Gunung Rinjani Bakal Punya Jalur Baru ke Danau Segara Anak

Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) baru-baru ini menginformasikan soal jalur baru untuk pendakian. Pihak BTNGR berencana membuat jalur baru buat pendaki untuk menuju Danau Segara Anak.

Gunung Rinjani Bakal Punya Jalur Baru ke Danau Segara Anak

Buat yang belum tahu dan untuk mengingatkan, Jalur Senaru Rinjani merupakan rute favorit yang sering dilewati para pendaki. Jalur ini dimulai dari Jebak Gawah. Kenapa favorit? Karena sepanjang perjalanan lo bakal disuguhkan  hutan belantara, padang savana, dan bebatuan yang bisa memanjakan mata. Kalau beruntung, lo bisa menyapa satwa liar seperti burung, monyet ekor panjang, sampai lutung.

Namun, akibat gempa yang melanda Lombok beberapa tahun silam itu, Jalur Senaru mengalami kerusakan parah. Jalur ini terdampak longsor, bahkan shelter atau pos pendakian pun ikut terdampak. Jalur yang paling parah jadi korban gempa yakni rute menuju Danau Segara Anak.

Tebing bebatuan yang dulunya kokoh buat para pendaki berpijak ikut longsor. Alhasil jalur menuju Danau Segara Anak nggak bisa dilewati. Atas dasar itulah, pihak BTNGR mengupayakan ada jalur baru.

Dampak Gempa 2018

Gunung Rinjani Bakal Punya Jalur Baru ke Danau Segara Anak

Image source: instagram.com/gunungrinjani_nationalpark

Gunung Rinjani diketahui telah mengalami dampak Gempa Lombok pada 29 Juli 2018 lalu. Pemulihan telah dilakukan oleh segala pihak yang terkait. Namun longsor terus terjadi sejak bencana gempa magnitudo 6,4 mengguncang Lombok dan sekitarnya.

Sejak saat itu, pendakian ke Gunung Rinjani ditutup sampai tahun 2020. September 2019, semua jalur resmi pendakian Gunung Rinjani dibuka lagi. Jalur resmi itu meliputi Senaru, Sembalun, dan Aik Berik. Tetapi jalur pendakian terbatas, hanya diperbolehkan sampai Pelawang saja. Para pendaki belum diizinkan menuju puncak tertinggi Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak.

BTNGR sempat menurunkan tim untuk melakukan survei jalur pendakian melalui Sembalun dan Senaru. Hasil evaluasi survei di kedua jalur tersebut dibutuhkan peta kerawanan gempa dan pemasangan rambu-rambu yang ditujukan kepada para pendaki.

Belum pulih dari gempa, lereng puncak selatan Gunung Rinjani kebakaran pada Oktober 2019. Sekitar 250 hektar lahan habis dilalap api. Akibatnya, seluruh jalur pendakian ditutup. Penutupan kala itu dilakukan guna memaksimalkan penanganan kebakaran, memastikan jalur pendakian aman dari kebakaran serta menjaga keselamatan para pendaki.

Barulah seperti yang sudah dipaparkan di atas, jalur dibuka lagi pasa September 2019, namun aksesnya terbatas. Karena beberapa jalur juga belum pulih akibat gempa dua tahun silam.

Fakta-fakta Segara Anak

Gunung Rinjani Bakal Punya Jalur Baru ke Danau Segara Anak

Image source: instagram.com/gunungrinjani_nationalpark

Segara Anak mempunyai berbagai cerita mitos dan legenda yang melekat. Pertama dari umur danau. Konon, tidak banyak yang mengetahui bagaimana terjadi dan terbentuk sebuah danau di atas gunung yang tinggi.

Kepercayaan untuk danau Segara Anak ini juga bermacam-macam. Umat Hindu mempercayai bahwa Segara Anak adalah tempat leluhur hingga para dewa mereka bersemayam. Umat Islam di sana, mempercayai bahwa Segara Anak, merupakan salah satu tempat berkumpulnya para Wali, tokoh-tokoh yang menyebarluaskan agama Islam di Pulau Jawa.

Danau ini menjadi salah satu danau tertinggi di Indonesia yang posisinya berada di 2010 mdpl. Selain Segara Anak, masih ada lagi, danau yang lokasinya di gunung, misalnya Ranu Kumbolo di Gunung Semeru, Danau Gunung Tujuh, di Kerinci serta Danau Habema yang mempunyai ketinggian 3321 mdpl di Gunung Trikora.

Buat sampai ke sini lo bisa memakan waktu 7 – 9 jam perjalanan atau pendakian. Untuk ke Segara Anak lo bisa lewat jalur Senaru dan jalur Sembalun. Jadi, persiapkan diri lo untuk sampai sini ya.

Begitu informasi terbaru soal Gunung Rinjani bro. Siapin diri kalau pandemi selesai ya bro. Cek informasi yang akurat nanti untuk jalur baru ke Segara Anak. Semoga bumi cepat pulih dari pandemi.

 

Source: https://www.instagram.com/p/CAJy2uNFZ0O/
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

15 COMMENTS

SHARE
agung
tq info ya
dephy
siap-siap untuk petualangan baru
Hilman rusdiyanto
Oke siap
Yumna Aditya Prakoso
pingin nyoba
Yuniarto ( Tato )
Kabar Bagus nih
wildan
Keren semoga saja bisa cepat terselesaikan
arief
keren nih mbakalaan makin banyak nih yg mau ke rinjani
nugraha
semoga makin mudah aksesnya
Cecep Jajang
Wajib nyoba kaya nya
Fajar Satritama
Wajib coba nih, Jalur baru