Parkour dan Ragam Manfaatnya Buat Kesehatan Tubuh

Siapa sih yang nggak tau sama olahraga ekstrem satu ini? Yap, parkour menjadi salah satu olahraga yang digandrungi kalangan anak muda. Lo juga salah satunya, bro? Ternyata, parkour juga punya banyak manfaat buat tubuh, lho. Mau tau apa aja? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Parkour dan Ragam Manfaatnya Buat Kesehatan Tubuh

Olahraga ekstrem asal Perancis ini memang sudah nggak asing lagi di telinga para anak muda. Parkour sendiri merupakan aktivitas melompat, memanjat, dan bergelantungan dengan kondisi area tubuh yang berbeda-beda, seperti melompat pagar, benteng, rumah, bahkan menuruni gedung dengan melompati anak tangga sehingga nampak lincah.

Dengan begitu, parkour mempunyai arti bergerak atau berpindah tempat seefisien mungkin yang mengedepankan keindahan dalam bergerak sekaligus diimbangi oleh kemampuan dari tubuh itu sendiri. Akan tetapi, nggak semua orang bisa melakukan olahraga yang membutuhkan teknik-teknik khusus ini.

Meksi tergolong olahraga ekstrem, parkour ternyata juga punya banyak manfaat buat tubuh. Berikut manfaat yang bisa didapat dari olahraga ini!

Membentuk Tubuh

Parkour dan Ragam Manfaatnya Buat Kesehatan Tubuh

Gerakan-gerakan pada olahraga ini tentu membutuhkan fisik yang kuat dan bagus. Karena, olahraga parkour akan membutuhkan kekuatan dari otot-otot tubuh. Gerakan-gerakan yang dihasilkan dari parkour tersebut akan memiliki efek lebih baik pada bagian otot tangan, kaki, perut, dada, paha, dan lengan. Dengan begitu, postur tubuh akan terbentuk menjadi lebih proporsional dan lebih bugar.

Melatih Ketangkasan

Parkour dan Ragam Manfaatnya Buat Kesehatan Tubuh

Untuk melewati segala rintangan yang dihadapi, sangat diperlukan ketangkasan. Oleh karena itu, kalau mau melakukan olahraga ekstrem ini harus dituntut untuk memiliki ketangkasan, berpikir cepat, dan bergerak cepat. Tapi tenang, hal ini bisa lo dapatkan dengan latihan yang optimal, bro.

Memperkuat Jantung

Parkour dan Ragam Manfaatnya Buat Kesehatan Tubuh

Selain membentuk tubuh dan melatih ketangkasan, olahraga ini ternyata juga baik untuk jantung, bro. Tubuh yang aktif bergerak akan membuat stamina jadi meningkat. Hal ini akan memberikan efek positif kepada jantung menjadi lebih kuat dan membuat fungsinya menjadi lebih efektif. Pastinya, kalau jantung aja sehat maka seluruh tubuh juga akan ikutan sehat ya, bro.

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Olahraga parkour memang sangat identik dengan keberanian seseorang dalam menaklukan rintangan, seperti loncat dari gedung ke gedung lain, memanjat tembok, bergelantungan, dan hal lainnya yang memacu adrenalin. Nah, kepercayaan diri bakal meningkat dari aktivitas ini jika berhasil menaklukan berbagai rintangan sulit.

Melatih Kemampuan Motorik

Olahraga satu ini memang sangat membutuhkan keahlian dalam hal kelincahan, kecepatan, ketangkasan, serta kekuatan. Kalau sering berlatih, tentu lo akan mampu mengasah kemampuan menjadi lebih baik dan mendapatkan hasil yang optimal, bro.

Menurunkan Berat Badan

Selain beberapa manfaat yang sudah disebutkan tadi, ternyata olahraga parkour juga bisa membantu menurunkan berat badan, bro. Parkour memang merupakan olahraga yang cukup efektif untuk menurunkan berat badan. Kalori dalam tubuh akan terbakar merata karena aktif dalam bergerak. Mungkin buat lo yang memang ingin menurunkan berat badan, boleh nih dicoba olahraga ekstrem satu ini, bro. Nggak bakal nyesel deh buat mencobanya!

Walaupun dikenal sebagai olahraga ekstrem yang identik dengan melompat dari gedung satu ke gedung lainnya, ternyata jika dilakukan secara optimal, olahraga ini juga punya banyak manfaat buat tubuh. Tertarik untuk mencobanya, bro?

 

Source: mancode.id
Extreme Action Beginner Extreme solo traveling

14 COMMENTS

SHARE
Hengky  kik
jadi nambah pengetahuan , jadi tau apa dan teknik Parkour
agung
tq info ya
Kristian Mustafa
nice Info.
Yumna Aditya Prakoso
keren gan
SRI YAYA ASTUTI
perlu latihan yang ekstra
Yuniarto ( Tato )
Butuh Nyali Buat Aksionya
Hilman rusdiyanto
Mantabbbb
Ardiansyah Z
Saya sukaaa
nugraha
skill nya luar biasa
Agus Sungkawa
membentuk tubuh dan melatih ketangkasan, olahraga ini ternyata juga baik untuk jantung