Kampung Eksotis Indonesia yang Wajib Lo Kunjungi Sekali Seumur Hidup!

Selain wisata alam yang mampu membuat semua orang berdecak kagum, Indonesia juga kaya akan wisata budaya yang masih sangat kental. Beberapa kampung eksotis di Indonesia pun bisa menjadi destinasi menarik dalam menemukan kombinasi antara wisata budaya, alam, dan seni. Simak ulasannya berikut ini!

Kampung Eksotis Indonesia yang Wajib Lo Kunjungi Sekali Seumur Hidup!

Indonesia memang menjadi negara yang tepat bagi para traveler yang ingin melakukan wisata alam dan budaya. Keanekaragaman yang dimiliki tersebut menjadikan Indonesia sangat dikenal oleh wisatawan mancanegara. Termasuk wisata budaya yang masih menganut tradisi turun-temurun yang sangat kental.

Keunikan yang dimiliki dari setiap budaya yang ada di Indonesia juga menjadi hal menarik untuk disaksikan para traveler. Oleh karena itu, jangan kaget kalau lo bakal dibuat kagum oleh pesona beberapa kampung eksotis yang wajib dikunjungi minimal sekali seumur hidup, bro!

Madobak, Mentawai

Kampung Eksotis Indonesia yang Wajib Lo Kunjungi Sekali Seumur Hidup!

Image source: citrust.id

Madobag atau lebih dikenal dengan Madobak adalah sebuat desa wisata adat yang berada di wilayah Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat. Lo akan diajak untuk melihat wilayah yang indah dengan daya tarik alam dan masyarakat Mentawai yang masih menjaga tradisinya.

Nggak hanya dikenal sebagai lokasi wisata adat, Madobak pun memiliki objek wisata terkenal. Salah satu yang juga populer adalah air terjun Kulu Kubuk, yang terletak sekitar 3 km dari tempat tinggal penduduk.

Baduy, Banten

Kampung Eksotis Indonesia yang Wajib Lo Kunjungi Sekali Seumur Hidup!

Sudah nggak asing lagi didengar, Baduy merupakan sebutan bagi suku yang tinggal di sekitar pegunungan Kendeng, Kampung Kanekes, Leuwidamar, Lebak, Banten. Wisata budaya yang satu ini memang sudah sering didatangi para traveler yang penasaran dengan kehidupan suku yang terbagi menjadi dua golongan ini.

Baduy Dalam dan Baduy Luar memiliki perbedaan dalam menjalankan aturan adat. Jika masyarakat Baduy Luar sudah mulai membaur dengan budaya luar dan menggunakan barang elektronik, sebaliknya masyarakat Baduy Dalam masih memegang teguh adat dan menjalankan aturan adat dengan baik.

Saat berkunjung ke Baduy Luar, lo akan melihat rumah tradisional yang disebut rumah panggung. Rumah-rumah tersebut harus menghadap ke selatan sesuai dengan kepercayaan mereka. Para wisatawan yang datang juga harus mematuhi aturan dan akan didampingi oleh pemandu lokal.

Wae Rebo, Nusa Tenggara Timur

Kampung Eksotis Indonesia yang Wajib Lo Kunjungi Sekali Seumur Hidup!

Salah satu kampung eksotis yang nggak kalah populer adalah Wae Rebo yang terletak di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Letaknya yang berada di ketinggian 1.200 mdpl menjadikan kampung ini sebagai desa adat terpencil dan misterius.

Sering juga disebut sebagai negeri di atas awan, desa ini dikelilingi bukit-bukit indah. Selain daya tarik alamnya, lo juga akan dibuat kagum dengan rumah tradisional yang berbentuk kuncup dengan atap terbuat dari daun nira. Rumah utama atau disebut sebagai Mbaru Niang tersebut bahkan cuma ada 7 aja, bro.

Bawomataluo, Nias Selatan

Kampung Eksotis Indonesia yang Wajib Lo Kunjungi Sekali Seumur Hidup!

Image source: genpi.co

Sebuah desa yang populer dengan tradisi lompat batu ini terletak di atas bukit di Nias Selatan, Sumatera Utara. Bawomataluo yang dalam bahasa Nias berarti bukit matahari ini memang sesuai dengan letaknya yang berada di ketinggian 324 mdpl.

Sebelum mencapai desa ini, lo harus mendaki puluhan tangga batu. Tapi, perjuangan itu bakal terbayar karena desa Bawomataluo menawarkan indahnya omo hada, yaitu rumah tradisional yang dibangun tanpa paku.

Tradisi hombo batu atau lompat baru juga menjadi daya tarik desa ini, yang mana pemuda desa harus melompati batu setinggi lebih dari 2 meter sebagai lambang kedewasaan.

Ammatoa, Sulawesi Selatan

Terdapat sebuah kawasan adat di Kabupaten Bulukumba di Sulawesi Selatan bernama Ammatoa, di mana suku Kajang tinggal. Mereka menarik perhatian hanya karena memakai pakaian serba hitam sehari-hari sebagai kesetaraan di hadapan Tuhan dan juga lambang kekuatan.

Hampir mirip dengan suku Baduy, suku Kajang juga terbagi menjadi dua golongan yaitu Kajang Dalam dan Kajang Luar. Kehidupan suku Kajang Luar relatif lebih modern.

Rumah tradisional di sini juga disebut sebagai rumah panggung yang menghadap ke barat. Masyarakat di sini memenuhi kebutuhan hidup dengan memelihara ternak seperti ayam, sapi, dan kuda di halaman rumah.

Nah, beberapa kampung eksotis di Indonesia tersebut bisa banget dijadikan rencana liburan setelah pandemi berakhir. Lo wajib banget merasakan keberagaman budaya Indonesia di kampung-kampung tersebut sekali seumur hidup, bro!

 

Source: www.idntimes.com
Urban Places Beginner Extreme solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
Agung Sutrisno
Keanekaragaman alam dan budaya yang dimiliki Indonesia sangat dikenal oleh wisatawan mancanegara
Yuniarto ( Tato )
Keren Nih
dephy
Alam dan budaya Indonesia memang tiada duanya. Bangga jadi orang indonesia
ditra nugraha
semoga bisa berkunjung dsana
arief
wae rebo muah2n bisa kesana , tq infonya
wildan
anugrah terindah bangsa kita adalah akan keragaman budaya kita yg tersebar di hampir semua pulao, tq infonya
Cecep Jajang
Indonesia memang keren
Yuniarto ( Tato )
perlu di coba
Rdh
Kereeeen jadi pngn ke sana
Rival S.  Janurl
Jauh dari penyakit berbahaya...