Tradisi Idul Fitri yang Masih Bisa Dilakukan Saat Pandemi

Situasi Bumi Pertiwi yang dirundung wabah pandemi pasti membuat khawatir semua kalangan. Tak terkecuali, umat muslim yang sebentar lagi bakal merayakan Hari Raya Idul Fitri yang sangat khas dengan kehangatan interaksi. Tentu saja, Idul fitri tahun ini bakal terasa sedikit lebih sepi dibandingkan tahun-tahun kemarin. Tapi, putus asa bukanlah opsi. Masih ada beberapa tradisi khas Idul Fitri yang masih tetap bisa berlangsung meski wabah pandemi mengurung. Berikut ulasan selengkapnya, bro.

Tradisi Idul Fitri yang Masih Bisa Dilakukan Saat Pandemi

Momen yang satu ini pasti ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Idul Fitri bisa dibilang sebagai momen perayaan penuh sukacita dan penuh rasa bahagia. Pada momen ini semua orang bergembira karena bisa berkumpul dengan orang-orang tercinta di hari yang sangat istimewa.

Tak hanya itu, ada satu hal yang membuat Idul fitri sangat dinanti-nanti seluruh umat muslim di Nusantara. Yap, apalagi kalau bukan tradisi-tradisi khas yang hanya ada saat Hari Raya Idul Fitri di Indonesia.

Walaupun dunia saat ini sedang dirundung wabah pandemi, beberapa tradisi khas lebaran ini masih bisa tetap berlangsung lho, bro. Berikut ini beberapa tradisi khas Idul Fitri di Indonesia yang masih bisa berlangsung meski wabah pandemi mengurung.

Takbiran dari Rumah

Tradisi Idul Fitri yang Masih Bisa Dilakukan Saat Pandemi

Kumandang gema takbir saat malam Idul Fitri pasti sangat dirindukan semua umat muslim di seluruh dunia. Hal ini pun menjadi sebuah tradisi tersendiri di berbagai negara termasuk Indonesia yang sebagian masyarakatnya beragama Islam.

Biasanya, orang-orang mengumandangkan gema takbir di masjid, mushola atau surau terdekat. Ada juga yang konvoi keliling di jalan-jalan besar sambil menabuh beduk dan mengumandangkan gema takbir dengan penuh sukacita.

Tak dapat dipungkiri, kehadiran pandemi corona memang merubah beberapa kebiasaan hingga tradisi masyarakat Indonesia pada umumnya. Termasuk tradisi takbiran yang biasanya dilakukan bersama-sama dan beramai-ramai.

Namun, tradisi takbiran ini masih tetap bisa berlangsung walau di rumah saja lho, bro. Lo masih bisa tetap mengumandangkan gema takbir dari rumah dengan semangat dan penuh sukacita.

Silaturahmi dari Rumah

Tradisi Idul Fitri yang Masih Bisa Dilakukan Saat Pandemi

Mengunjungi saudara dan teman-teman terdekat atau bersilaturahmi merupakan bagian tak terpisahkan dari tradisi Idul Fitri. Saling memaafkan segala kesalahan untuk membuat hati kembali bersih adalah makna yang paling penting dari hari raya yang suci ini. Wabah pandemi pasti mengubah sedikit tradisi yang satu ini.

Tetapi lo bisa tetap bersilaturahmi dari rumah lho, bro. Lo bisa tetap saling bermaafan dengan menelepon atau mengirim pesan singkat kepada orang tua di kampung halaman, kerabat atau teman-teman komunitas dari rumah saja.

Yang paling penting adalah keikhlasan dari hati yang paling dalam untuk memaafkan segala kesalahan orang lain. Ketika situasi sudah membaik, lo bisa langsung bersilaturahmi kok, bro.

Makan Ketupat di Rumah Bareng Keluarga

Tradisi Idul Fitri yang Masih Bisa Dilakukan Saat Pandemi

Hidangan yang satu ini ternayata mempunyai makna yang sangat mendalam lho, bro. Menurut istilah Jawa, ketupat diartikan dengan ngaku lepat alias mengakui segala kesalahan.

Bentuk segi empat dari ketupat mempunyai makna kiblat papat lima pancer yang berarti empat arah mata angin dan satu pusat yaitu arah jalan hidup manusia dimana pusatnya adalah Allah SWT.

Warna putih nasi ketupat ketika dibelah melambangkan kebersihan setelah bermaaf-maafan. Butiran beras yang dibungkus dalam janur merupakan simbol kebersamaan dan kemakmuran.

Janur yang ada di ketupat berasal dari kata jaa-a al-nur bermakna telah datang cahaya. Anyaman pada ketupat diharapkan memberikan penguatan satu sama lain antara jasmani dan rohani.

Ketupat bisa dibilang sebagai simbol yang sering dikaitkan dengan Hari Raya Idul Fitri. Kehadirannya memberikan esensi tersendiri di momen yang sangat istimewa ini. Walaupun dunia sedang dilanda wabah pandemi, lo tetap bisa menikmati hidangan ini di rumah saja kok, bro.

Saat ini berada di rumah saja sangatlah penting, untuk memutus rantai penyebaran wabah pandemi corona. Semoga beberapa hal di atas bukanlah menjadi tradisi normal yang baru dan tahun-tahun kedepannya tradisi Idul Fitri bisa berjalan sebagaimana mestinya. Menurut lo apa tradisi Idul Fitri yang masih bisa dilakukan dari rumah, bro?

 

Referensi : www.liputan6.com
Trending Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
Rival S.  Janurl
Janur di ketupat sama janur nikahan, makananya sama gak yaaa ??? yang tertarik jawab bisa DM via ig @rivalsjanurl
ditra nugraha
makasih infonya
Hilman rusdiyanto
Siiiipppp
Yuniarto ( Tato )
seru juga nihhhhhhh
Adam Gilang Fadhillah
Padahal tahun kemarin udah janji mau mudik ketemu si Mbah T_T
arief
Tidak mengurangi nilai2 yg terkandung dlm memaknai semuanya. Semoga wabah ini cepat berlalu
Agus Sungkawa
Bersilaturahmi virtual dri rumah ke handai tolan
wildan
semoga cepat berlalu wabah ini biar semua kembali normal sepeti biasa
Cecep Jajang
Pokonya kilat sayur opor ayam endul
Adam Gilang Fadhillah
Terus aja