Jangan Asal Pilih, Cari Mobil RC Offroad Juga Ada Caranya, Bro!

Miniatur jalur dengan belokan dan gundukan tanah yang menantang memang menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta mobil Remote Control (RC) offroad. Horornya jalur RC offroad, nggak kalah ganas dengan trek offroad yang sebenarnya, bro. Kalau lo baru mau mencoba hobi unik yang satu ini sebaiknya pelajari dulu tips memilih mobil RC yang tepat agar semuanya sesuai ekspektasi dan menyenangkan hati. Berikut ulasan selengkapnya.

Jangan Asal Pilih, Cari Mobil RC Offroad Juga Ada Caranya, Bro!

Para pencinta mobil garuk tanah sepertinya punya hobi alternatif untuk menyalurkan adrenalinnya yang semakin tak terbendung. Melihat terbatasnya trek offroad dan terbatasnya waktu yang tersedia, RC offroad bisa jadi pilihan terbaik para pecinta mobil offroad. Trek menantang yang bisa dirancang sesuka hati bisa jadi keseruan tersendiri di hobi yang satu ini.

Tidak hanya sekedar menekan tuas gas pada remote control, tapi lo juga harus benar-benar mengatur tarikan gas mobil RC dan teknik berbelok agar mulus saat melalui tikungan dan tanjakan di jalur extreme yang menantang.

Banyak yang bilang sensasinya memang mirip sekali dengan mobil offroad yang sebenarnya, bro. Mungkin lo baru mau mencoba hobi yang satu ini? Berikut ini beberapa tips yang harus lo ketahui untuk mendapatkan mobil RC offroad terbaik untuk berpetualang di miniatur jalur extreme yang menantang.

Perhatikan Jenis dan Model Mobil RC

Jangan Asal Pilih, Cari Mobil RC Offroad Juga Ada Caranya, Bro!

Sama seperti mobil sungguhan, mobil RC juga banyak jenis dan modelnya, bro. Kalau untuk melewati trek yang menantang sebaiknya lo pilih model RC buggy car, truggy car, atau monster truck. Pasalnya, mobil RC model-model tersebut didesain khusus untuk mengarungi jalur yang ganas, bro.

Mobil buggy bisa digunakan sebagai mobil on-road ataupun offroad karena memang dibuat lebih fleksibel. Namun, banyak yang bilang kecepatannya memang agak lambat jika dijajal pada trek offroad, bro. Berbeda dengan buggy,  mobil RC jenis truggy di desain khusus agar lebih bersahabat dengan jalur yang menantang, tanpa mempengaruhi kecepatannya.

Sedangkan, mobil RC jenis monster truck lebih ganas lagi dan cocok banget buat offroad, bro. Tampilannya yang macho banget juga diimbangi dengan kemampuannya yang handal di segala medan extreme. Jalur menanjak yang sangat curam, medan berlumpur hingga berpasir bisa dengan mudah dilewati dengan RC monster truck, bro. Hal ini dikarenakan bodi mobilnya dirancang khusus dengan suspensi yang lebih tinggi dan roda yang lebih besar.

Ukuran Mobil RC Offroad

Jangan Asal Pilih, Cari Mobil RC Offroad Juga Ada Caranya, Bro!

Mengenai ukuran, mobil RC offroad ternyata memiliki banyak jenis, yaitu 1/16, 1/10, 1/8, dan 1/5, bro. Ukuran ini merupakan perbandingan atau skala dari mobil aslinya. Misalnya saja ukuran 1/16 yang berarti ukurannya 16 kali lebih kecil dari ukuran mobil aslinya. Untuk pemula sangat disarankan untuk memilih mobil 1/10 saja, sebab perawatannya juga lebih mudah dari jenis yang lainnya, bro.

Ketahui Jenis Mesin dan Bahan Bakar Mobil RC Offroad

Saat memilih mobil RC berdasarkan jantung pacunya, lo bakal dihadapkan dengan dua pilihan jenis tipe bahan bakar RC, bro. Pertama, mobil RC bertenaga engine yang membutuhkan energi dari bahan bakar. Bahan bakar yang digunakan biasanya berupa cairan nitro. Yap, kelebihan dari mobil RC ini tentu saja tenaga yang dimilikinya cukup besar. Soal harga, mobil RC dengan bahan bakar nitro relatif lebih mahal, sebanding dengan performanya ya, bro.

Yang kedua, yaitu mobil bertenaga listrik yang energinya disuplai dari baterai. Mobil RC tipe ini cocok banget untuk pemula karena lebih praktis dan perawatannya pun tergolong mudah. Namun, tenaganya tidak sebesar mobil berbahan bakar bensin. Soal harga pun mobil RC ini relatif lebih murah, bro.

Perhatikan Jarak Maksimal RC dengan Mobil

Hal penting yang satu ini jangan sampai terlewat, bro. Saat membeli mobil RC offroad, lo juga harus perhatikan jangkauan radio pengendali atau remote control dengan mobil RC. Untuk radio remote control, ada yang jarak pemancarnya pendek dan ada pula yang jauh.

Kualitas dari remote control ini tentu saja juga bakal mempengaruhi harga. Semakin jauh jarak pemancar radio pengendali dengan mobil RC, maka semakin mahal juga harga yang ditawarkan, bro. Mobil remote control dengan jarak pemancar yang luas tentu akan membuat kamu lebih puas dan leluasa dalam bermain mobil RC.

Nah, itu dia beberapa tips yang harus lo perhatikan agar bisa mendapat mobil RC offroad terbaik untuk berpetualang. Semoga bermanfaat dan menambah rasa antusias lo terhadap hobi unik yang satu ini. Lo udah pernah nyobain mobil RC offroad atau baru mau nyoba, bro?

 

Referensi : bp-guide.id
Tips Beginner Extreme solo traveling

1 COMMENTS

SHARE
Yuniarto ( Tato )
Wajib Di Perhatikan