Teknik Dasar yang Harus Lo Kuasai Sebelum Memancing

Sensasi kail dan umpan yang dimakan ikan memang menjadi incaran para pemancing yang sangat di nanti-nanti. Terlebih ikan yang menarik kail berukuran besar dan memberikan perlawanan yang sangat berat saat ditarik dengan tali pancing. Namun, bagaimana teknik memancing yang tepat agar bisa mendapatkan hasil yang memuaskan? Simak informasi berikut ini, bro.

Teknik Dasar yang Harus Lo Kuasai Sebelum Memancing

Bagi para pemancing atau orang-orang yang hobi memancing aktivitas menunggu ikan menyambar umpan di kail sangatlah menyenangkan dan dipercaya bisa menghilangkan stres akibat rutinitas dan pekerjaan sehari-hari, bro. Sekilas memancing memang terlihat sangat membosankan, maka wajar saja aktivitas ini hanya diminati segelintir orang.

Yap, orang-orang yang hobi memancing memang disebut-sebut memiliki kecermatan dan kesabaran ekstra dalam kepribadiannya. Mungkin lo baru ingin menggeluti dunia memancing atau ingin lebih handal melempar joran pancing? Berikut ini beberapa teknik dasar memancing yang bisa lo pelajari dan harus lo ketahui, bro.

Flying Lining

Teknik Dasar yang Harus Lo Kuasai Sebelum Memancing

Cara memancing menggunakan teknik flying lining yaitu membiarkan umpan hidup berenang menjauhi joran pancing untuk menuju lokasi tertentu. Jadi, tugas lo hanya bersabar menunggu umpan tersebut di mangsa ikan besar, bro.

Yap, teknik yang satu ini menggunakan umpan berupa ikan hidup atau live bait. Biasanya, para pemancing menggunakan ikan selar, tembang, kembung hingga baby barracuda untuk dijadikan dijadikan umpan dalam teknik flying lining.

Bottom Fishing

Teknik Dasar yang Harus Lo Kuasai Sebelum Memancing

Pasti lo sudah familiar dengan teknik memancing yang satu ini, bro. Teknik bottom fishing bisa dibilang merupakan teknik memancing dasar yang paling umum digunakan oleh para pemancing karena sangat praktis dan sederhana untuk di praktekan. Cara memancing dengan teknik ini yaitu hanya dengan memasang umpan di kail, lalu lemparkan ke spot perairan yang banyak ikannya dan tunggu sampai ada ikan yang menyambar.

Teknik memancing yang juga akrab disebut mancing dasaran ini menggunakan joran dengan reel spinning atau overhead reel. Bahkan, juga bisa hanya dengan tangan kosong dan benang pancing saja, bro. Yang paling penting tali panting harus menggunakan umpan dan kail serta pemberat seperti timah atau besi, tapi tergantung pada kencangnya arus di perairan tersebut.

Negek

Teknik Dasar yang Harus Lo Kuasai Sebelum Memancing

Biasanya, para pemancing menggunakan teknik ini ketika ingin memancing ikan baronang, bro. Teknik memancing ini juga akrab disebut garong, karena menggunakan mata kail yang bermata enam, berbentuk mirip seperti matahari yang biasa disebut garong. Teknik mancing garong biasanya menggunakan umpan berupa lumut laut, nasi ataupun umpan lainnya sesuai dengan makanan habitat baronang. Uniknya, umpan tersebut tidak ditempelkan di kail pancing, melainkan dijepit diatas garong, bro.

Trolling

Teknik memancing trolling biasanya digunakan di atas kapal yang sedang melaju dengan kecepatan 5 sampai 7 knot. Pada umumnya, umpan yang digunakan dalam teknik ini berupa umpan buatan yang biasa digunakan untuk memancing ikan tenggiri atau ikan wahoo.

Selain umpan rapala, konahead yang berbentuk seperti cumi tapi dengan warna mencolok juga bisa digunakan dalam teknik memancing yang satu ini, bro. Umpan konahead ini bisa juga digunakan untuk memancing ikan marlin, layaran atau lemadang.

Biasanya, jarak lemparan umpan dari kapal bisa mencapai 20 sampai 10 meter tergantung ukuran dan berat dari umpan itu sendiri, bro. Selain itu, joran trolling juga menggunakan tipe overhead yaitu ril yang posisinya berada pada sisi atas joran. Sedangkan bagian bult pada joran trolling ada 2 jenis yaitu bent atau sedikit bengkok dan tegak lurus atau straight.

Casting

Teknik ini cocok banget kalau lo mau memancing ikan kerapu kakap atau ikan laut lainnya, bro. Teknik casting, biasanya menggunakan umpan umpan tiruan atau lure untuk mendapatkan ikan incaran. Lure sendiri bentuknya berupa tiruan dari ikan, serangga atau binatang laut lainnya.

Cara memancing dengan teknik casting yaitu dengan melemparkan lure ke target spot memancing seperti biasanya. Yang paling penting dari teknik ini adalah momen melemparkan dan menggulung lure dari spot lemparan tadi, bro. Wajar saja, jika ada yang yang menerapkan teknik ini hanya dengan tangan kosong atau handline.

Tidak ada patokan untuk melakukan berapa kali lemparan, bahkan harus dilakukan terus menerus sampai ikan didapatkan. Maka dari itu, teknik ini seringkali dikategorikan sebagai sport fishing atau memancing sambil berolahraga. Menyehatkan banget, bro.

Nah, itu dia beberapa teknik dasar memancing yang bisa lo pelajari dan harus lo ketahui. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi lo saat ingin mencoba memancing. Kalau lo biasanya pakai teknik apa saat memancing, bro?

 

Referensi : covesia.com
Tips Beginner Extreme solo traveling

6 COMMENTS

SHARE
Yumna Aditya Prakoso
nice info lagi gan
Hilman rusdiyanto
Nice info
Yuniarto ( Tato )
Mancing ternyata Asyik juga
ditra nugraha
udah lama gak mancing
Cecep Jajang
Mancing memeng asik
Yadi pitriadi
Good infonya