Perangkat Penunjang yang Wajib Ada di Dalam Mobil Offroad

Berpetualang di jalur extreme yang menantang tentu saja memerlukan peralatan khusus untuk menunjang keamanan dan keselamatan. Sulitnya medan jalan, terkadang membuat para pengemudi mobil offroad harus memutar otak untuk dapat tetap melewatinya. Wajar saja, jika beberapa peralatan penunjang wajib hadir di dalam mobil offroad yang akan mengarungi jalanan yang luar biasa extreme. Berikut ulasan selengkapnya, bro.

Perangkat Penunjang yang Wajib Ada di Dalam Mobil Offroad

Mobil offroad memang selalu memancarkan pesona gahar yang membuat para pecintanya semakin antusias berpetualang di jalanan yang menantang. Selama berjalan di aspal semua memang terlihat biasa-biasa saja. Namun, ketika roda mobil offroad mulai menjajaki jalanan  berbatu hingga tanah berlumpur yang sangat labil, barulah sangat terasa sensasinya, bro.

Kecermatan mengemudikan stir mobil dan mengendalikan pedal gas sangat diperlukan dalam situasi sulit seperti ini. Peralatan-peralatan penunjang pun wajib tersedia di dalam mobil offroad untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan. Berikut ini beberapa peralatan penunjang untuk memudahkan petualangan bersama mobil offroad andalan lo, bro.

Winch

Perangkat Penunjang yang Wajib Ada di Dalam Mobil Offroad

Biasanya, winch terletak di bumper depan mobil offroad dan berfungsi sebagai penarik beban dengan posisi horizontal saat kita stuck. Alat yang paling mendasar ini wajib ada pada mobil offroad jika mau berpetualang di jalanan extreme, bro. Pasalnya, winch sangat membantu dalam situasi mobil yang terjebak di lumpur.

Tanah yang labil di jalur offroad bisa saja membuat mobil terperangkap dalam kubangan lumpur. Saat situasi seperti ini, navigator yang bertugas membantu pengemudi mobil offroad mengulurkan tali sling atau plasma winch ke winching point. Winching point ini biasanya berupa pohon atau batu besar yang sangat kokoh untuk menarik mobil offroad dari jebakan lumpur, bro.

Lo juga bisa membawa tambahan recovery kit agar dapat menunjang kerja winch seperti shackle, strap, damper, snatch block dan tree strap. Upayakan kit aksesoris ini diletakkan di kabin depan yang posisinya terjangkau dari sang navigator. Nah dalam hal ini navigator wajib menggunakan gloves atau sarung tangan untuk menghindari kecelakaan saat mengulur atau menarik taling sling.

Traction Mat

Perangkat Penunjang yang Wajib Ada di Dalam Mobil Offroad

Image source: expeditionportal.com

Satu lagi peralatan yang bisa menyelamatkan mobil offroad lo dari jebakan lumpur, bro. Traction mat bisa membuat ban mobil offroad lo mendapatkan traksi kembali saat terjebak di jalanan berlumpur. Teksturnya yang kasar bisa jadi solusi praktis, sebelum lo berupaya menggunakan winch, bro. Lo bisa menyelipkan alat yang satu ini di bagasi belakang atau di atas roof rack.

Kompresor Elektrik

Perangkat Penunjang yang Wajib Ada di Dalam Mobil Offroad

Image source: bukalapak.com

Saat melewati jalan menanjak yang sangat curam biasanya tekanan angin ban akan dikurangi, agar ban mobil mendapatkan traksi yang optimal. Nah, dengan membawa kompresor elektrik lo bisa segera mengisi angin ban mobil yang terlalu kempes. Bentuknya yang kecil dan harganya yang relatif murah membuat alat yang satu ini sangat diminati untuk menunjang aktivitas offroad di alam bebas.

Hi-Lift Jack

Perangkat Penunjang yang Wajib Ada di Dalam Mobil Offroad

Image source: commons.wikimedia.org

Bobot mobil offroad atau mobil 4X4 biasanya lebih berat dibandingkan mobil biasa. Berarti lo harus membawa dongkrak khusus yang praktis dan mudah dibawa untuk berpetualang, bro. Hi-lift Jack bisa menjadi solusi untuk masalah yang satu ini. Biasanya, benda yang satu ini terpasang pada bagian belakang kendaraan atau di atas roof rack.

Tool Kit

Menjalani aktivitas extreme di jalanan offroad, tentu saja membuat mobil sangat beresiko terjadi kerusakan. Bisa saja, mengalami gangguan di jalanan pedalaman yang jauh dari bengkel. Oleh karena itu, Tool kit wajib banget lo bawa saat berpetualang dengan mobil offroad di medan yang menantang, bro.

Biasanya, satu set tool kit sudah dilengkapi minimal dengan kunci pas, tang, kunci ring, kunci L dan kunci inggris. Semakin lengkap tentu bakal semakin bagus dong, bro. Kendala teknis di alam bebas pun bukan jadi masalah yang berarti.

Nah, itu dia beberapa peralatan penunjang untuk memudahkan petualangan lo bersama mobil offroad andalan lo. Sebelum berpetualang pastikan alat-alat tersebut sudah tersedia untuk menunjang kenyamanan dan keamanan lo di perjalanan. Selamat berpetualang, bro!

 

Referensi : fastnlow.net
Gear Beginner Extreme solo traveling

7 COMMENTS

SHARE
Yumna Aditya Prakoso
nice info gan
dephy
mobil gagah
Yuniarto ( Tato )
Wahhh jadi tau banyak nih
nugraha
butuh skill juga tuh
Agus Sungkawa
Informasi bermanfaat bos ku
Cecep Jajang
Ini baru mobil
Dyastantya Ekmawanto
mantaap infonya