Traveling ke Salatiga? Jangan Lupa Mampir ke Wisata Hits Bro!

Jawa Tengah sebagai salah satu provinsi terpadat di Indonesia menyimpan pesona alam yang menakjubkan. Misalnya di Salatiga, meski bukan kota besar, menonjol destinasi wisata yang nggak kalah dengan kota-kota lainnya.

Traveling ke Salatiga? Jangan Lupa Mampir ke Wisata Hits Bro!

Sabar dulu ya bro, sebelum membahas destinasi wisatanya. Kita ulik dulu soal kota yang pernah dijuluki De Schoonste Stad van Midden-Java atau Kota terindah di Jawa Tengah pada masa penjajahan Belanda ini.

Salatiga dikelilingi oleh kabupaten Semarang dan berada di lereng Gunung Merbabu.  Kota ini kecil karena hanya mempunyai 4 kecamatan. Karena berada di lereng gunung, makanya udara di Salatiga nggak panas. Semilir angin pegunungan bikin suasana tenang dan adem terus.

Untuk sampai ke Kota Salatiga gampang banget kok. Lo tinggal bisa mengakses lewat Semarang atau jalur Solo. Sudah penasaran destinasi wisata hits apa saja yang bisa disambangi di Salatiga? Gulirkan terus ke bawah dan simak terus, bro.

Demmerik

Traveling ke Salatiga? Jangan Lupa Mampir ke Wisata Hits Bro!

Demmerik merupakan salah satu destinasi wisata yang cocok banget buat rencana liburan bareng keluarga. Tempat ini menyediakan penginapan kalau wisatawan berkunjung. 

Letaknya ada di kaki Gunung Merbabu. Udara yang sejuk mendukung banget ketika melakukan aktivitas camping ground, outbound, jalan-jalan di peternakan susu sapi, dan juga berenang.

Danau Rawa Pening

Traveling ke Salatiga? Jangan Lupa Mampir ke Wisata Hits Bro!

Danau Rawa Pening merupakan danau alami paling luas di Pulau Jawa. Danau yang di kelilingi bukit ini juga bisa menjadi latar foto kece buat penuhi feed di instagram.

Di sana lo bisa menjelajahi danau dengan menyewa sampan. Kalau sudah lelah menjelajah, lo bisa mengisi energi dengan menikmati kuliner khas Salatiga yang disajikan warung di pinggir danau.

Oh iya, Danau Rawa Pening juga menyimpan cerita legenda. Konon, dari cerita yang dipercaya, danau ini berasal dari sebatang lidi yang ditarik dari tanah, kemudian mengeluarkan air dan menenggelamkan sebuah desa.

Arrowhead Park

Traveling ke Salatiga? Jangan Lupa Mampir ke Wisata Hits Bro!

Lokasinya berada di Desa Tegal Waton. Buat kalian yang terbiasa tinggal di kota, sampai lokasi ini akan dibuat takjub karena pemandangan alam desanya masih asri, hijau, dan rindang.

Lo bisa berkeliling desa dengan berkuda. Bahkan, ada juga lho paket untuk sekolah berkuda. Tidak hanya itu lintasan kuda ini juga mempunyai beberapa spot foto yang menarik. Jadi untuk urusan foto-foto estetik, lokasi ini layak banget dikunjungi.

Gunung Merbabu

Traveling ke Salatiga? Jangan Lupa Mampir ke Wisata Hits Bro!

Para pendaki pasti sudah nggak asing lagi. Gunung Merbabu selalu masuk list untuk yang hobi petualangan di alam lepas. Dari Puncak Merbabu lo bisa lihat pemandangan yang bisa bikin terpana. Lanskap Kota Salatiga, Danau Rawa Pening, bahkan Kota Semarang bakal terlihat dari puncak.

Buat sampai ke puncak Merbabu sudah pasti butuh persiapan yang matang. Gunung Merbabu mempunyai tinggi 3.145 Mdpl. Jadi kondisi fisik harus benar-benar prima. 

Ada beberapa jalur resmi yang biasa dijadikan awal pendakian menuju puncak Merbabu. Ada jalur Selo di Boyolali dan jalur Thekelan di Salatiga. Ada jalur Suwanting, jalur Wekas dan jalur Cuntel, ketiga jalur ini berada di Malang.

Kalau sudah mulai pendakian, di Pos 1 kan terasa mengasyikan. Lo bakal disambut dengan keindahan hutan pinus yang berjajar rapi dan sejuk. Jalur pendakian juga masih landai. Pos ini cocok banget untuk beristirahat menikmati indahnya alam pegunungan dengan pepohonan pinus.

 

Source: https://travel.detik.com/dtravelers_stories/u-5018198/5-destinasi-wisata-di-salatiga-yang-hits
Urban Places Beginner Extreme solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
arief
Boleh nih masuk list sblm kondisinya normal, makaish infonya
Agung Sutrisno
Arrowhead Park mirip kayak diluar negri pemandangannya
Muhammad Fanji
Memang mantab semoga andemi cepat berakhir
Cecep Jajang
Indah banget ini asli
Ldr_Lstyd
Mantap nih
Yumna Aditya Prakoso
kok yg arrowhead gambarnya kleru
Yuniarto ( Tato )
ArrowHeadPark Bagus nih
dephy
untuk tempat yang indah jawa tengah juga punya lokasi keren
nugraha
salatiga keren abis