat bobrok kerap menjadi incaran polisi untuk ditindak.  

Tapi terlepas dari itu, komunitas vespa gembel ini masih bertahan. Bagi para pencintanya, meski dari tampilan kelihatan rongsok, namun mereka juga dikenal kompak di jalanan. 

Proses Modifikasi

Modifikasi vespa sespan bergaya rongsok ini nggak butuh kocek mahal. Namanya juga rongsok, barang apapun bisa diaplikasikan langsung ke vespa kesayangan. Botol bekas yang sudah penyok di jalan juga bisa dipakai sebagai ornamen. Biasanya para pemilik mengedepankan modifikasi DIY alias Do It Yourself. 

Bayangkan saja, ongkos menjalani hobi semacam ini murah banget. Siapapun bisa mengubah skuter rongsokan jadi sebuah tunggangan yang super nyentrik. Istilah kerennya neckbreaker alias selalu jadi bahan tolehan orang yang melihat. Nggak ada batasan juga untuk bergabung dalam komunitas Vespa. Asal punya salah satu varian motor 98 CC buatan Piaggio, otomatis dianggap bagian keluarga besar Vespa. Solid bro!

Komunitas vespa ekstrem atau vespa gembel ini pernah disorot media asing. Jadi, jurnalis di luar Indonesia belum pernah melihat modifikasi vespa ini. Lo ada niat buat modifikasi vespa jadi ekstrem nggak bro?

 

Source: https://www.vice.com/id_id/article/wn9z95/perlawanan-gigih-skuter-vespa-mad-max-bertahan-di jalananindonesiautm_source=stylizedembed_vice.com&utm_campaign=xwk384&site=vice
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

12 COMMENTS

SHARE
Hengky  kik
vespa style never last ...Kik !
Kristian Mustafa
Salam satu Aspal
SRI YAYA ASTUTI
lebih suka vespa yang masih original dan klasik,,karena keklasikan vespa itu abadi
ditra nugraha
pengen banget punya vespa
Ricko Pratama Putra
Gak Pernah Bermimpi tu.. hehehe
Yumna Aditya Prakoso
keren gan
Yuniarto ( Tato )
Wohoooooo............antik juga
Hilman rusdiyanto
Sangarrrrr
Agus Sungkawa
Vespa brotherhood
Fajar Satritama
Vespa, berdiri diatas semua golongan