Negara dengan Gunung Berapi Terbanyak di Dunia, Indonesia ke Berapa?

Selama yang kita tahu, Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki gunung berapi terbanyak di dunia. Tapi, ternyata ada beberapa negara yang memiliki gunung berapi lebih banyak dari Indonesia, bro. Negara mana aja, ya? Simak pembahasannya berikut ini!

Negara dengan Gunung Berapi Terbanyak di Dunia, Indonesia ke Berapa?

Indonesia berada di kawasan Ring of Fire atau Cincin Api Pasifik, nggak heran kalau Indonesia memiliki banyak sekali gunung berapi. Mulai dari gunung api purba yang sudah nggak menunjukkan aktivitasnya hingga gunung api yang sangat aktif.

Gunung-gunung berapi di Indonesia juga termasuk yang paling aktif dalam jajaran gunung berapi pada Ring of Fire, karena terbentuk dalam zona subduksi lempeng Eurasia dan lempeng Indo-Australia. Meski begitu, ternyata Indonesia bukan satu-satunya negara yang memiliki gunung berapi terbanyak di dunia, bro.

Dilansir dari World Atlas, berikut deretan negara yang memiliki gunung berapi terbanyak di dunia!

Amerika Serikat

Negara dengan Gunung Berapi Terbanyak di Dunia, Indonesia ke Berapa?

Ternyata Amerika Serikat yang menduduki peringkat pertama negara pemilik gunung berapi terbanyak di dunia, dengan jumlah total mencapai 173 gunung berapi. Gunung-gunung berapi tersebut banyak ditemukan di Alaska, hampir bisa dipastikan bahwa setiap tahunnya selalu terjadi erupsi.

Gunung berapi lainnya juga tersebar di Hawaii. Bahkan, Amerika Serikat juga memiliki Kilauea yang merupakan gunung berapi paling aktif di dunia yang terus mengalami erupsi sejak tahun 1983 hingga sekarang.

Rusia

Negara dengan Gunung Berapi Terbanyak di Dunia, Indonesia ke Berapa?

Negara selanjutnya yang memiliki gunung berapi terbanyak adalah Rusia, dengan jumlah total 166 gunung berapi. Gunung berapi paling banyak bisa ditemukan di Semenanjung Kamchatka yang terletak di sisi timur Rusia, yakni sebanyak 29 gunung berapi.

Sementara itu, di sisi utara dihuni oleh Klyuchevskaya Sopka yang notabene gunung berapi dengan ketinggian 4.750 mdpl. Bahkan, gunung berapi yang dikategorikan nggak aktif lagi pun, Bolshaya Udina mengeluarkan aktivitas seismik pada tahun 2017.

Indonesia

Negara dengan Gunung Berapi Terbanyak di Dunia, Indonesia ke Berapa?

Indonesia ternyata menempati urutan ketiga negara dengan gunung berapi terbanyak di dunia, yakni sebanyak 139 gunung berapi. Nggak bisa dipungkiri kalau sering terjadi bencana alam berupa gunung meletus di Indonesia mengingat letak geografisnya dilingkari Ring of Fire.

Gunung Merapi dan Kelud adalah beberapa gunung berapi paling aktif di Indonesia. Indonesia juga memiliki banyak gunung berapi aktif yang tersebar di Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua.

Erupsi Gunung Tambora pada 1815 menjadi salah satu erupsi terbesar yang pernah terjadi dalam sejarah. Erupsi tersebut bahkan menyebabkan perubahan iklim di Eropa. Di mana pada tahun tersebut disebut sebagai tahun tanpa musim panas.

Hal serupa terjadi 68 tahun kemudian, di mana gunung yang terletak di antara Sumatera dan Jawa, Krakatau bergeliat dan mengeluarkan suara hingga radius 4.600 km jaraknya. Bahkan, peristiwa ini memakan banyak korban mencapai 36.417 jiwa.

Islandia

Negara dengan Gunung Berapi Terbanyak di Dunia, Indonesia ke Berapa?

Negara Islandia menjadi rumah bagi 130 gunung berapi. Sebagian besar gunung berapi yang berada di Islandia terletak di Pematang Atlantik-Tengah (Mid-Atlantic Ridge). Sedangkan Greenland memiliki 30 gunung berapi dan 13 diantaranya telah melakukan aktivitas letusan sejak tahun 874 M.

Pada tahun 1783-1784, peristiwa menyedihkan pun melanda Islandia, seperempat dari total populasi Islandia meninggal dunia akibat aktivitas gunung berapi. Gunung Eyjafjallajökull pada tahun 2010 pun menyemburkan abu vulkanik yang berdampak pada lumpuhnya perjalanan udara di Islandia selama beberapa minggu.

Jepang

Negara dengan Gunung Berapi Terbanyak di Dunia, Indonesia ke Berapa?

Menduduki urutan kelima dengan jumlah total 112 gunung berapi, Jepang juga menjadi negara yang masuk dalam lingkaran Ring of Fire. Oleh karena itu, bencana alam seperti gunung meletus pun menjadi peristiwa yang biasa terjadi.

Pada tahun 1792, Gunung Unzen meletus dan memakan banyak korban jiwa sebanyak 14.300 orang. Gunung Fuji, Gunung Sakurajima, Gunung Asama, Gunung Shinmoedake, dan Gunung Aso merupakan beberapa gunung di Jepang yang dikategorikan paling berbahaya.

Nah, itulah deretan negara yang memiliki jumlah gunung berapi terbanyak di dunia. Bencana alam seperti meletusnya gunung berapi memang nggak bisa dilepaskan dari kehidupan. Sebaiknya jaga selalu kelestarian alam ini ya, bro!

 

Source: idntimes.com
kumparan.com
Tips Beginner Extreme solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
agung
tq info ya
SRI YAYA ASTUTI
Indonesia juga termasuk karena mempunyai 139 gunung berapi
nugraha
banyak gunung berarti tanahnya subur
SURIANTO
Makasih infonya
Hilman rusdiyanto
Siapppppp
Yumna Aditya Prakoso
keren gan
Rosida
Mantap infonya
Yuniarto ( Tato )
Sangat luar biasa
Muhammad Fanji
Mantab infonya
Firgiawan
Indonesia Banyak Gunungnya