Teknik Berjalan yang Tepat Agar Pendakian Lo Berjalan Mulus, Bro!

Pernah melihat insiden kaki terkilir saat mendaki gunung, bro? Atau malah lo pernah mengalaminya langsung? Mungkin lo mengabaikan beberapa teknik berjalan yang tepat saat mendaki atau menuruni gunung, bro. Teknik berjalan yang tepat tentu saja bisa sedikit menghemat tenaga dan mengurangi resiko cedera saat berpetualang di alam bebas. Berikut ulasan selengkapnya.

Teknik Berjalan yang Tepat Agar Pendakian Lo Berjalan Mulus, Bro!

Melangkahkan kaki di alam bebas dibawah naungan pohon-pohon yang rindang memang menjadi aktivitas favorit bagi para pecinta petualangan alam bebas. Yap, mendaki gunung saat ini bisa dibilang sebagai aktivitas extreme yang sedang naik daun, khususnya bagi kalangan kawula muda. Dikatakan olahraga extreme sebab resiko yang hadir aktivitas ini sangatlah besar, bahkan hingga menimbulkan korban jiwa dalam beberapa insidennya.

Selain persiapan, tips dan teknik dalam pendakian juga memegang peranan penting untuk memuluskan perjalanan ketika berpetualang di alam bebas, bro. Salah satunya teknik berjalan yang sering diabaikan bagi sebagian orang.

Teknik berjalan saat mendaki dan menuruni gunung memang hal kecil, tapi sangat penting dan nggak bisa dipisahkan dari aktivitas outdoor yang satu ini. Berikut ini beberapa tips dan teknik berjalan yang tepat agar pendakian lo bisa berjalan lancar tanpa hambatan.

Sedikit Pemanasan

Teknik Berjalan yang Tepat Agar Pendakian Lo Berjalan Mulus, Bro!

Rasa antusias yang meledak-ledak terkadang membuat beberapa orang lupa akan pentingnya pemanasan sebelum menjalani aktivitas fisik berat, termasuk mendaki gunung.

Mendaki gunung tanpa pemanasan tentu saja akan memperbesar resiko masalah pada otot kaki hingga otot bagian tubuh lainnya lho, bro. Oleh karena itu, sedikit pemanasan sebelum mendaki rasanya bisa membuat tubuh sedikit melenturkan otot-otot yang kaku dan membawa mood positif ke dalam tubuh.

Mulai Secara Perlahan

Teknik Berjalan yang Tepat Agar Pendakian Lo Berjalan Mulus, Bro!

Setelah pemanasan, mulailah melangkah secara perlahan pada awal-awal pendakian. Tujuannya agar tubuh tidak merasa kaget dengan aktivitas berat yang dilakukan. Hal tersebut sangat penting, sebab ada carrier yang terbilang berat menjadi beban bagi tubuh.

Jalur pendakian yang menanjak tentu membuat otot kaki mudah lelah pada awal pendakian. Bukan hanya menjaga keseimbangan, otot kaki pun kini harus mulai terbiasa agar tidak kaku dan mengakibatkan kram selama perjalanan mendaki.

Mengatur Pandangan

Teknik Berjalan yang Tepat Agar Pendakian Lo Berjalan Mulus, Bro!

Tidak dapat dipungkiri, saat perjalanan mendaki pasti ada perasaan ingin menyerah di jalur pendakian. Apalagi jalur yang ditempuh sangat menanjak tanpa "bonus" sedikit pun. tips yang satu ini mungkin bisa jadi solusinya, bro.

Lo bisa terus melangkah sambil mengatur pandangan terdekat, kira-kira satu sampai dua meter. Intinya, jangan memandang jarak yang terlampau jauh dan tinggi di sepanjang jalur pendakian, bro. Teknik ini disebut-sebut bisa sedikit menghilangkan rasa penat dan ingin menyerah saat jalur yang ditapaki serasa tak kunjung usai.

Manfaatkan Batang dan Akar Tanaman

Teknik Berjalan yang Tepat Agar Pendakian Lo Berjalan Mulus, Bro!

Pasti lo sering menjumpai akar dan batang pohon yang menjuntai sepanjang jalur pendakian. Hal tersebut bisa sangat membantu saat mendaki lho, bro. Akar dan batang pohon yang menjuntai ini bisa digunakan sebagai pegangan agar beban tubuh sedikit berkurang dan keseimbangan pun lebih terjaga.

Lakukan hal ini dengan hati-hati, sebab ada batang dan akar pohon yang rapuh atau lapuk dimakan usia. Jika salah memilih pegangan, lo bisa saja mengalami marabahaya saat menerapkan teknik ini, bro.

Pastikan, apakah akar atau batang tersebut dalam kondisi yang bagus, tidak membusuk atau berubah warna. Untuk berjaga-jaga, cobalah menariknya. Jika sekiranya kokoh, tidak patah atau tercabut, lo bisa mengandalkannya sebagai pegangan saat mendaki, bro.

Gunakan Sepatu yang Tepat Saat Trekking

Teknik Berjalan yang Tepat Agar Pendakian Lo Berjalan Mulus, Bro!

Menggunakan sepatu gunung sangat direkomendasikan demi keamanan selama lo trekking, bro. Sebab, seluruh bagian kaki otomatis akan terlindung saat menyusuri jalur pendakian yang terkadang sulit ditebak. Perhatikan juga sepatu gunung yang lo gunakan, agar nyaman saat digunakan saat trekking di jalur pendakian.

Memilih sepatu gunung yang tepat tidak sulit kok, bro. Yang terpenting bagian luarnya cukup kokoh dan dan kuat terhadap berbagai cuaca dan medan selama pendakian. Selain itu, pilih sepatu yang sedikit lebih besar dari ukuran kaki lo biasanya. Agar ketika perjalanan menurun, jari kaki tidak langsung terhantam dengan ujung sepatu yang biasanya mengakibatkan cedera ringan pada ujung jari-jari kaki.

Gunakan Teknik Pernapasan

Teknik pernapasan yang tepat pasti sangat berguna saat perjalanan trekking mendaki atau menuruni gunung. Coba terapkan satu kali tarikan napas untuk tiga sampai empat langkah kaki. Lalu hembuskan dalam dua langkah, teruskan dan sesuaikan secara berirama. Sebaiknya jangan melangkah terlalu lebar agar beban tidak menumpuk pada satu kaki dalam jangka waktu yang lama.

So, itu dia beberapa tips dan teknik berjalan yang tepat agar pendakian lo bisa berjalan lancar tanpa hambatan. Semoga bisa lo terapkan pada perjalanan lo berikutnya. Selamat berpetualang, bro!

 

Referensi : akasakaoutdoor.co.id
Tips Beginner Extreme solo traveling

13 COMMENTS

SHARE
Yuniarto ( Tato )
bagus ni tipsnya
Yumna Aditya Prakoso
bener banget gan
Hilman rusdiyanto
Mantabbbbb
Agung Sutrisno
Teknik berjalan yang tepat tentu saja bisa sedikit menghemat tenaga dan mengurangi resiko cedera saat berpetualang di alam bebas
nugraha
mantap infonya
dephy
tetap patuhi aturan
SRI YAYA ASTUTI
Melangkahkan kaki di alam bebas dibawah naungan pohon-pohon yang rindang memang menjadi aktivitas favorit bagi para pecinta petualangan alam bebas
Adam Gilang Fadhillah
Rasanya sepi gaiissss
Ricko Pratama Putra
nice info
agung
tq info ya