Pantai Eksotis yang Punya Cahaya Biru di Malam Hari

Pantai menjadi destinasi yang paling cocok untuk melepas rasa penat. Setuju nggak, bro? Tapi bagaimana kalau pantai yang dikunjungi berbeda dari biasanya, melainkan pantai bercahaya biru yang unik? Simak ulasannya berikut ini!

Pantai Eksotis yang Punya Cahaya Biru di Malam Hari

Menikmati pantai dengan pemandangan sunset yang indah dan suara deburan ombak yang menenangkan, tentunya sudah biasa. Nah, ada hal yang nggak biasa yang bisa dinikmati saat lo berkunjung ke pantai bercahaya biru, bro.

Pantai bercahaya biru ini memang sebuah fenomena yang dikenal sebagai bioluminesensi. Bioluminesensi merupakan sebuah fenomena di mana makhluk hidup tertentu bisa melepaskan cahaya karena proses kimia. Fenomena ini biasanya terjadi pada malam hari sehingga menjadi salah satu daya tarik para traveler.

Nah, berikut ini deretan pantai dunia yang mempunyai fenomena bioluminesensi yang menawan!

Teluk Mosquito, Puerto Rico

Pantai Eksotis yang Punya Cahaya Biru di Malam Hari

Image source: Puerto Rico Tourism Company

Teluk Mosquito di Puerto Rico ini merupakan salah satu lokasi terjadinya fenomena bioluminesensi yang paling terkenal di dunia. Cahaya berwarna biru terang yang dihasilkan dari fenomena ini menjadi yang terindah, bro.

Cahaya biru terang di teluk ini disebabkan oleh adanya dinoflagellata. Teluk ini memang menjadi habitat dinoflagellata terbesar di dunia. Konon ada sekitar 720 ribu spesies yang tinggal di teluk ini sehingga menimbulkan cahaya biru yang indah.

Pantai Pulau Vaadhoo, Maldives

Pantai Eksotis yang Punya Cahaya Biru di Malam Hari

Image source: aerobusbcn.com

Pulau yang hampir tak berpenghuni di Maldives ini memiliki pantai yang juga menyajikan cahaya biru menakjubkan. Pulau Vaadhoo memang memiliki populasi penduduk yang sangat sedikit, tapi keindahan alamnya tetap menakjubkan dan menjadi daya tarik para traveler.

Pantai di Pulau Vaadhoo ini juga memiliki fenomena bioluminesensi yang unik, bro. Cahaya biru yang berkelap-kelip di malam hari tersebut berasal dari mikroba laut yaitu fitoplankton. Hal ini yang menjadikan magnet utama yang membuat para traveler terpesona akan keindahannya.

Teluk Toyama, Jepang

Pantai Eksotis yang Punya Cahaya Biru di Malam Hari

Image source: travelersfeed.blogspot.com

Teluk Toyama di Pulau Honshu, Jepang juga memiliki fenomena bioluminesensi yang cukup unik dibandingkan yang terjadi di perairan lainnya. Jika kebanyakan fenomena tersebut disebabkan oleh dinoflagellata, tapi di Teluk Toyama justru disebabkan oleh sejenis cumi-cumi bernama Watasenia Scintillans yang menghasilkan cahaya biru menawan.

Sebenarnya cumi-cumi jenis ini biasa hidup di kedalaman 30 meter. Namun, pada waktu tertentu jutaan cumi-cumi ini terdorong sampai ke bibir pantai dan menyebabkan area pantai seperti dipenuhi dengan lampu berwarna biru neon. Fenomena ini bisa disaksikan pada bulan Maret hingga Juni.

Teluk Mission, San Diego

Salah satu pantai di Amerika Serikat yang juga memiliki fenomena ini adalah Teluk Mission di San Diego. Cahaya biru terang yang dihasilkan ini disebabkan oleh ganggang tertentu.

Tapi, sebenarnya keberadaan ganggang di perairan ini nggak disetujui oleh banyak orang, bro. Hal ini karena ganggang sering menjadi penyebab infeksi telinga, sinus, dan ruam-ruam yang dialami para pengunjung.

Namun, ternyata ganggang di perairan ini berkembang sangat pesat. Perkembangannya pun membuat berbagai bakteri juga ikut bertambah jumlahnya. Konon, bakteri inilah yang menjadi sumber cahaya biru tersebut. Wah, sebaiknya jangan coba-coba untuk berenang di pantai ini ya, bro.

Beberapa pantai bercahaya biru ini bisa dijadikan sebagai destinasi tujuan setelah pandemi ini usai, bro. Tertarik melihat fenomena ini lebih dekat?

 

Source: kumparan.com
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

12 COMMENTS

SHARE
agung
tq info ya
SRI YAYA ASTUTI
sungguh indah memah karya agung Tuhan
Hilman rusdiyanto
Mantabbbb
Hengky  kik
kereen , indahnya karunia Tuhan YME
agung
tq info ya
Kristian Mustafa
Luar biasa indah.
Cecep Jajang
Sangat mempesona
Agus Sungkawa
Ko bisa ya...amazing
wildan
Kereen, makasih infonya
arief
kerennn, di di indonesia adakah?