Indonesia Punya Sirkuit Motocross Terbaik yang Diakui Dunia

Lintasan tanah dengan jejak ban "gondrong" yang sangat khas pasti jadi tempat ternyaman para pencinta olahraga extreme motocross. Sirkuit motocross memang sangat jelas berbeda dari pacuan balap roda dua lainnya. Sudah tahu sirkuit motocross di Indonesia yang punya medan menantang dan siap dijadikan arena balap motocross bergengsi? Berikut ulasan selengkapnya.

Indonesia Punya Sirkuit Motocross Terbaik yang Diakui Dunia

Aksi motocross di sirkuit yang menantang memang memiliki risiko yang sangat besar dan tidak dapat dimainkan oleh sembarang orang. Butuh keberanian dan kemampuan yang handal dalam menguasai teknik-teknik serta lintasan agar terhindar dari situasi yang tidak diinginkan.

Yup, lintasan tanah yang berundak-undak dengan tikungan tajam yang terkadang digenangi kubangan lumpur tak jarang menyulitkan laju para pembalap motocross.

Pembalap yang handal sekalipun bisa terjungkal jika kehilangan kontrol keseimbangan dan terlalu bernafsu di sirkuit motocross yang terkenal ganas. Setiap sirkuit motocross tentu saja punya titik kelebihan dan kesulitannya masing-masing. Berikut ini beberapa sirkuit motocross di Tanah Air yang punya medan menantang dan siap dijadikan arena balap motocross bergengsi, bro.

Sirkuit Karang Pilang, Surabaya

Indonesia Punya Sirkuit Motocross Terbaik yang Diakui Dunia

Image source: radarsurabaya.jawapos.com

Para pencinta olahraga extreme motocross di wilayah Surabaya dan sekitarnya ternyata juga punya sirkuit motocross kebanggaannya lho, bro. Sirkuit yang memiliki nama resmi “Kesukaran Medan Kolang” ini berlokasi di Bumi Marinir Karang Pilang Surabaya. Nggak heran, kalau sebagian besar orang akrab menyebut lintasan balap motocross ini dengan sebutan sirkuit Karang Pilang.

Sirkuit di kota pahlawan ini memiliki tiga arena kelas balap sekaligus dalam satu lokasi, bro. Ada arena untuk kelas balap untuk Speed Enduro 8 kilometer, Enduro Game 500 meter dan motocross 1 kilometer dengan jumping standar nasional supercross. Ketiga sirkuit ini pasti membuat para crosser tertantang untuk menaklukannya dan mengeluarkan keahlian terbaiknya.

Sirkuit MXGP, Palembang

Indonesia Punya Sirkuit Motocross Terbaik yang Diakui Dunia

Image source: instagram/mxgp

Ini dia sirkuit kebanggaan masyarakat Palembang dan seluruh bangsa Indonesia. Sesuai namanya, sirkuit ini pernah menggelar kejuaraan motocross kelas dunia, bro.

Yup, sirkuit ini memang pernah menjadi arena balap para crosser Internasional di kejuaraan Dunia motocross Grand Prix atau yang akrab disebut MXGP tahun 2019. Sirkuit MXGP di Palembang dibangun di atas lahan sekitar 2 hektar. Panjang lintasannya pun terbilang pendek, yaitu hanya sekitar 1,2 kilometer dengan 11 tikungan.

Letaknya tepat di hadapan bintang lima Hotel Wyndham, dan berada satu kompleks dengan OPI Mal kawasan Jakabaring Sport City. Lokasinya yang sangat strategis dan lintasan sirkuitnya yang menantang membuat sirkuit ini dipuji para crosser kelas dunia.

Salah satunya pembalap senior Tim Gajser, juara dunia motocross Grand Prix MXGP tahun 2016. Dilansir laman kompas, sirkuit MXGP Palembang memiliki sesuatu yang baru dan spesial untuk semua orang. Lokasinya yang sangat strategis juga dinilai sangat memudahkan para pembalap yang menjajal sirkuit kelas dunia tersebut.

Sirkuit BSB Rajiun Tumada, Kendari

Indonesia Punya Sirkuit Motocross Terbaik yang Diakui Dunia

Image source: otomotifzone.com

Para pencinta motocross di Sulawesi Tenggara juga punya sirkuit untuk menyalurkan hobi dan bakatnya, bro. Meskipun masih dalam tahap pembangunan, kabar kehadiran sirkuit BSB Rajiun Tumada sangat menggembirakan para pembalap motocross di Kendari dan sekitarnya. Lintasan arena balap motor garuk tanah ini berada di Jl. Boulevard, Kendari, Sulawesi Tenggara.

Lintasan permanen ini berada di kawasan perbukitan yang memiliki kontur tanah cukup baik dan memadai sebagai sarana sirkuit grasstrack maupun motocross. Panjang lintasannya mencapai 1,3 km dengan lebar hingga 7 meter, bro.

Sirkuit BSB Rajiun Tumada ini memang didesain khusus untuk memanjakan para pembalap agar dapat memacu kuda besinya dan mengolah skill balapnya di lintasan arena balap yang menantang ini.

Nah, itu dia beberapa lintasan balap motocross di Tanah Air yang punya medan menantang  dan siap dijadikan arena balap motocross bergengsi. Kalau lo biasa latihan motocross di mana, bro?

 

Referensi : harianbhirawa.co.id kompas.com otomotifzone.com
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

14 COMMENTS

SHARE
Yuniarto ( Tato )
Mantap mantapppp
Yumna Aditya Prakoso
yg deket desaku ga masuk ya?? wkwkw
Hilman rusdiyanto
Mantabbbbb
ditra nugraha
Indonesia luar biasa
Agus Sungkawa
Mantaaaap jiwaaaa
DEVI TRI HANDOKO
ikut bangga indonesia punya juga
Cecep Jajang
Indonesia boleh juga ya
Firgiawan
Wihh Mantepp Banget Tuh
Ricko Pratama Putra
itu baru indonesia
Hengky  kik
wilayah Jawa Tengah ada