Eksotisme Pemandian Air Panas 'Kastil Kapas' di Pamukkale, Turki

Berendam di air panas memang menjadi momen yang menyegarkan sekaligus menyehatkan. Namun, bagaimana rasanya jika berendam di kolam air panas alami di tengah kolam seputih kapas yang sangat eksotik? Semua hal tersebut bisa lo rasakan di kolam pemandian air panas Pamukkale, Turki.

Eksotisme Pemandian Air Panas 'Kastil Kapas' di Pamukkale, Turki

Berlibur ke pemandian kolam air panas pasti akan terasa sangat menyegarkan sekaligus menyenangkan. Lebih dari itu, kolam pemandian air panas di Pamukkale, Turki ini juga menyajikan pemandangan dengan nuansa putih yang sangat eksotik, bro. Air panas alami yang menyegarkan bakal membuat rileks otot-otot tubuh lo dan pemandangan yang eksotik pasti bakal membuat lo betah berlama-lama di tempat ini.

Situs Warisan Dunia UNESCO

Eksotisme Pemandian Air Panas 'Kastil Kapas' di Pamukkale, Turki

Kolam pemandian air panas alami ini terletak di sebuah kota kecil Pamukkale, Provinsi Denizli, Turki.  Pemandian air panas Pamukkale terdiri dari air dengan suhu sekitar 35 hingga 100 derajat celcius dan travertine, mineral karbonat putih yang ditinggalkan oleh air mengalir. Warnanya putih bersih seperti kapas, membuat orang Turki memberinya nama Pamukkale yang artinya Cotton Castle atau ‘Kastil Kapas’.

Situs alam Pamukkale ternyata juga termasuk ke dalam situs warisan dunia UNESCO lho, bro. Kawasan wisata ini sebenarnya terdiri dari dua lokasi wisata utama, yaitu Hierapolis dan Travertines atau kolam air panas alami. Keduanya sama-sama mempunyai nilai sejarah yang tinggi dan keindahan yang sangat menakjubkan.

Kota Hierapolis di Pamukkale

Eksotisme Pemandian Air Panas 'Kastil Kapas' di Pamukkale, Turki

Hierapolis merupakan situs kota tua Romawi Kuno yang dibangun sekitar tahun 190 Sebelum Masehi. Konon, di tempat ini dulunya terdapat kuil untuk memuja Dewa Yunani Kuno bernama Hiera. Pada zaman tersebut membangun kuil dan tempat-tempat suci di sekitar fenomena alam seperti air panas adalah hal yang lazim dilakukan. Hingga kemudian, kota ini hancur sekitar abad ke-1 Masehi karena gempa yang sangat dahsyat. Di tempat ini lo bisa melihat puing-puing reruntuhan bangunan kota, seperti katedral, kuil, tembok-tembok, pilar, hingga amphitheater, dan kuburan tua.

Selain situs kota tua, ada juga situs Travertines atau kolam air panas dengan batuan kapur yang sangat menakjubkan. Konon, kolam air panas alami ini juga pernah digunakan berendam oleh Ratu Mesir yang terkenal dengan kecantikannya, Cleopatra. Nggak heran, jika pesona kolam pemandian air panas ini menjadi incaran para wisatawan lokal yang berasal dari Turki hingga wisatawan mancanegara dari seluruh penjuru dunia.

Mengandung Mineral Alami yang Menyehatkan

Tempat yang sangat indah ini ternyata terbentuk alami selama ratusan ribu tahun lho, bro. Menurut ahli geologi, sumber air panas itu terbentuk sekitar 400.000 tahun yang lalu. Saat itu di wilayah Turki dan sekitarnya terjadi serangkaian gempa yang mengakibatkan pergeseran tanah di lembah Sungai Menderes. Hal itu menyebabkan air panas yang mengandung mineral, meluncur sangat deras dari dalam perut Bumi ke permukaan Bumi.

Air mineral tersebut mengalir sekaligus menguap di bawah sinar matahari, mengakibatkan terbentuknya kristal putih. Kristal putih tersebut lalu mengendap dan membentuk teras dan kolam-kolam alami yang sangat menakjubkan.

Nah, kandungan mineral yang terkandung di dalamnya itu konon dapat mengobati berbagai penyakit, seperti rematik, kulit, dan kelelahan saraf lho, bro. Nggak heran, kalau banyak wisatawan yang datang ke tempat ini bertujuan untuk memanfaatkan air panas Pamukkale sebagai tempat terapi.

Jika lo berniat ke tempat yang menakjubkan ini sebaiknya gunakan sandal saja ya, bro. Pasalnya, ketika memasuki kawasan kolam air panas Travertines ini lo tidak diperkenankan menggunakan alas kaki apapun. Selamat berpetualang!

 

Referensi : male.co.id netz.id
Urban Places Beginner Extreme solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
ditra nugraha
makasih infonya
Yumna Aditya Prakoso
pingin ke sana
SRI YAYA ASTUTI
menurut cerita berendam di air panas memang menjadi momen yang menyegarkan sekaligus menyehatkan
Adam Gilang Fadhillah
Hayu lah
Hilman rusdiyanto
Info bagus
Yuniarto ( Tato )
Like banget
Agus Sungkawa
Waw....amazing