Ada Wahana Berdiri di Atas Kereta Gantung, Berani?

Bro, apa yang ada di pikiran lo kalau naik wahana kereta gantung? Normalnya, kereta gantung merupakan moda transportasi untuk menyaksikan keindahan alam dari dalam sebuah 'kapsul'.

Ada Wahana Berdiri di Atas Kereta Gantung, Berani?

Biasanya satu kapsul kereta gantung atau gondola bisa diisi mulai dari empat sampai 12 orang. Dari dalam kapsul itu, kereta gantung akan bergerak dari dataran rendah sampai ke puncak stasiun di ketinggian. Begitu juga sebaliknya, dari atas bukit turun ke bawah. Jadi dari dalam gondola pengunjung bisa menyaksikan indahnya bentang kota dan hamparan hijau dari ketinggian. 

Tetapi di Swiss, ada wahana kereta gantung yang anti-mainstream banget. Lo bisa menikmati pemandangan alam selain dari dalam kapsul gondola. Lo bisa berdiri langsung di atas kereta. Tapi semua itu bisa lo lakukan nanti ya bro, setelah pandemi Corona selesai!

Kereta Gantung Pertama Atap Terbuka

Ada Wahana Berdiri di Atas Kereta Gantung, Berani?

Kereta gantung ini namanya Cabrio Stanserhorn. Gondola ini merupakan kereta gantung pertama yang dibuat dengan atap terbuka. Naik kereta gantung ini, lo akan dibawa ke puncak Gunung Alpen.

Bikin tegang sih, tapi tapi pemandangannya memang bagus banget. Tetapi sebenarnya, kereta gantung ini nggak secara pakem penumpang berdiri di atas atap.

Pada dasarnya, gondola Cabrio Stanserhorn ini memiliki dua kabin, yakni kabin dengan tempat duduk di bagian bawah alias di dalam, ada juga di atas dek atau atap yang menampung 60 orang. 

So, lo bisa pilih, mau nikmatin dari dalam kapsul atau di atas atap. Dua-duanya sama-sama bisa menyaksikan panorama indah dari ketinggian 6.233 kaki. Bedanya, kalau lo berdiri di atas, lo bisa menguji adrenalin. 

Keamanan di Atas Atap

Ada Wahana Berdiri di Atas Kereta Gantung, Berani?

Kalau coba menikmati landscape Pegunungan Alpen dari atas atap gondola, lo nggak cuma bisa lihat bentangan hijau pepohonan subur aja, tapi bisa juga lihat langsung danau kristal. 

Ketika kereta gantung mulai berjalan, lo bisa ngerasain banget getaran gondola 'bertabrakan' langsung dengan angin. Untuk bagian atap gondola dipagari besi yang tingginya sampai se-kepala orang dewasa.

Jadi untuk sisi keamanan terjamin. Terpenting, ketika kereta gantung mulai bermanuver, lo harus pegang erat-erat besi untuk menopang badan supaya tidak oleng. Bisa bahaya kalau kereta gantung yang berjalan tiba-tiba goyang.

Restoran di Puncak Gunung Alpen

Ada Wahana Berdiri di Atas Kereta Gantung, Berani?

Sesampainya di stasiun gondola puncak gunung, kita bakal disambut dengan restoran berputar bernama Rondorama. Dulunya, restoran ini bekas hotel yang dihancurkan pada tahun 1970. Kursi santai juga disediakan. Jadi setelah tegang naik kereta gantung, bisa santai dulu merasakan angin sepoi-sepoi di puncak Alpen.

Oh iya, kereta gantung model mobil Cabrio ini merupakan hasil renovasi dari versi lama kereta kabel yang membentang dari Stans dan Kalti. Jalur kereta kabel ini pun sudah ada sejak berabad-abad lalu. 

Fakta-fakta Pegunungan Alpen

Sudah tahu belum brooo, kalau Pegunungan Alpen membentang sejauh 1.200 kilometer atau setara dengan 750 mil. Lebarnya sekitar 250 kilometer dengan luas area 200,000 km2. Jadi, gunung-gunung yang ada di pegunungan Alpen terbentuk selama puluhan juta tahun saat lempeng tektonik Afrika dan Eurasia bertabrakan. Akibatnya, batuan sedimen laut naik dan menjadi pegunungan.

Mont Blanc adalah titik tertinggi pegunungan Alpen sekaligus yang tertinggi di Eropa, dengan ketinggian 4.809 meter di atas permukaan laut. Letaknya berada di Prancis, tapi dekat juga dengan negara tetangganya, Italia.

Ada 8 negara yang dilewati oleh Pegunungan Alpen. Mulai dari barat ke timur, ada Prancis, Monako, Italia, Swiss, Liechtenstein, Jerman, Austria dan Slovenia. Di antara negara-negara itu, 28,7 persen pegunungan Alpen berada di Austria, 27,2 persen terletak di Italia, 21,4 persen berada di Prancis dan 13,2 persen terletak di Swiss.

Wilderness Beginner Extreme solo traveling

25 COMMENTS

SHARE
wildan
Keren sih tp buat yg takut ketinggian mending jangan deh
Yuniarto ( Tato )
Mantap dah
Yumna Aditya Prakoso
semoga berani
Hilman rusdiyanto
Mantabbbbb
Fajar Satritama
Beres Corona lah langsung sitset
Agus Sungkawa
Ada Wahana Berdiri di Atas Kereta Gantung, Berani?
Kereta gantung ini namanya Cabrio Stanserhorn.
ditra nugraha
keren banget ini
arief
Mantap buat yg TDK takut ketinggian
Muhammad Fanji
Bagus banget buat yg suka ketinggian
Muhammad Fanji
Mantab saya sukaaa