Pilihan Pulau Buat Refreshing Nggak Jauh dari Pusat Kota Jakarta

Sajian alunan merdu suara tiupan angin pantai yang berkolaborasi indah dengan deburan ombak memang dinilai sangat ampuh untuk menjernihkan pikiran dan menenangkan hati. Beruntungnya, Indonesia merupakan negara kesatuan yang terdiri dari puluhan ribu pulau yang beberapa diantaranya masih sangat asri dan bisa jadi sasaran traveling lo berikutnya, bro. Beberapa diantaranya terletak di sebelah utara ibu kota Jakarta, tepatnya di daerah administrasi Kepulauan Seribu. Berikut informasi selengkapnya.

Pilihan Pulau Buat Refreshing Nggak Jauh dari Pusat Kota Jakarta

Tidak sesuai dengan namanya, pulau di Kepulauan Seribu jumlahnya memang tidak sampai seribu, melainkan hanya sekitar 105 pulau. Pulau-pulau tersebut umumnya berupa pulau karang dan hanya belasan pulau saja yang bisa dihuni manusia. Nggak heran, kalau di Kepulauan Seribu masih banyak dijumpai pulau sepi penghuni yang bisa lo jadikan referensi liburan, bro.

Yap, para petualang mungkin sudah bosan dengan hiruk pikuk wisatawan di Pulau Tidung atau Pulau Pramuka. Pulau-Pulau ini bisa banget dijadikan destinasi wisata alternatif untuk menenangkan hati dan menjernihkan pikiran, bro.

Pemandangan alam bawah lautnya pun masih sangat asri karena jauh dari polusi dan jarang sekali dijamah oleh manusia. Berikut ini beberapa pulau di Kepulauan Seribu yang terbilang sunyi dan jauh dari keramaian untuk menjernihkan pikiran dan menenangkan hati.

Pulau Sepa

Pilihan Pulau Buat Refreshing Nggak Jauh dari Pusat Kota Jakarta

Image source: instagram.com/santaiduluah

Banyak orang menjuluki tempat ini sebagai salah satu pantai dengan pasir terbaik di Kepulauan Seribu. Suasananya yang terbilang sunyi membuat pulau ini menjadi idola para petualang yang mendambakan ketenangan.

Lo bisa banget berjalan di pasir pantai Pulau Sepa seorang diri sambil merasakan deburan ombak dan semilir angin pantai, bro. Lebih dari itu, saat mentari akan terbenam lo bisa menyaksikan pancaran sinar kuning keemasan yang tentu saja bakal membawa mood positif ke dalam jiwa.

Pemandangan alam bawah lautnya yang istimewa juga nggak mau kalah eksotis dan wajib lo cicipi, bro. Lo bisa snorkeling atau diving di sekitar perairan Pulau Sepa dan menikmati ekosistem bawah lautnya yang sangat asri dan sangat terjaga. Aneka ikan hias dan terumbu karang warna-warni semakin membuat aktivitas snorkeling atau diving di sini terasa sangat menyenangkan, bro.

Pulau Karang Congkak

Pilihan Pulau Buat Refreshing Nggak Jauh dari Pusat Kota Jakarta

Pulau ini disebut-sebut cocok banget buat para petualang yang ingin mencari ketenangan di alam bebas. Pasalnya, lautan jernih dengan gradasi biru berpadu indah dengan kondisi pulau yang sangat sunyi dan nihil aliran listrik ini. Yup, pulau ini memang sangat kecil dan tidak berpenghuni. Jadi, wajar saja jika belum ada listrik di wilayah Pulau Karang Congkak.

Untuk bisa ke pulau tak berpenghuni ini lo bisa transit menggunakan perahu nelayan carteran dari pulau pramuka. Minimnya fasilitas di pulau ini sepertinya bukan hambatan yang berarti bagi para petualang yang biasa hidup berdampingan dengan alam. Biasanya, orang-orang yang ke pulau ini bermalam dengan menggunakan tenda dan menikmati indahnya langit malam dari pinggir pantai.

Saat siang hari, lo bisa mengisi waktu dengan snorkeling atau diving di sekitar perairan Pulau Karang Congkak sambil bersilaturahmi dengan ikan yang laut yang menggemaskan dan terumbu karang yang menakjubkan. Lo juga bisa memancing ikan-ikan laut di sekitar pulau yang sangat hening ini. Tapi, hasilnya jangan dibawa pulang ya bro, cukup dinikmati di pulau ini saja.

Pulau Semak Daun

Pilihan Pulau Buat Refreshing Nggak Jauh dari Pusat Kota Jakarta

Nggak jauh berbeda dengan Pulau Karang Congkak, Pulau Semak Daun juga menjadi tempat favorit para petualang untuk berkemah dan merasakan ketenangan tepi pantai. Suara tiupan angin pantai dan jernihnya air laut membuat siapa pun pasti betah berada di pulau yang eksotis ini. Pulau Semak daun memang minim sekali aliran listrik dan hanya ada rumah penjaga yang ada di dekat pintu masuknya.

Pulau ini cocok banget buat lo yang suntuk dengan segala rutinitas ibu kota Jakarta dan ingin menyusup sejenak ke alam bebas. Sensasi tidur di dalam tenda dengan taburan jutaan bintang di Pulau Semak Daun dinilai bisa mengembalikan mood lo jadi 100% lagi, bro. Agar berkemah semakin menyenangkan, lo juga bisa membawa lauk aneka seafood atau makanan segar lainnya untuk di konsumsi di pulau yang sangat hening ini.

Pulau Kotok

Pilihan Pulau Buat Refreshing Nggak Jauh dari Pusat Kota Jakarta

Pulau ini menyajikan sensasi pulau tropis dengan vegetasi yang masih sangat asri dan alami, bro. Keindahan alam bawah lautnya tak perlu dipertanyakan lagi, sebab pulau ini menjadi satu spot favorit para penyelam di Kepulauan Seribu, bro. Jika lo ingin berpetualang hingga bermalam di pulau ini, maka lo bisa coba rasanya sensasi menginap di cottage rumah pohon yang ada di pulau Kotok ini, bro.

Selain itu, lo juga bisa melihat konservasi elang bondol yang jadi maskot DKI Jakarta yang sangat ikonik. Minimnya interaksi manusia di pulau ini membuat suasana di pulau ini sangat hening dan sunyi. Cocok banget kalau lo mencari ketenangan di tempat ini, bro.

 

Referensi : pulauseributraveling.com
Wilderness Beginner Extreme solo traveling

14 COMMENTS

SHARE
agung
tq info ya
wildan
pulau kotok rekomen dah
nugraha
masih jauh dr rumah
Hilman rusdiyanto
Mantabbbbb
Cecep Jajang
Wah,ini baru buat liburan
Fajar Satritama
Thx infonya brooo
Heni Oen
Tempatnya bagus banget dan masih sepi
Heni Oen
asyik naiknya dr PIK sekalian.makan siang di kapal
Agung Sutrisno
Cocok banget kalau lo mencari ketenangan di Pulau Kotok
Rdh
Kereeennnn