Tips Aman ke Bromo Naik Motor, Tapi Setelah Corona Kelar Ya, Bro!

Wabah virus Corona memang belum tahu selesainya kapan nih bro. Tapi bro, bukan berarti lo nggak menyusun rencana liburan untuk di masa mendatang setelah pandemi. Salah satunya mungkin ke dataran tinggi Bromo yang bisa jadi alternatif  pilihan untuk refreshing ya, bro.

Tips Aman ke Bromo Naik Motor, Tapi Setelah Corona Kelar Ya, Bro!

Nah bro, sebagaimana umumnya ketika berlibur ke daerah dataran tinggi, mobil menjadi transportasi yang digunakan karena serba praktis dan bisa ditumpangi bareng teman atau keluarga. Tapi, ternyata naik motor ke daerah dataran tinggi juga bisa memberikan sensasi baru lho, bro. Mau coba naik motor ke Bromo?

Biasanya sih kalau jalan-jalan ke Bromo, transportasi yang sering dijumpai adalah mobil Jeep atau bahkan kuda-kuda yang disewakan. Mungkin jarang ditemui pengunjung yang datang menggunakan motor. Kebayang nggak bagaimana rasanya menikmati keindahan Bromo dengan naik motor?

Selain menghemat budget, ke Bromo naik motor bakal memberikan sensasi berbeda pastinya. Tapi, perlu juga memperhatikan hal-hal penting ketika mengendarai motor ke Bromo, supaya perjalanan tetap aman. Dan tetap jangan lupa, perginya setelah pandemi ya. Yaudah deh simak tips berikut ini yuk, bro!

Kondisi Tubuh yang Prima

Tips Aman ke Bromo Naik Motor, Tapi Setelah Corona Kelar Ya, Bro!

Kemanapun perginya, kondisi tubuh harus diperhatikan dengan baik. Nggak mau dong perjalanan terganggu karena sakit? Pastikan kondisi tubuh dalam keadaan yang prima. Bisa juga mengkonsumsi vitamin sebelum melakukan perjalanan atau olahraga sebelum hari keberangkatan, biar badan makin fit.

Pilih Motor yang Kuat Menanjak

Tips Aman ke Bromo Naik Motor, Tapi Setelah Corona Kelar Ya, Bro!

Selanjutnya, tentu saja lo harus memilih motor yang akan digunakan untuk menjelajahi Bromo. Gunakan motor yang kuat untuk digunakan di kondisi jalan yang menanjak. Jangan sampai perjalanan jadi nggak nyaman kalau motor susah diajak kerja sama di jalan menanjak.

Kalau bisa, usahakan cek kelayakan motor seperti di-service terlebih dahulu, ganti oli, cek rantai dan rem, ban depan belakang serta lampu. Semua itu harus dicek dengan baik dan pastikan semua berfungsi dengan baik. Perjalanan lo bakal aman kalau kondisi motor juga bagus, bro.

Lewati Rute Termudah dan Terdekat untuk Motor

Tips Aman ke Bromo Naik Motor, Tapi Setelah Corona Kelar Ya, Bro!

Rute yang dilewati untuk motor dan mobil memang bisa saja sama, tapi biasanya bagi pengendara motor ada jalan pintas yang lebih mudah dan dekat untuk dilewati. Karena zaman sudah semakin canggih, kalau lo menggunakan Google Maps tentu bisa diarahkan khusus untuk jalur motor.

Tanya-tanya rute dengan teman yang sudah punya pengalaman ini juga bisa lho, bro. Nah, rute yang paling mudah untuk dilewati yaitu lewat Probolinggo, karena rute ini bisa membawa lo tembus langsung ke penanjakan Nongkojajar.

Pilih Waktu yang Pas

Tips Aman ke Bromo Naik Motor, Tapi Setelah Corona Kelar Ya, Bro!

Kalau ke Bromo tanpa melihat sunrise pasti belum puas ya, bro. Kalau lo punya waktu yang cukup banyak dan nggak mau kelewatan momen sunrise yang mengagumkan, pilihlah waktu siang hari untuk melakukan perjalanan.

Nah, malam harinya lo bisa berkemah dan menginap di sekitaran Bromo karena terdapat tempat istirahat gratis yang bisa digunakan. Pagi harinya baru deh menuju sunrise point buat menikmati pemandangan indah sambil menunggu matahari terbit.

Ajak Teman dan Bawa Perlengkapan Penting

Tips Aman ke Bromo Naik Motor, Tapi Setelah Corona Kelar Ya, Bro!

Jalan-jalan memang lebih asyik kalau ada yang menemani ya, bro. Lo bisa ajak teman yang juga mau menikmati perjalanan dengan naik motor. Adanya teman juga bisa membantu kalau-kalau ada hal yang nggak diinginkan terjadi, bro.

Jangan lupa juga untuk membawa perlengkapan yang dibutuhkan, seperti helm, jaket yang tebal, sarung tangan, sepatu dan kaus kaki, penutup kepala, penutup mulut, dan kalau bisa bawa obat-obatan yang sekiranya dibutuhkan.

Hati-hati Ketika Melewati Lautan Pasir

Jalur ini akan lo lewati sebelum ke tanjakan ekstrem menuju puncak sunrise. Tentu untuk melewati lautan pasir ini, lo harus mempersiapkan stamina yang banyak. Usahakan jangan terlalu ngebut dan jangan terlalu sering pakai rem ya, bro.

Jangan lupa pakai penutup mulut dan kacamata, supaya nggak terkena debu atau pasir yang bisa saja masuk melalui sela-sela kaca helm. Harus ekstra hati-hati ya, bro!

Ternyata menjelajahi Bromo nggak melulu menggunakan Jeep bro, naik motor pun bisa jadi pengalaman seru. Dan yang terpenting, persiapkan diri secara matang supaya perjalanan nggak ada hambatan, bro!

 


Source: idntimes.com
Urban Places Beginner Extreme solo traveling

15 COMMENTS

SHARE
Fajar Satritama
Keren banget nih tips nya. Nuhun bro ????
ditra nugraha
makasih tipsnya
Yuniarto ( Tato )
Siap Bro.....Bromo keren
SRI YAYA ASTUTI
safety riding
Kristian Mustafa
Perlu nyali juga ya bro.
Hilman rusdiyanto
Kereeenn
Firgiawan
Semoga Pandemik Ini Segera Berlalu
Cecep Jajang
Info bagus min
Agung Sutrisno
Bromo naik motor bakal memberikan sensasi
Agus Sungkawa
Sudah ngk sabar nih pengen touring.barang kali nyampe ke bromo