Minum Kopi Sebelum dan Sesudah Berolahraga, Banyak Manfaatnya Bro!

Rutinitas minum kopi biasanya selalu identik dengan nongkrong di café bareng teman-teman ya, bro? Tapi tanpa lo sadari, ternyata minum kopi juga punya manfaat buat kesehatan. Ketahui manfaatnya berikut ini!

Minum Kopi Sebelum dan Sesudah Berolahraga, Banyak Manfaatnya Bro!

Minuman kopi yang semakin eksis ini, ternyata memang sering dijadikan pilihan para atlet profesional di sela-sela menu diet mereka termasuk sebelum melakukan latihan olahraga. Kalau umumnya kopi diminum di pagi hari sebelum memulai aktivitas, tapi sebenarnya kopi juga bisa buat lo lebih bersemangat sebelum berolahraga, bro.

Peneliti dari Nova Southeastern University, Jose Antonio, mengatakan sangat aman mengonsumsi 5 mg kafein per kg dari total berat tubuh. Jadi, misalnya berat tubuh sekitar 60 kg, maka bisa meminum sekitar 300 mg kafein. Angka tersebut setara dengan tiga cangkir kopi–yang biasanya diisi sekitar 100 mg kafein. Namun, harus tetap pada takaran yang tepat.

Hanya dengan meminum kopi memang bisa membuat detak jantung lebih cepat. Nah, kerja jantung yang cepat pun bisa didapatkan sebelum memulai olahraga. Jadi, bisa cepat sampai titik terbaik tanpa perlu pemanasan yang berlebih. Tentu banyak manfaat lainnya ketika diminum sebelum dan sesudah berolahraga, simak manfaatnya berikut ini!

Berlari Lebih Cepat

Minum Kopi Sebelum dan Sesudah Berolahraga, Banyak Manfaatnya Bro!

Siapa yang menyangka kalau kopi bisa membuat lo berlari lebih cepat? Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Science and Medicine in Sport menunjukkan, mengonsumsi 5 mg kafein bisa membuat kecepatan bertambah. Tapi, bukan berarti bisa lari secepat kilat juga ya, bro.

Dalam penelitian tersebut, ditemukan pelari yang minum kafein mampu menambah kecepatannya sekitar 1% dari mereka yang nggak minum kopi. Memang sih catatan waktu yang bertambah hanya lebih cepat beberapa detik saja. Tapi, hal itu tentu sangat berguna, bro.

Menambah Stamina

Minum Kopi Sebelum dan Sesudah Berolahraga, Banyak Manfaatnya Bro!

Hasil yang biasanya ingin didapat dari berolahraga adalah untuk menambah stamina tubuh. Apalagi ketika melakukan olahraga fisik, tubuh akan membutuhkan tenaga yang cukup supaya nggak kelelahan. Yang perlu dilakukan adalah mengatur napas selama berolahraga, hal ini pun bisa lebih mudah dilakukan setelah minum kopi.

Kopi bisa tetap menjaga nafas lebih teratur. Lo pun bisa berlari lebih jauh dan melakukan lebih banyak gerakan di gym. Namun, semua jenis olahraga apapun bisa dilakukan dengan porsi yang tepat dan jangan berlebihan ya, bro.

Bantu Pemulihan Otot Setelah Olahraga

Ternyata kopi juga berperan besar setelah melakukan olahraga berat, bro. Selain protein yang bantu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak setelah berolahraga, kopi juga dapat membantu pemulihan dan pembentukan otot jika dibarengi dengan menu makanan berkarbohidrat.

Karbohidrat akan diubah menjadi glukosa di dalam tubuh dan kopi punya peran untuk memasukkannya ke dalam otot lebih cepat. Dengan begitu, massa otot akan bertambah lebih cepat. Wah, banyak banget manfaatnya ya, bro.

Jadi Lebih Fokus

Minum Kopi Sebelum dan Sesudah Berolahraga, Banyak Manfaatnya Bro!

Biasanya kopi memang diminum saat mau memulai aktivitas sehari-hari seperti bekerja. Kopi juga ternyata bisa membantu lo untuk fokus dalam menyelesaikan semua pekerjaan kantor. Selain untuk hal pekerjaan, ternyata kopi juga berguna ketika masuk arena olahraga.

Kafein yang diminum sebelum berolahraga juga bisa membantu berkonsentrasi dikala memeras keringat. Bahkan, kopi juga bisa membantu lo lebih fokus walaupun di malam sebelumnya lo nggak mendapatkan tidur yang sempurna.

Melancarkan Peredaran Darah

Minum Kopi Sebelum dan Sesudah Berolahraga, Banyak Manfaatnya Bro!

Darah yang lancar tentu akan menjaga tubuh tetap sehat. Jika tubuh membutuhkan oksigen, setiap sel-sel di dalamnya pun punya kebutuhan yang sama. Nah, darah mempunyai tugas untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh, jadi aliran darah harus selalu lancar.

Sebuah studi dari American Heart Association menyebutkan, kafein mampu meningkatkan aliran darah hingga 30% dalam rentang 75 menit. Dengan begitu, ada baiknya untuk minum kopi nggak lebih dari satu jam sebelum berolahraga ya, bro.

Perlu diingat bahwa kopi yang diminum bukan kopi susu seperti yang sedang hits tersebut ya, bro. Kopi yang dimaskud adalah kopi murni tanpa tambahan susu atau gula. Jangan lupa untuk selingi dengan minum air putih dan nggak lebih dari takaran per hari ya, bro!

 

Source: review.bukalapak.com
Tips Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
Fajar Satritama
Kirain kopi sachet bro yang dimaksud hee.. tapi memang kopi banyak manfaatnya ya bro, kecuali kopi Vietnam drif Jesica yang dulu viral
nugraha
kopi adalah kunci
Yuniarto ( Tato )
Bagus Juga nih
Kristian Mustafa
Nice Info.
Hilman rusdiyanto
Info bagus
Hilman rusdiyanto
Info bagus
Agus Sungkawa
Minum kopi membangkitkan Semangat
Cecep Jajang
Kopi mamang gak ada dua ny
Ricko Pratama Putra
Nice Info
Hengky  kik
ketika Otak Perlu Inspirasi