Lebaran Seru di Rumah Bisa Sambil Main Board Game Aja, Bro!

Mumpung kumpul libur lebaran di rumah aja, yuk seru-seruan dengan main board game. Ajak orangtua lo buat adu strategi di arena board game. Sekali-kali lebih intim bareng keluarga sambil main nggak ada salahnya kan?

Lebaran Seru di Rumah Bisa Sambil Main Board Game Aja, Bro!

Anak 90-an pasti populer banget sama board game monopoly. Permainan ini banyak-banyak belanja properti mulai dari rumah di komplek murah, sampai komplek paling mahal. Hati-hati kalau kena jebakan di Australia atau Afrika, dendanya paling mahal.

Nah kalau monopoly masuk kategori board game lawas, ada lagi nih permainan yang lebih seru. Masih sama, permainan ini mengajak lo buat adu strategi. Bedanya sama monopoly, board game ini berbasis pada peta. Kalau lo pernah main, board game klasiknya itu ada Risk, Diplomacy, dama Settlers of Catan.

Kalau lo suka banget sama board games, nggak ada salahnya gelar permainan itu di hari libur lebaran. Habis menyantap ketupat dan opor, seru-seruan bareng keluarga main board game asyik juga lho.

War of the Ring, Lord of The Ring

Lebaran Seru di Rumah Bisa Sambil Main Board Game Aja, Bro!

Image source: deskovehry.com

War of the Ring adalah board game strategi yang setia pada trilogy Lord of the Rings karya Tolkien. Permainan ini hanya bisa diisi oleh dua orang. Buat para penggila board game, kalau sudah main War of the Rings bisa menghabiskan waktu sampai tiga jam. 

Peta dari War of the Rings menggambarkan Middle Earth. Petualangan dalam War of the Rings dimulai dari Rivendell dan berakhir di Mount Doom, persis seperti dalam buku dan film layar lebarnya. Pemenang dalam permainan ini akan ditentukan oleh lemparan dadu, kartu, dan satu buku peraturan.

Power Grid

Lebaran Seru di Rumah Bisa Sambil Main Board Game Aja, Bro!

Image source: justpushstart.com

Buat pemula, jangan pusing dulu lihat grafis permainan dalam peta. Permainan ini berkaitan dengan listrik. Jadi para pemainnya mewakili perusahaan pemasok listrik dan berusaha menyuplai sumber tenaga ke kota kota yang ada dalam peta. Itu makanya, gambar pada peta sedikit ruwet, hehe.

Tapi keruwetan itu bakal hilang kalau lo sudah paham cara bermainnya. Board Game ini bisa dimainkan oleh dua sampai enam orang. DUrasinya dua jam per permainan. 

Jadi secara garis besarnya, si pemain haris bisa mendapatkan bahan mentah untuk memproduksi listrik. Seperti layaknya mengoperasikan perusahaan tenaga listrik, dalam permainan ini juga harus hati-hati dalam menggunakan sumber daya yang ada.

Brass

Lebaran Seru di Rumah Bisa Sambil Main Board Game Aja, Bro!

Image source: thethoughtfulgamer.com

Permainan ini lebih cenderung mengangkat sejarah ekonomi Revolusi Industri. Berlatar Lancashire, Inggris, pada era Revolusi Industri, Brass menghadirkan peta yang menitikberatkan pada manajemen sumber daya, perencanaan, dan ekonomi. 

Lo bisa ajak anggota keluarga buat main ini karena bisa dimainkan sampai empat orang. Durasi permainannya dua hingga tiga jam. Board game ini dibagi ke dalam dua periode, yaitu periode kanal dan periode rel. Permainan ini akan bergantung pada strategi dan kartu yang didapat. 

Terra Mystica

Lebaran Seru di Rumah Bisa Sambil Main Board Game Aja, Bro!

Image source: boardgamegeek.com

Yang suka permainan dengan tema fantasi pasti betah buat lama-lama main board game ini. Terra Mystica merupakan permainan strategi yang berbasis fantasi. Dari awal permainan lo akan diminta untuk memilih satu faksi dari 14 faksi fantasi yang ada. 

Setiap faksi memiliki kemampuan khusus masing-masing. Pilihan lo bakal menentukan apakah lo bisa menguasai area permainan dengan mendirikan bangunan. Yang menarik dalam permainan ini adalah power point yang bisa digunakan untuk mengaktifkan kemampuan khusus setiap faksi. 

Board game ini bisa dimainkan oleh 2-5 orang dengan durasi permainan 1-2,5 jam, tergantung dari jumlah pemain. Pemain dengan nilai tertinggi di ujung permainan bakal jadi pemenang.

 

Source: https://review.bukalapak.com/hobbies/5-board-game-berbasis-peta-yang-kemungkinan-belum-kamu-coba-66519
Trending Beginner Extreme solo traveling

14 COMMENTS

SHARE
Kristian Mustafa
Seru juga permainannya.
ditra nugraha
seru nih game nya
Yumna Aditya Prakoso
ngePES aja
Agung Sutrisno
Selain kalo lebaran selalu liat Film Warkop DKI lumayan dapat nemenin disaat liburan dengan main game
Cecep Jajang
Boleh juga kalau nyoba
Yuniarto ( Tato )
mantap Mantap
Hilman rusdiyanto
Mantabbbb
Ldr_Lstyd
Mantap nih
Agus Sungkawa
Belum pernah bermain
Ricko Pratama Putra
Boleh juga