IndoRunners, Komunitas Lari yang Hobi Berdonasi

Hobi berolahraga lari atau jogging, bro? Pasti sudah tahu dong dengan komunitas lari terbesar di Indonesia, IndoRunners? Selain mengajak masyarakat untuk ikut olahraga ini, komunitas IndoRunners pun rajin melakukan kegiatan yang bertujuan sosial, bro. Simak penjelasan selengkapnya, yuk!

IndoRunners, Komunitas Lari yang Hobi Berdonasi

Olahraga lari memang digemari banyak orang karena olahraga ini sangat simple dan nggak memerlukan alat yang ribet. Tempatnya pun nggak harus di lapangan olahraga, berlari di sekitar komplek rumah juga sudah oke banget kok, bro. Nah, semua pencinta lari di Indonesia pasti sudah nggak asing lagi dengan komunitas IndoRunners.

IndoRunners yang Menyebarkan “Virus” Lari

IndoRunners, Komunitas Lari yang Hobi Berdonasi

Image source: instagram.com/indorunners

IndoRunners merupakan komunitas penggemar olahraga lari yang dibentuk sejak tahun 2009 dan menjadi komunitas terpopuler di Indonesia. Bisa dikatakan IndoRunners adalah pelopor utama yang menyebarkan “virus” lari di tengah masyarakat Indonesia, khususnya di Jakarta.

Dengan tagline “mari lari”, IndoRunners terbukti telah mengajak banyak masyarakat untuk berlari. Bahkan, IndoRunners juga terbagi atas beberapa komunitas di berbagai kota di Indonesia, bro. Di media sosial Instagram saja IndoRunners sudah memiliki 74 ribu lebih followers. Banyak banget, kan?

Komunitas ini juga sering menggelar acara dan aktif mengikuti beragam perlombaan lari. Buat yang berada di Jakarta, biasanya kegiatan rutin yang dilakukan ada “Thursday Night Run” yang digelar tiap Kamis pukul 19.30 WIB dan “Sunday Morning Run” mulai pukul 06.30 WIB pada hari Minggu. Biasanya kegiatan tersebut dimulai dari FX Senayan, Jakarta.

Selain itu, IndoRunner nggak hanya berbentuk sebagai komunitas saja, melainkan juga menjadi suatu gerakan perubahan. Tujuannya pun nggak hanya mengumpulkan sebanyak mungkin anggota, melainkan menjadi suatu gerakan untuk menyebarkan “virus” lari ke seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Jadi, nggak hanya menjadi trend belaka, tetapi menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat.

Lari untuk Amal Sosial

IndoRunners, Komunitas Lari yang Hobi Berdonasi

Image source: instagram.com/indorunners

Yang paling menarik dari komunitas ini adalah selain bertujuan untuk menyebarkan “virus” lari, IndoRunners juga nggak lupa melakukan kegiatan yang bertujuan sosial. Salah satu divisi khusus yang dibuat adalah Lari Untuk Amal Sosial atau LUAS.

Bentuknya pun sederhana. Setiap pelari yang berperan serta akan dicatat akan diukur jumlah kilometer yang ditempuh, baik dalam latihan sehari-hari maupun dari race yang diikuti. Hasilnya kemudian akan ditukar dengan dana sumbangan CSR dari perusahaan-perusahaan.

Program #10lariamal

Dalam rangka merayakan ulang tahun IndoRunners yang ke-10, IndoRunners sedang bekerja sama dengan Cause untuk membuat rangkaian 10 lari amal berbentuk virtual run berjudul Untukmu Indonesia mulai dari Februari 2020 kemarin sampai November 2020 dengan tema yang berbeda setiap bulannya.

Tema yang diangkat antara lain, Februari #valentinerun, Maret #waterrun, April #kartinirun, Mei #pendidikanrun, Juni #pancasilarun, Juli #fruitrun, Agustus #humanityrun, September #jantungrun, Oktober #batikrun, dan November #pahlawanrun.

IndoRunners bermaksud untuk mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk ikut berpartisipasi dalam menyalurkan semangat larinya. Target lari kolektif adalah mengumpulkan 200.000 km selama 10 bulan untuk dikonversikan menjadi target donasi senilai Rp. 1 miliar yang nanti akan didonasikan kepada organisasi-organisasi nirlaba yang didukung selama acara ini berlangsung.

Pada bulan April ini program yang sedang terlaksana adalah #KartiniRun, yang mengajak masyarakat untuk beraktivitas (berlari maupun melakukan home workouts) selama di rumah aja. Setiap aktivitas yang dilakukan akan dikonversikan menjadi donasi senilai Rp. 21.040 dalam bentuk APD untuk memenuhi kebutuhan para perawat di RS Cikini, Jakarta Pusat.

Ternyata nggak hanya sebuah komunitas saja, namun IndoRunners juga sangat aktif dalam hal kegiatan sosial untuk membantu sesama. Mau gabung komunitas ini sembari ikut beramal nggak, bro?

 

Source: bugaraga.com, cause.id
Urban Action Beginner Extreme solo traveling

13 COMMENTS

SHARE
Hengky  kik
selalu bertambah pengetahuan dan ilmu kita setelah berselancar di web superadventure
Kristian Mustafa
Komunitas keren,pengen Gabung.
SRI YAYA ASTUTI
Olahraga lari memang digemari banyak orang karena olahraga ini sangat simple dan nggak memerlukan alat yang ribet dan yang penting biayanya mura
Yumna Aditya Prakoso
semoga selalu berkah
Fajar Satritama
Keren inimah euyy
Yuniarto ( Tato )
Mantap nih
Hilman rusdiyanto
Mantuulll
Ldr_Lstyd
Mantap jiwa
ditra nugraha
patut dicontoh
Agus Sungkawa
Mantap komunitas nya