Buat Lo yang Ingin Terjun Bebas, Cobain Olahraga Ini!

Pencinta ketinggian memang nggak bisa lepas dengan olahraga ekstrem. Untuk menyalurkan kegemarannya itu, biasanya si penyuka ketinggian ini cenderung memilih olahraga udara supaya bisa menikmati pemandangan.

Buat Lo yang Ingin Terjun Bebas, Cobain Olahraga Ini!

Umumnya, mereka akan membayangkan bisa melayang atau terjun bebas di udara sambil berteriak sekencang-kencangnya. Olahraga ekstrem itu kebanyakan ada di negara-negara maju seperti Singapura atau Amerika. Tapi ada juga kok di Indonesia, hanya saja memang nggak populer dan tidak umum seperti di luar sana. 

Buat orang Indonesia, cuma segelintir aja yang hobi atau punya kegemaran untuk menaklukan olahraga ketinggian. Nyali nggak boleh ciut, bro! Kalau lo punya keberanian, bisa dijajal olahraga terjun bebas ini. Sekadar merasakan sensasi melayang bebas di udara. Sekali coba, mungkin bisa ketagihan. 

Cliff Diving 

Buat Lo yang Ingin Terjun Bebas, Cobain Olahraga Ini!

Pernah kebayang nggak melompat dari tebing ke permukaan laut tanpa menggunakan pengaman? Nah, cliff diving  salah satu olahraga ekstrem yang bikin jantung lo copot. Bagaimana tidak, aksi ini merupakan olahraga terjun bebas bak lompat indah dari tebing bebatuan.

Nggak sembarang orang yang bisa melakukan olahraga ini. Definisi sederhananya, cliff diving merupakan aktivitas yang melibatkan orang andal untuk menyelam ke dalam air dengan melompat dari ketinggian yang sangat curam.

Karena saking tingginya, para pelompat bisa meluncur hingga kecepatan 112 km/jam saat membentur air, kadang para pelompatnya juga bisa mengalami cedera, mulai dari memar, lecet, gegar otak, hingga kerusakan tulang belakang. 

Ajang cliff diving berskala internasional seharusnya digelar di Indonesia tahun 2020 ini, tepatnya di Bali. Namun, karena kondisi global sedang dihadapkan masalah pandemi, ajang itu resmi dibatalkan. Kabar baiknya, pihak panitia sedang fokus menyiapkan Bali sebagai salah satu tuang rumah di ajang serupa untuk musim 2021. Semoga pandemi cepat selesai ya, guys!

BASE Jumping

Buat Lo yang Ingin Terjun Bebas, Cobain Olahraga Ini!

Bisa jadi lo belum akrab sama kegiatan ekstrem ini. BASE Jumping itu aktivitas ngeri yang biasanya dilakukan dengan melompat dari bibir jurang atau gedung bertingkat. Beda dengan cliffing tadi, BASE Jumping bisa dibilang lebih safety karena dilengkapi dengan peralatan parasuiting atau wingsuit flying.

Sehingga para jumper setelah melompat bisa langsung melayang layaknya burung terbang. Yang membedakan olahraga udara lainnya, BASE Jumping tidak melompat dari pesawat.

Bungee Jumping 

Buat Lo yang Ingin Terjun Bebas, Cobain Olahraga Ini!

Ini olahraga ekstrem yang paling umum daripada dua kegiatan sebelumnya. Bungee Jumping merupakan aktivitas 'seram' yakni melompat dari ketinggian dengan kondisi kaki dipasang dengan tali pengaman yang longgar dan elastis. Sehingga ketika melompat, tubuh akan terhempas ke bawah kemudian mengayun atau menggelantung. Di momen itulah jantung serasa mau copot. Ada yang pernah coba?

Di Indonesia sudah banyak tempat wisata yang menawarkan pemandangan alam serta destinasi aktivitas wisata bungee jumping. Untuk di Bali saja, sudah ada lima area wisata yang menyediakan wahana bungee jumping. Lalu ada juga di Bandung hingga Yogyakarta. Lo yang mau cari tantangan kegiatan ekstrem terjun bebas ini, bisa dicoba nanti setelah pandemi selesai ya bro.

Wingsuit Flying

Buat Lo yang Ingin Terjun Bebas, Cobain Olahraga Ini!

Olahraga wingsuit ini bisa diterapkan dengan melompat dari gedung atau tebing, maupun dari pesawat. Bisa dibilang mirip-mirip dengan sky diving. Bedanya, kalau wingsuit ini para pelakunya menggunakan kostum khusus untuk mengatur kecepatan melesat di udara dan gerakan 'terbang'.

Kostum Wingsuit mempunyai semacam sayap di bagian lengan dan di antara kaki, yang akan mengembang seperti hewan Sugar Glider. Semakin dibuka lebar sayap, maka kecepatan terbang akan melamban dan sebaliknya.

Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
Firgiawan
Memacu adrenalim
ditra nugraha
i belive i can fly
Hilman rusdiyanto
Mantuuulll
Yuniarto ( Tato )
Extreemmmmmmm
Cecep Jajang
Kaya nya pasti seru kalau nyoba
Agus Sungkawa
Olahraga yang memacu adrenalin
Ricko Pratama Putra
Bikin Adrenalin memuncak