Mengenal Republik Palau, Negara Tetangga Sebelah Timur Indonesia

Traveling ke destinasi eksotis di Indonesia mungkin sudah menjadi kegiatan yang biasa. Tapi, ada salah satu negara tetangga yang juga punya keindahan memesona nih, bro. Destinasi ini tentu cocok dijadikan pilihan traveling setelah pandemi. Simak selengkapnya berikut ini!

Mengenal Republik Palau, Negara Tetangga Sebelah Timur Indonesia

Mungkin masih banyak yang asing dengan nama negara satu ini, yakni Palau atau nama resminya Republik Palau. Meski menyimpan sejuta keindahan alam, Palau masih jarang terdengar di kancah global. Lo sudah pernah dengar negara kecil ini belum, bro?

Negara kepulauan yang secara geografis berjarak 200 km sebelah utara wilayah provinsi Papua Barat ini telah mendeklarasikan kemerdekaan sejak 1 Oktober 1994 atas campur tangan Amerika Serikat. Ternyata banyak banget fakta menarik dari Republik Palau yang wajib lo ketahui sebelum berencana traveling ke sana, bro. Berikut di antaranya!

Surga Tersembunyi di Samudera Pasifik

Mengenal Republik Palau, Negara Tetangga Sebelah Timur Indonesia

Palau sendiri dibentuk menjadi sebuah negara oleh Amerika Serikat setelah sebelumnya tergabung dalam Wilayah Perwalian Kepulauan Pasifik, seperti Kepulauan Marshall. Wilayah Perwalian Kepulauan Pasifik adalah Wilayah Perwalian PBB di Mikronesia yang berada di tangan Amerika Serikat.

Selama ini, negara Palau memang nggak banyak yang mengetahui. Padahal pesonanya sangat luar biasa indah dan layak dijadikan tujuan destinasi bagi para pencinta pantai. Republik Palau sendiri merupakan negara kepulauan yang terdiri dari 250 pulau. Tapi, hanya sekitar 8 pulau saja yang benar-benar dihuni.

Destinasi Menarik Buat Pencinta Lautan

Mengenal Republik Palau, Negara Tetangga Sebelah Timur Indonesia

Sebagai negara kepulauan, sudah pasti hal utama yang ditawarkan buat para wisatawan adalah pesona indah dari pantainya. Selain bermain di pantai, lo juga bisa menikmati keindahan bawah laut dengan snorkeling dan scuba diving.

Buat yang nggak bisa berenang, Palau adalah rumah bagi Rock Island yang siap memanjakan mata lo di tengah birunya laut. Rock Island sendiri sudah dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 2012.

Nggak hanya itu saja, lo juga bisa berenang di sebuah danau, tepatnya di Pulau Eil Malk bersama jutaan ubur-ubur yang bermigrasi setiap hari. Bahkan, terdapat banyak air terjun yang juga bisa dinikmati keindahannya, bro.

Amerika Serikat Pemegang Kendali Republik Palau

Jika ditelusuri dalam catatan sejarah, Palau diperkirakan sudah ada sejak abad 2-3 SM. Namun, pertama kali dieksplorasi oleh Bangsa Eropa pada abad ke-16, sehingga dijadikan wilayah bagian Hindia Spanyol pada tahun 1574.

Saat kalah dalam perang Spanyol-Amerika, Spanyol menjual kepulauan ini pada Jerman tahun 1899. Berselang 15 tahun, tepatnya tahun 1914, Jepang Berjaya di Perang Dunia I dan berhasil menganeksasi daerah Palau dari tangan Jerman.

Namun, pada Perang Dunia II Jepang pun kelabakan. Sampai akhirnya, Palau berhasil diakuisisi oleh Amerika Serikat dan dijadikannya sebagai Wilayah Perwalian di Mikronesia hingga tahun 1986.

Nggak sampai di situ, pada 1 Oktober 1994, Amerika Serikat akhirnya meresmikan Republik Palau sebagai negara merdeka dan berdaulat. Meski hingga kini, Amerika Serikat nggak lepas diri dari negara Republik Palau, seperti dalam hal militer dan bantuan sosial.

Palau Tidak memiliki Pasukan Militer

Meski sudah dinyatakan merdeka, Amerika Serikat tetap nggak lepas diri dari Republik Palau. Termasuk dalam hal militer yang notabene Republik Palau nggak memilikinya.

Melalui Compact of Free Association, Amerika Serikat akan senantiasa membantu Republik Palau jika suatu saat ada invasi asing memasuki wilayah tersebut.

Palau Masih Menerapkan Prinsip Matrilineal

Ternyata, Republik Palau juga masih kental dengan salah satu adat yang diterapkan. Dilansir dari World Atlas, perempuan di Republik Palau berperan vital dalam mengambil berbagai keputusan. Seperti dalam hal warisan, pernikahan, pemakaman, hingga aspek-aspek lain yang dijalankan lingkup sosial.

Nah, itulah fakta-fakta menarik dari negara tetangga sebelah timur Indonesia ini. Pesonanya yang indah, bakal cocok dijadikan tujuan destinasi wisata setelah pandemi nih, bro. Tertarik traveling ke sana?

 

Source: idntimes.com
Tips Beginner Extreme solo traveling

8 COMMENTS

SHARE
ditra nugraha
baru tahu ada negara palau
Yumna Aditya Prakoso
nice gan
arief
makasih infonya, keren tempatnya
wildan
mantap nih negara kecil dg kekayaan alam yg luar biasa, kereen
Cecep Jajang
Info yang sangat penting
Agung Sutrisno
Surga yang tersembunyi dari yg asing di telinga yakni Republik Palau
dephy
bener-bener membuat pengen segera kesana
Yuniarto ( Tato )
Baru Denger Min